10 Manfaat Belajar Ilmu Ekonomi Untuk Anak Muda

Pendidikan678 Dilihat

Mudabicara.com_ Ada berbagai manfaat belajar ilmu ekonomi sebab ilmu ekonomi tidak lepas dari kegiatan aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, ilmu ekonomi menjadi landasan seseorang mengetahui proses transaksi.

Dalam proses sosial kemasyarakatan, seseorang tentu memiliki kebutuhan dan keinginan maka salah satu manfaat belajar ilmu ekonomi adalah orang mampu memilah mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang termasuk keinginan.

Nah! penasarankan apa manfaat belajar ilmu ekonomi lainnya, jangan khawatir!. Kini mudabicara akan mengulas artikel tentang manfaat belajar ilmu ekonomi. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini :

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Hukum Untuk Anak Muda

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memberikan pengertian dan pelajaran tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena aktivitas manusia.

Selain itu, Ilmu ekonomi memiliki tujuan untuk menganalisis  usaha atau cara manusia untuk memenuhi kebutuhan atau mencapai kemakmuran.

Secara etimologi kata ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos yang berarti keluarga dan rumah tangga dan nomos yang berarti manajemen rumah tangga.

Berdasarkan pengertian etimologi ekonomi tersebut maka ekonomi adalah bisa diartikan sebagai peraturan atau perhitungan dalam rumah tangga.

Sumber daya alam yang terbatas harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar dapat menghasilkan barang dan jasa. Hal itu merupakan upaya untuk mengakomodir seluruh kebutuhan manusia yang juga tak terbatas.

BACA JUGA : Apa Perbedaan Public Relations Dan Corporate Communication?

Pada awalnya memang ilmu ekonomi dipelajari karena manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan dan keingginan. Kebutuhan dan keinginan inilah yang harus dikelola sebab sumber daya yang terbatas tersebut.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

1. Adam Smith

Bapak ekonomi dunia mendefinisikan ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya terbatas guna kemakmuran dan tujuan tertentu.

Pemikir ekonomi asal Skotlandia dalam buku berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (1776) memberikan penjelasan lebih dalam tentang pengertian ekonomi.  Menurutnya ekonomi adalah sebuah ilmu penyelidikan tentang keadaaan dan sebab adanya kekayaan sebiah negara.

2. N. Gregory Mankiw

Ekonom berkembangsaan Amerika dalam bukunya berjudul Principles of Microeconomics 5 Edition (2009) menjelaskan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.

3. Richard G. Lipsey

Ekonom Richard Lipsey Richard G. Lipsey dalam buku berjudl Economic (1981) menjelaskan ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan sumber daya yang langka guna memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

4. Paul A. Samuelson

Paul A. Samuelson seorang ekonom yang menulis buku berjudul Economics (1948) menjelaskan definisi ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana orang dan masyarakat memilih dengan atau tanpa menggunakan uang.

Hal itu bertujuan untuk menggunakan sumber daya produktif yang langka dapat memiliki penggunaan alternatif.

Selain itu memproduksikan berbagai komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk konsumsi sekarang dan di masa depan.

5. Alfred Marshall

Seorang ekonom berkebangsaan Inggris bernama Alfred Marshall menulis buku berjudul Principles of Economics (1890). Buku tersebut menjelaskan ilmu ekonomi di satu sisi adalah ilmu yang mempelajari tentang umat manusia dalam urusan kehidupan biasa.

Selian itu juga menganalisis tindakan individu dan sosial yang erat hubungannya dengan pencapaian dan penggunaan kebutuhan material kesejahteraan.

Kenapa kehidupan biasa karena ekonomi mempelajari aktivitas-aktivitas yang dapat menghasilkan uang dan bagaimana manusia membelanjakan uangnya.

6. Lionel Robbins

Seorang ekonom Lionel Robbins dalam buku berjudul An Essay on the Nature and Significance of Economic Science (1935) menjelaskan ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuan dan sarana langka yang memiliki kegunaan alternatif.

Setelah mengetahui pengertian ekonomi lalu apa sebenarnya manfaat belajar ekonomi. Berikut ulasannya.

10 Manfaat Belajar Ilmu Ekonomi Untuk Anak muda

1. Meningkatkan Taraf Hidup Sumber Daya Manusia

Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam meningkatkan taraf hidup dan sumber daya manusia sebab ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mengatur prinsip kebutuhan pokok manusia.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi maka akan melatih sahabat mudabicara untuk memiliki sifat yang teliti dan ekonomis dalam memilih seluruh kebutuhan. Selain itu meningkatkan jiwa sosial dan mampu mengelola keuangan dengan baik dan bijak.

2.  Menganalisis Potensi Kebijakan Ekonomi

Manfaat belajar ilmu ekonomi salah satunya adalah sahabat mudabicara dapat menganalisis potensi kebijakan ekonomi sekaligus dapat melihat potensi pasar dan bisnis.

Dengan hitungan terperinci maka seseorang yang mengerti ilmu ekonomi akan mengerti hitungan tekait untung rugi sebuah bisnis.

Selain itu dalam konteks kebijakan ekonomi, orang yang mengerti kebijakan akan mengerti juga tentang bagaimana manajemen sebuah perusahaan atau bisnis.

3. Mempelajari Perilaku Konsumen

Dengan mempelajari perilaku konsumen maka sahabat mudabicara bisa memperkirakan atau memprediksi tindakan apa yang akan dilakukan oleh konsumen kedepannya.

Hasil prediksi nanti berguna sebagai data kemudian dapat dipakai dalam penentuan harga, perencanaan bisnis, kebijakan pemasaran, bahkan kebijakan sumberdaya manusia.

Selain itu, kita bisa memprediksi pengaruh kebijakan pemerintah terhadap perilaku menabung dan kosumsi pada konsumen. Alhasil, dengan semua data perilaku tersebut perusahaan akan mudah dalam mencapai keuntungan yang berkelanjutan.

BACA JUGA : Mengenal Teori Anarkisme Damai Pierre Joseph Proudhon

4. Mengatur Skala Prioritas Kebutuhan

Dengan mempelajari ilmu ekonomi maka kalian akan mampu menentukan skala prioritas terhadap kebutuhan. Dalam kajian ekonomi ada tiga macam kebutuhan yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Oleh karenanya, manfaat belajar ekonomi akan membuat kalian menjadi manusia tang bijak dan mampu mendahulukan mana yang menjadi skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

5. Dapat Mandiri Dalam Berwirausaha

Dengan memahami ilmu akutansi dan manajemen maka orang akan mampu memiliki daya upaya untuk berwirausaha. Selain itu, ia akan mampu memahami segala bentuk perilaku pasar secara lebih baik.

Pemahaman inilah yang akan mengantarkan kita ke gerbang kesuksesan menjadi seorang pengusaha atau enterpreunership. Karena kalian mampu emahami pasar sekaligus kebiasaan konsumen.

Apalagi di era digital dan pasar terbuka orang dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan baik uang maupun aset. Maka anak muda harus berani untuk mengambil sikap mandiri dengan mendirikan usaha dan menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

6. Teliti Dalam Membaca Peluang Usaha

Dengan belajar ilmu ekonomi maka kalian akan memiliki kemampuan mengalisis peluang-peluang bisnis di masa depan. Peluang bisa berasal dari manapun, bisa dari potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Sumber daya alam misalnya ada peluang untuk mendirikan salah satu pabrik yang berbahan dasar komoditas masayarat sekitar. Selain akan mendapatkan keutungan kalian juga akan membantu mengatasi penganguran dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Potensi sumber daya alam berbasis eko wisata pun bisa dilakukan bila kalian tinggal di tempat-tempat yang memang memiliki potensi pariwisata yang baik.

Bila berbicara sumber daya manusia bisa juga membuat semacam pelatihan-pelatihan berbayar terkait web depelopment dan digital marketing yang nantinya akan menambah soft skill peserta.

BACA JUGA : Resensi Buku Puisi-Puisi Cinta W.S. Rendra: Jangan Takut Ibu

7. Melatih Manajemen Penghasilan

Melatih manajemen penghasilan berarti melatih manajemen hidup. Artinya ketika kalian memiliki penghasilan maka akan mampu melakukan manajemen dengan baik. Berapa kebutuhan hidup, ditabung dan investasi aset.

Hal seperti ini biasanya hanya dimiliki oleh orang yang memiliki kemampuan manajemen ekonomi dengan baik. Jika kebiasaan ini tertanam dengan baik maka bukan tidak mungkin kesuksesan akan di depan mata.

8. Memahami Sentimen Peristiwa Ekonomi

Sebagai pelaku bisnis dan ekonomi maka secara tidak langsung ia juga harus mengerti terkait prediksi pasar baik lokal maupun internasional.

Peristiwa ekonomi selalu dinamis bisa berubah sewaktu-waktu. Misalnya terjadi peperangan antara Ukraina dan Rusia mengakibatkan permintaan salah satu komoditas meningkat. Hukum ekonomi ketika permintaan banyak tetapi suplai sedikit maka harga akan melonjat tinggi sesuai dengan logika pasar.

Oleh karena itu, pelaku ekonomi harus memiliki kemampuan menentukan kebijakan dengan cepat berdasarkan data lapangan.

9. Menciptakan Sinergi dan Kolaborasi Antar Pelaku Usaha

Dalam ekonomi pelaku usaha akan membutuhkan satu dengan yang lain sehingga diperlukan adanya sinergitas dan kolaborasi agar mendapatkan keuntungan maksimal.  Kolaborasi dan sinergi bisa dalam kerjasama suplay an demand yang berhubungan dengan bisnis satu dengan yang lainnya.

BACA JUGA : 9 Puisi Karya Chairil Anwar Yang Wajib Anak Muda Baca

10.  Menjadi Ekonom, Peneliti dan Dosen

Peluang kerja bagi lulusan ilmu ekonomi sangat luas. Kenapa demikian? karena ilmu ekonomi berhubungan langsung dengan akar masalah masyarakat.

Sahabat mudabicara bisa menjadi seorang ekonom yang memberi masukan terkait kebijakan ekonomi kepada pemerintah. Menjadi seorang peneliti untuk kajian-kajian akademis kebijakan dan menjadi seorang dosen di kampus.

Nah! Sekian penjelasan mengenai manfaat belajar ekonomi kali ini, sampai jumpa diulasan-ulasan berikutnya. Sampai jumpa!

Tulisan Terkait: