10 Manfaat Belajar Geografi Untuk Anak Muda

Pendidikan1218 Dilihat

Mudabicara.com_Ā Manfaat belajar geografi bagi generasi muda tentu beragam dan berbeda-beda. Meskipun di dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berbagai aspek kehidupan kawan muda mesti bersentuhan dengan ilmu Geografi.

ilmu geografi merupakan ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dan alam melalui perspektif ruang, geografi juga memberi perspektif tentang pola. Ilmu geografi di samping memberikan penjelasan tentang batas teritori wilayah, ilmu ini juga dapat menganalisis kondisi alam.

BACA JUGA : Pengertian Sosiologi, Ciri dan Fungsinya

Misalnya ketika ada bencana alam longsor, dengan kacamata ilmu geografi kawan muda mampu untuk menganalisis tanda-tandanya dengan menganalisis keadaan permukaan tanahnya.

Bukan hanya itu, melalui ilmu geografi kawan muda dapat mengetahui tanda-tanda gunung meletus dan tentu masih banyak lagi.Ā Sebelum jauh berbicara apa manfaat belajar Geografi, akan lebih menarik jika kawan muda tahu apa pengertian Geografi menurut para ahli. Simak ulasan mudabicara berikut ini :

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. Immanuel Kant

Immanuel Kant adalah ilmuwan yang sangat terkenal di dunia. Tokoh satu ini juga memberikan pendapatnya mengenai pengertian geografi.

Menurut Immanuel Kant, geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda- benda, hal- hal atau gejala- gejala yang tersebuar dalam wilayah di permukaan Bumi.

2. Friederich Ratzel

Ilmuwan Friederich Ratzel memberikan pendapatnya mengenai pengertian geografi. Menurut Friederich Ratzel, geografi adalah ilmu yang berhubungan dengan perwilayahan di permukaan Bumi. Pendapat Ratzel mengenai geografi ini tertuang dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie.

Konsep Ratzel ini disebut Lebensraum yang artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang.

Dalam mengamati geografi, Ratzel melihat bahwa suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai dengan kekuatan yang dimiliki oleh negara tersebut.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Psikologi Untuk Anak Muda

3. Daldjoeni

Ilmuwan Indonesia Daldjoeni mengemukakan pengertian ilmu geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok yakniĀ spasial atau ruang, ekologi, serta region atau wilayah.

Menurut Daldjoeni, dalam hal spasial geografi mempelajari tetang persebaran gejala, baik yang bersifat alami maupun manusiawi di muka Bumi.

Dalam hal ekologi, geografi mempelajari tentang bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungan. Sementara dalam hal region, geografi mempelajari tentang wilayah sebagai tempat tinggal manusia dan juga makhluk hidup lainnya berdasarkan kesatuan fisiografisnya.

4. Von Rithoffen

Von Rithoffen merupakan ilmuwan dari Berlin, Jerman yang berkontribusi dalam kajian ilmu geografi. Menurutya geografi adalah studi tentang gejala dan sifat- sifat permukaan Bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala- gejala dan sifat tersebut.

5. Bintarto

Menurut Prof. Bintarto geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala- gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya.

Ilmu geografi ini mengunakan pendekatan keruangan, kelingkungan dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Hubungan Internasional Untuk Anak Muda

10 Manfaat Belajar Geografi Untuk Anak Muda

Manfaat Belajar Geografi

1. Mengkaji Klimatologi dan Pemetaan Fenomena Bumi

Kegunaan ilmu geografi untuk mengkaji atmosfer misalnya kajian tentang perkiraan cuaca sehingga berguna untuk menghasilkan sumber daya energi listrik alternatif dengan cara mengkaji potensi kilatan petir.

Dalam bidang pertanian ilmu geografi dapat berguna untuk menganalisis kesesuaian lahan pertanian yang akan dipakai untuk bercocok tanam.

Selain itu, jika ingin mengetahui pemetaan potensi pertanian yang baik maka kita harus mengetahui terlebih dahulu informasi geografi seperti data jenis tanah, kemiringan lahan, klimatologi dan ketinggian wilayah.

Alhasil setelah kita mengetahui data-data di atas maka kita dapat menentukan pemetaan potensi pertanian di daerah-daerah.

Sedangkan bagi para petani ilmu geografi juga berperan penting untuk sistem pertanian. Sebab dengan adanya ilmu geografi para petani dapat mengetahui dan mengenali kondisi tanah dengan mudah. Di samping itu para petani juga dapat memilah dan memilih tanaman apa yang cocok untuk lahan mereka.

Dalam konteks nelayan, ilmu geografi membantu mereka menentukan arah angin dan juga menentukan apakah akan melanjutkan melaut atau tidak.

Di lain sisi manfaat belajar geografi juga membantu melihat fenomena alam beserta segala objek yang ada di permukaan bumi.

Kini perkembangan ilmu geografi juga membantu untuk mengetahui kejadian-kejadian dibelahan dunia lain dengan mengunakan geografi regional.

2. Mengidentifikasi sumber energi dan Potensi Wilayah

Ilmu geografi berguna untuk membantu mengidentifikasi sumber energi yang masih dapat digunakan dan sumber energi yang sudah tidak dapat dimanfaatkan. Sehingga kita dapat menganalisi secara selektif mana yang bermanfaat dan tidak.

Di sisi lain manfaat belajar ilmu geografi dapat memudahkan kita melihat potennsi sebuah wilayah melalui pendataan suhu, iklim, tanah dan bebrbagai aspek terkait.

Sehingga dengan begitu kita mudah untuk menentukan apakah wilayah ini berpotensi sebagai industri, pertanian, ataupun pemukiman warga.

3. Mengetahui datangnya bencana alam

Mengetahui bencana yang akan terjadi juga dapat kita ketahui ketika kita menguasai atau mengerti tentang ilmu geografi.

Sebab sebelum terjadi bencana biasanya alam akan menunjukkan tanda-tanda tertentu. Misalnya saja ketika akan terjadi bencana longsor maka alam akan menunjukkan tanda-tanda seperti permukaan tanah retak dan rapuh.

BACA JUGA : Resensi Buku Filsafat Sejarah Hegel

4. Memahami kondisi sumber daya alam

Selain digunakan untuk membantu memahami kondisi dan mendeteksi datangnya bencana alam. Ilmu geografi juga bermanfaat untuk membantu memahami kondisi Sumber Daya Alam (SDA).

Dengan adanya pemahaman dari kondisi sumber daya alam akan membantu seseorang untuk mengetahui peluang dan keterbatsan SDA yang ada.

Misalnya daerah pantura seperti Jepara yang merupakan daerah penghasil kayu, maka dapat disimpulkan bahwa potensi kabupaten Jepara adalah mebel atau furniture berbahan baku kayu

5. Membantu memahami kondisi iklim global

Ilmu geografi akan mempermudah seseorang untuk memahami bagaimana kondisi iklim pada saat ini. Mengetahui kondisi iklim akan membantu kita untuk menentukan tindakan preventif apa agar dapat menjaga alam dengan baik.

6. Perencanaan wilayah atau Planologi

Selain digunakan untuk membantu para petani dan para nelayan geografi atau ilmu geografi dapat digunakan untuk membantu cabang ilmu lain. Misalnya saja membantu dalam perencanaan wilayah atau Planologi.

Dalam cabang ilmu ini geografi berperan untuk merumuskan berbagai potensi alam di masa depan. Dengan menggunakan ilmu geografi maka seseorang akan dapat mengarahkan pembangunan daerah yang di mana pembangunan berdasarkan kondisi fisik wilayah.

Di lain sisi, manfaat belajar geografi dapat mempermudah menentukan lokasi transmigrasi, tentu dengan analisis pendataan penduduk dan pesebaranya.

Perihal sensus penduduk, ilmu geografi dapat digunakan sebagai gambaran kepadatan penduduk dan mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk serta besaran pengelompokan usia pada daerah tersebut baik usia produktif maupun usia lansia.

Ā 7. Mengkaji hidrosfer

Manfaat dari ilmu geografi untuk mengkaji hidrosfer, di mana pengertian hidrosfer adalah komponen air bumi. Biosfer juga merupakan jumlah total air di sebuah planet. Hidrosfer mencakup air di permukaan planet, di bawah tanah dan di udara. Hidrosfer sebuah planet dapat berupa bentuk cair, uap dan es.

Fungsi ilmu geografi dalam menkaji hidrosfer adalah membantu manusia untuk mengetahui pemanfaatan sungai, danau, dan laut sebagai kegiatan transportasi maupun sebagai sumber energi.

Selain itu menggunakan geografi untuk mengkaji hidrosfer dapat bermanfaat untuk mengetahui pemanfaatan Sungai sebagai pembangkit tenaga listrik.

BACA JUGA : Pengertian Sastra, Fungsi dan Macamnya

8. Mengkaji biosfer

Ilmu geografi berguna untuk mengkaji biosfer, makna biosfer yakni sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antar mereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi.

Dari sini, manusia juga dapat memanfaatkan ilmu geografi untuk mengetahui pemanfaatan bentang alam yang berupa padang rumput. Pemanfaatan bentang alam ini akan berguna untuk membantu dalam pengembangan peternakan.

Selain itu ilmu geografi dalam pengkajian biosfer juga dapat berguna untuk pemanfaatan keunikan berbagai ekosistem tumbuhan maupun binatang yang bertujuan dalam pengembangan ekowisata.

9. Mengkaji antroposfer

Manfaat belajar ilmu geografi dalam kajian troposfer. Troposfer sendiri merupakan lapisan paling dasar yang dekat dengan bumi dan berfungsi menjaga kestabilan udara di bumi.

Sehingga manfaat belajar geografi dalam konteks dapat trofosfer dapat digunakan untuk mengembangkan kajian ilmu tanah dan sumber daya mineral.

10. Menentukan potensi ekonomi wilayah

Manfaat belajar geografi lainya adalah berguna untuk menentukan potensi ekonomi wilayah. Cara mengetahui potensi ekonomi wilayah melalui geografi adalah dengan pemetaan pertanian dan perkebunan.

Lantas pemaknaan potensi wilayah yakni segala sesuatu yang ada di suatu daerah yang dapat bermanfaat lebih jauh disebut potensi daerah.

BACA JUGA : Mengenal Teori Paradoks Zeno

Tanah yang subur, pemandangan alam yang indah, laut yang kaya akan ikan merupakan contoh potensi yang ada di suatu daerah.

Berdasarkan definisi oleh Suparmoko potensi ekonomi wilayah adalah kemampuan ekonomi yang ada di suatu wilayah yang mungkin dan layak dikembangkan sehingga akan terus berkembang menjadi sumber penghidupan rakyat setempat.

Bahkan dapat mendorong perekonomian daerah secara keseluruhan untuk berkembang dengan sendirinya.

Di lain sisi manfaat belajar geografi adalah mengetahui interaksi maupun interrelasi aspek sosial dan non sosial.

Masalah kemasyarakatan yang terkait dengan aspek non sosial seperti tanah, air dan udara bisa diselesaikan melalui pendekatan ilmu geografi.

Demikian ulasan manfaat belajar geografi kali ini, terus semangat belajar untuk kawan muda semua ya!

 

Tulisan Terkait: