10 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Untuk Anak Muda

Pendidikan343 Dilihat

Mudabicara.com_ Banyak manfaat belajar fisika terutama bagi sahabat mudabicara yang memiliki kecintaaan terhadap ilmu sains. Selain dapat memahami ilmu tentang materi dan gerak, mempelajari fisika juga dapat memberi pengetahuan tentang energi dan gaya.

Meskipun kelihatan susah dan rumit namun jurusan ilmu fisika merupakan salah satu jurusan favorit di perguruan tinggi. Dalam fisika kita dapat mempelajari berbagai topik ilmu fisiska antara lain fisika modern, relativitas, termodinamika, fisika partikel, listrik, magnet dan mekanik klasik.

Menarik bukan! Nah! agar lebih memahami manfaat belajar ilmu fisika kini mudabicara ingin mengulas lebih dalam tentang manfaat dan pengertian ilmu fisika menurut para ahli. Selengkapnya simak ulasan berikut ini:

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Ilmu Ekonomi Untuk Anak Muda

Pengertian Ilmu Fisika

Ilmu fisika adalah ilmu pengetahuan alam yang fokus mempelajari tentang materi dan gerak serta kaitannya dengan energi dan gaya. Ilmu ini juga mencakup hal-hal yang berkaitan dengan sifat dan fenomena alam serta interaksi di dalamnya.

Secara etimologi kata fisika berasal dari bahasa Yunani yaitu physic yang berati alam. Dalam catatan sejarah banyak ilmuwan Yunani yang menjadi peletak pondasi ilmu fisika

Sedangkan secara terminologi fisika adalah ilmu pengetahuan alam yang menganalisis tentang energi, materi, perubahan zat baik yang makroskopis atau mikroskopis.

Ada emapat tahapan ilmu fisika dalam mempelajariu fenomena alam yaitu pengamatan, pengukuran, analisis dan terakhir menarik kesimpulan.

Oleh karena itu maka dalam ilmu fisika kita sering mendengar dari 100 percobaan kadang hanya 1 yang berhasil kadang malah tak satupun yang berhasil.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Hukum Untuk Anak Muda

Hal itu disebabkan oleh ilmu fisika memerlukan waktu yang panjang dalam melakukan penelitian agar mendapatkan hasil yang maksimal dan akurat.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

1. Herbert Druxes

Ilmu fisika adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang kejadian alam yang memungkinkan untuk mengetahui aturan-aturan umum melalui penelitian, percobaan agar fdapat menjelaskan gejala-gejala alam sesuai struktur logika sebab akibat.

2. Gerthen

Ilmu fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam dan berusaha menjelaskan gejala-gejala alam dengan hubungan dalam kenyataanya.

3. Marthen Kanginan

Ilmu fisika adalah ilmu yang mempelajari hubungan hukum-hukum dasar materi, energi, ruang dan waktu sehingga bisa disebut ilmu fisika adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang bersifat anorganik.

4. Wospakrik

Ilmu fisika adalah salah satu ilmu pengetahuan alam yang mempelajari dan memberi pemahaman kuantitaif terhadap berbagai gejala atau proses alam dan sifat zat serta penerapannya.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Ilmu Kesejahteraan Sosial Untuk Anak Muda

5. Mundilarto

Ilmu fisika adalah ilmu yang pengathuan alam yang menpelajari dan berusaha memahami aturan-aturan alam yang indah dan dapat didiskripsikan secara sistematis.

6. Goris Seran D

Ilmu fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari satu dasar dari perkembangan teknologi maju dan modern seperti sekarang dan di masa yang akan datang.

10 Manfaat Belajar Fisika Untuk Anak Muda

1. Memiliki Peluang Kerja Terbuka

Dengan memiliki kemampuan ilmu fisika maka terdapat banyak peluang kerja dan dapat menjadi profesi sahabat mudabicara ke depan.

Salah satu peluang kerja lulusan ilmu fisika adalah  pada bidang ahli astrofisika, teknisi laboratorium bahkan seorang peneliti  atau dosen.

Namun sebenarnya tidak harus pada bidang sains karena sektor publik dan pemerintah juga banyak yang membutuhkan lulusan fisika. Berbagai peluang kerja dalam sektor teknologi, keuangan dan bisnis masih juga terbuka lebar.

Apabila sahabat mudabicara ingin memiliki pekerjaan yang relevan dengan ilmu fisika maka carilah pekerjaan dan membangun portofilio agar kesempatan sukses ke depan terbuka lebar.

2. Membangun Nalar Aktif Dan Kritis

Sebagai ilmu pengetahuan alam, ilmu fisika memiliki keunikan sebab bersifat dinamis. Oleh karena itu, dalam perkembanganya teori yang sudah menjadi aturan bertahun-tahun kadang bisa terpatahkan bahkan tergantikan dengan adanya teori baru yang lebih baik.

Karena dasar ilmu yang berbasis sains inilah banyak sekali proses penelitian yang tentu memaju para pemikir dan peneliti khusunya di bidang fisika untuk terus berperan aktif dan kritis untuk melakukan eskperimen.

Kemampuan analisa kritis dalam pemecahan masalah menjadi dasar sukses dalam mempelajari ilmu fisika. Kemudian pada fase selanjutnya mengimplementasikan pendekatan fisika dalam pemecahan masalah.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Bimbingan Konseling Untuk Anak Muda

3. Mengerti Perkembangan Teknologi

Tanpa disadari perkembangan teknologi yang kita alami hari ini berhubungan erat dengan ilmu fisika. Adanya komputer, Kamera digital, laptop dan Handphone tak lepas dari sumbangsih ilmu fisika.

Pada akhirnya ketika kita ingin mengetahui lebih dalam tentang proses dan cara kerja produksi teknologi modern maka secara bersamaan harus menekuni bidang keilmuan fisika.

4. Mengerti Cara Kerja Dunia

Manfaat mempelajari fisika tentu sangat luas. Sebagai ilmu yang mempelajari fenomena alam semesta, ilmu fisika menghadirkan jawaban-jawban atas hal-hal sebenarnya kita alami sehari-hari.

Misalnya pertanyaan tentang kenapa bumi berputar, bagaimana sistem tata surya berjalan hingga hubungan sebab-akibat dari fenomena alam tersebut.

Sebagai ilmu dasar fisika memiliki cabang ilmu yang begitu banyak seperti fisika Mekanik, fisika Elektrodinamis, fisika Teknik Elektro, fisika Elektrostatis, fisika Termodinamika, fisika Bioelektromagnetik, fisika Biolistrik, Fisika inti, Fisika radiasi, Fisika optik dan Kosmografi (Astronomi).

Ada lagi Bidang teori kuantum, Teori relativitas umum, Astrofisika, Fisika nuklir, Biooptik, Kinematika, Hidrologi, Fisika lingkungan.

Dan terakhir, Geofisika, Meteorologi, Ekonomi fisika, Biomekanika, Mekanika klasik, Zat terkondesasi fisika, Mekanika relativistik dan Fisika komputas

5. Melatih Berfikir Rasional dan Logis

Dasar ilmu pengetahuan alam adalah empiris dan rasional sehingga dengan mempelajari ilmu fisika akan membuat sahabat mudabicara memiliki pola pikir rasional dan logis.

Artinya kebenaran harus dibuktikan dengan metode ilmiah yang objektif, empiris sera rasional.

6. Memahami Keterkaitan Dengan Ilmu Sains Terutama Matematika

Ilmu fisika memiliki kedekatan dengan ilmu matematika sebab dalam pemecahan masalah fisika membutuhkan hitung-hitungan rumus yang mengunakan ilmu matematika.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sastra Jawa untuk Anak Muda

Pada umumnya seorang anak yang menyukai atau pintar matematika juga akan menyukai fisika sebab ilmu fisika salah satu ilmu implementasi matematika. Selain matematika pelajaran yang mungkin ada kaitannya dengan fisika adalah kimia dan biologi.

7. Dapat Menjelaskan Fenomena Alam

Sebagai ilmu alam fisika mencoba menjelaskan fenomena alam dengan berbagai rumus agar dapat dipahami oleh manusia awam secara rasional.

Fenomena hujan, angin puting beliung, pergantian siang-malam, Tsunami, Pelangi dan masih banyak lagi fenomena alam yang bisa dijelaskan melalui pendekatan ilmu fisika.

Selain itu fisika juga akan membawa kita memahami dasar-dasar benda dan interaksi terhapad hal-hal di luarnya dan mengetahui bagaimana prinsip atau cara kerja alam semesta yang sedang kita tinggali ini.

8. Kemampuan Memecahkan Teori dan Rumus Rumit

Dalam fisika kita akan mengenal tokoh Albert Einstein yang terkenal dengan teori relativitas. Tokoh yang dinobatkan sebagai seorang alhi fisikawan sepanjang massa.

Bagi sahabat mudabicara yang suka tantangan tentu ilmu fisika adalah ilmu yang pas untuk dipelajari. Dengan ilmu fisika kalian juga akan belajar tentang aljabar, kalkulus, besaran vektor, modulus elastisitas dan notasi ilmiah.

Misalnya dalam definisi angka penting yaitu angka hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan angka taksiran. Angka pasti berasal dari perhitungan skala alat ukur, sedangkan angka taksiran diperoleh dari setengah skala terkecil.

Tentu tanpa adanya praktik memahami angka penting saja kita akan kesulitan namun ketika kita mampu memahami dan terus ingin memcoba maka pasti akan dapat memahaminya.

9. Mendapatkan Transferable Skills

Memepelajari ilmu fisika akan membuat kita memahami juga tentang bagaimana cara pemecahan masalah dan analisanya, kemampuan melakukan penelitian dan memiliki analisa yang teliti dan tajam.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Bahasa Indonesia Untuk Anak Muda

Berbagai keahlian di atas adalah salah satu pendorong kita mendapatkan pekerjaan di berbagai industri sebab banyak sekali industri yang membutuhkan pelamar yang memmili kemampuan analisa yang kuat.

10. Menjadi Tenaga Pengajar.

Banyak lulusan ilmu fisika yang terjun di dunia pendidikan baik sebagai guru maupun dosen sebab banyak sekali sekolah atau perguruan tinggi yang masih membutuhkan pengajar.

Jadi manfaat belajar ilmu fisika begitu banyak sehingga jangan ragu untuk belajar dan mengambil jurusan ilmu fisika kalau memang sahabat mudabicara menyukainya.

Nah! tetap semangatnya sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tulisan Terkait: