10 Manfaat Belajar Ilmu Tanah Untuk Anak Muda

Pendidikan338 Dilihat

Mudabicara.com_ Ilmu tanah menjadi bagian penting bagi negara yang mayoritas penduduknya bekerja dalam sektor pertanian seperti Indonesia.

Selain dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian manfaat belajar ilmu tanah juga dapat memberikan pengetahuan terhadap petani tentang bagaimana cara bertani dengan cara efektif dan efisien.

Lalu, apa manfaat belajar ilmu tanah lainnya, yuk cari tahu selngkapnya pada artikel mudabicara berikut ini:

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Agribisnis Untuk Anak Muda

Apa itu Ilmu Tanah?

Manfaat Belajar Ilmu Tanah

Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari tentang segala seluk beluk tanah sebagai sumber daya alam. Ilmu ini mempelajari tanah dari berbagai aspek mulai dari karakteristik, pembentukan, klasifikasi dan pemetaan.

Di sisi lain, ilmu tanah juga mempelajari tingkat kesuburan dan cara mengelolanya untuk mendukung pertanian yang bermanfaat pada kehidupan makhluk hidup.

Oleh karena itu, ilmu tanah menjadi pondasi pengetahuan yang penting bagi mereka yang menekuni dunia pertanian bahkan perkebunan.

10 Manfaat Belajar Ilmu Tanah Untuk Anak Muda

1. Memaksimalkan Tata Kelola Tanah

Jumlah penduduk yang meningkat lebih besar daripada sumber daya tanah yang diusahakan. Artinya jumlah penduduk terus meningkat, jumlah lahan tidak dapat bertambah.

Oleh karena itu, tanah atau lahan yang dikelola untuk pertumbuhan penduduk dan pertanian tentunya akan dimanfaatkan secara optimal agar memenugi hajat hidup manusia.

Di sisi lain, tata kelola pembangian lahan pertanian dan pemukiman akan jelas dan terorganisir sehingga penyusutan luas lahan sebagai akibat dari pergeseran dari lahan pertanian ke lahan non-pertanian

2. Swasembada Pangan

Manfaat belajar ilmu tanah selanjutnya adalah mendorong adanya swasembada pangan. Dengan ilmu tanah orang akan memahami tentang rangkaian proses bertani.

Bertani berarti menanam atau bercocok tanam tumbuh-tumbuhan agar tumbuh lebih banyak sehingga dapat dipungut hasilnya. Tujuan pokoknya menanam tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Petani mengusahakan pertanian, mengerjakan tanah, menanam dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan semua orang baik dari masyarakat elit hingga bawah.

Dengan meningkatnya populasi dan kebutuhan akan makanan maka budidaya diperlukan dan tentu tanah adalah salah satu dari banyak variabel yang sangat memengaruhi hasil produksi dalam budidaya.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Akuakultur Untuk Anak Muda

3. Menjaga Kelestarian Alam

Dengan mempelajari ilmu tanah kita dapat memahami lingkungan dari berbagai aspek sehingga kita dapat dengan mudah memahami dan menganalisis.

Dengan begitu manfaat belajar ilmu tanah dapat mendorong seseorang memiliki tanggung jawab dalam melindungi lingkunganya dari kerusakan yang dibuat secara perlahan dan sengaja.

4. Peluang Kerja Terbuka

Apabila kalian lulusan ilmu tanah maka banyak kesempatan untuk bekerja di pemerintah karena lapangan kerjanya luas, seperti di Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dll.

Di sisi lain, kalian juga dapat di perusahaan swasta seperti perkebunan kelapa sawit, teh, kopi, karet, kakao, hutan tanaman, perikanan, dan pertambangan.

Maka jangan ragu untuk belajar ilmu tanah apabila kalian tertarik dalam hal budidaya dan pertanian.

5. Memahami Cara Reproduksi Tanah Secara Berkelanjutan

Tanah adalah objek yang vital dalam kehidupan manusia sehingga dengan mempelajari ilmu tanah kalian dapat memahami dan menjelaskan berbagai karakteristik morfologi tanah.

Di tambah kalian juga memahami cara tanah diklasifikasikan, dan menjelaskan bagaimana tanah berhubungan dengan kualitas lingkungan hidup.

Terakhir, kalian akan mampu menjelaskan konsep seperti kesuburan tanah, unsur-unsur hara tanaman, pupuk, pemupukan, dan pengapuran; menjelaskan bagaimana air, tanah, dan kehidupan berinteraksi satu sama lain, dan bagaimana mempertahankan keduanya.

6. Memahami Konsep Tanah

Manfaat belajar ilmu tanah adalah menjelaskan sifat dasar tanah, termasuk sifat fisik, kimia, dan biologi, serta definisi tanah dan tanah dalam konteks budaya Indonesia.

Dengan memahami konsep tanah maka seseorang akan mampu memahami tanah dengan baik, efektif dan efisien.

7. Membuka Peluang Kerja dan Usaha

Selain memiliki peluang kerja yang terbuka, manfaat belajar ilmu tanah adalah kalian bisa berwirausaha dengan mendirikan usaha pertanian, menyediakan sarana dan prasarana pertanian, atau terlibat dalam industri pupuk.

Di sisi lain, target marketnya pun besar karena mayoritas penduduk Indonesia bekerja di sektor pertanian dan perkebunan.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Agronomi Untuk Anak Muda

8. Peneliti dan Dosen

Apabila kalian tertarik dalam dunia penelitian kalian juga dapat menjadi seorang peneliti dalam bidang ilmu tanah dan geografi.

Dalam ilmu tanah terdapat dua pembahasan yakni Pedologi dan Edafologi. Pedalogi adalah ilmu yang mempelajari tanah sebagai objek geologi. Sedangkan Edafologi adalah ilmu yang mempelajari tanah sebagai benda pendukung kehidupan.

Oleh karena itu, apabila kalian belajar ilmu tanah kalian akan mempelajari kandungan tanah yang berkaitan dengan pertumbuhan tanaman, lapisan tanah, dan faktor lain.

Sebagai contoh, bagaimana tanaman dapat menghasilkan produk pertanian yang baik dalam berbagai media atau jenis tanah.

Di samping itu, kalian juga bisa berpeluang menjadi seorang dosen sebab banyak sekali universitas yang membuka jurusan ilmu tanah, beberapa universitas tersebut antara lain:

  • Universitas Andalas (Unand)
  • Universitas Jember
  • Universitas Lambung Mangkurat (Unlam)
  • Universitas Sriwijaya (Unsri)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)
  • Universitas Tanjungpura (Untan)
  • Universitas Papua
  • Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
  • Universitas Pattimura
  • Universitas Gajah Mada
  • Universitas Sebelas Maret
  • Institute Pertanian Bogor
  • Universitas Bengkulu
  • UPN Veteran Yogyakarta
  • Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional
  • Universitas Halu Oleo
  • Universitas Sam Ratulangi

9. Memahami Mitigasi Perubahan Iklim

Tanah adalah media untuk pertumbuhan tanaman, habitat berbagai spesies, sistem penyaringan air permukaan dan pemeliharaan gas atmosfer.

Tanah juga menopang kehidupan dengan menyediakan makanan dalam bentuk mineral dan nutrisi penting; air dan udara untuk membantu kelangsungan hidup dan pertumbuhan tanaman, cacing, jamur dan bakteri.

Tanah tidak hanya menyerap air yang berguna dan mencegah penguapan dari permukaan tetapi juga memulai pertumbuhan tanaman, produksi biomaterial, akar jangkar, memungkinkan transportasi air dan nutrisi ke antarmuka tanah dan akar tanaman. Tanah menyaring air untuk membantu mengatur suhu bumi dan gas rumah kaca yang penting.

Hal ini juga memberikan landasan bagi fungsi ekosistem dasar yang dipromosikan oleh kemajuan ilmu sumber daya alam dan lingkungan. Studi sumber daya tanah sangat penting untuk lingkungan, makanan dan produksi serat.

Memahami teknik untuk meningkatkan konservasi tanah seperti tanaman penutup, rotasi tanaman, pemecah angin yang ditanam dan pengolahan tanah konservasi yang mempengaruhi kesuburan tanah dan erosi juga penting.

Di tambah, isu terkait perubahan iklim menjadi salah satu isu yang penting untuk dimengerti karena berkaitan dengan bagaimana seseorang mengunakan tanah dan lain sebagainya.

10. Rasa Cinta Terhadap kehidupan 

Manfaat belajar ilmu tanah terakhir adalah kita akan mampu mencintai alam dan segala sesuatu yang mengikatnya sebab tanah adalah pusat kehidupan.

Apapun yang tumbuh di atas nya bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari dan keberlangsungan hidup manuasia.

 

 

Tulisan Terkait: