10 Manfaat Belajar Matematika Untuk Anak Muda

Pendidikan1288 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar matematika tentu beragam bagi anak muda sebab matematika tak bisa lepas dari aktivitas harian kehidupan manusia. Misalnya aktivitas ekonomi di pasar pun tak bisa lepas dari matematika.

Selain itu matematika juga menjadi pelajaran dasar bagi mata pelajaran lainnya seperti akuntasi, manajemen, fisika, biologi, kedokteran, statistik hingga teknologi dan informatika.

Namun sayangnya, mata pelajaran matematika menjadi momok pelajaran yang menakutkan bagi para siswa, mereka yang tak mahir dalam dunia hitung menghitung kadang urung mengikuti pelajaran dan cenderung ogah-ogahnya masuk kelas.

Padalah mempelajari matematika dapat melatih ketangkasan logika sebab memiliki kecakapan menghitung dan menghafal rumus-rumus.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Untuk Anak Muda

Nah! Untuk mengetahui lebih jauh apa manfaat belajar matematika dan menumbuhkan semangat kalian belajar matematika maka baca artikel mudabicara tentang manfaat belajar matematika berikut ini:

10 Manfaat Belajar Matematika Untuk Anak Muda

Manfaat Belajar Matematika

1. Kemampuan Bernalar dan Logika Dengan Baik

Salah satu syarat menjadi manusia yang rasional adalah memiliki kemampuan nalar yang logis. Salah satu cara mencapai hal tersebut dapat dilakukan dengan mempelajari matematika yang memiliki konsep abstrak namun nyata.

Biasanya dalam matematika kalian akan dihadapkan pada konsep persoalan yang sederhana dan mudah untuk diselesaikan. Namun setelah itu persoalan akan semakin rumit sehingga perlu pencermatan dan kelatenan dalam menyelesaikan persolaan.

Matematika tidak menerima jawaban asumsi, matematika harus memiliki jawaban yang pasti berdasarkan perhitungan. Oleh karena itu matematika akan membantu kalian dalam bernalar logis terutama dalam pengambil keputusan.

Maka apabila seseorang memiliki kemampuan matematika yang bagus maka ia akan menjadi manusia yang berpikir yang rasional, berprinsip dan konsisten.

Apabila dikaitkan dengan era digital yang penuh dengan informasi hoax, orang yang memiliki kemampuan matematika akan tidak mudah terpengaruh dan mempercayainya secara langsung.

2. Melatih Berfikir Sistematis

Manfaat belajar matematika selanjutnya adalah melatih kalian dapat berfikir sistematis. Hal tersebut tak lepas dari matematika yang memiliki pola dan struktur yang sistematis.

Kebiasaan hitung menghitung, mempelajari rumus hingga deret akan melatih otak kalian mejadi  sistematis. Tentu manfaat utama dalam kehidupan nyata adalah kalian mampu berpikir runtut dan struktur.

Apabila kalian menjadi seorang pemimpin, berpikir sistematis adalah modal utama agar setiap persoalan dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien.

3. Mendorong Perkembangan Otak Pada Anak

Manfaat belajar matematika secara berkala dan rutin dapat membantu perkembangan otak pada anak. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Tanya Evans dari Universitas Stanford pada 2015.

Dr. Tanya Evans mengatakan anak yang mempelajari matematika memiliki perkembangan otak yang lebih baik apabila dibandingkan dengan anak yang tidak mempelajari matematika.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Ilmu Ekonomi Untuk Anak Muda

Anak yang mempelajari matematika memiliki kemampuan kognitif yang baik dengan memiliki kemampuan fokus pada objek tertentu serta berkaitan dengan pengambilan keputusan.

4. Memiliki Kemampuan Berhitung

Istilah lain dari matematika dalah ilmu hitung. Oleh sebab itu matematika merupkan ilmu dasar apabila ingin memiliki kemampuan berhitung.

Dengan memiliki kemampuan berhitung akan membuat kita menjadi pribadi yang kuat sebab segala sesuatu yang akan kita perbuat berdasarkan perencanaan yang tepat dan terukur.

Di samping itu, belajar menyelesaikan latihan soal matematika akan melatih otak untuk berpikir secara optimal dan maksimal.

5. Memiliki Kemampuan Manajemen Keuangan

Manfaat belajar matematika selanjutnya adalah membantu kalian memiliki kemampuan manajemen keuangan dengan baik. Matematika sendiri sebagai ilmu adalah dasar dari mempelajari manajemen karena berhubungan dengan hitung menghitung.

Kemampuan berhitung inilah yang menjadi modal utama kita memiliki kemampuan manajemen keuangan dengan baik. Dengan manajemen keuangan dengan baik maka kita dapat mengatur segala bentuk pengeluaran keuangan dengan cermat.

Alhasil kita akan memiliki kesehatan finansial dengan baik sebab dapat menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.

Di sisi lain kita tidak memiliki beban hutang yang tinggi sehingga kondisi keuangan secara menyeluruh dapat berkembangan dengan baik.

6. Melatih Berpikir Objektif

Matematika adalah ilmu pasti bukan ilmu asumsi sehingga erat kaitannya dengan obyektifitas. Mempelajari matematika dapat membantu kalian berlatih berfikit obyektif.

Berpikir obyektif sendiri adalah bentuk pemikiran berdasarkan fakta empiris dan rasional sehingga dengan berpikir obyektif kita dapat menarik kesimpulan dari berbagai masalah secara baik, benar serta rasional.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Hukum Untuk Anak Muda

7. Menjadi Problem Solver

Manfaat belajar matematika lainnya adalah mendorong kalian memiliki kemampuan menyelesaikan sebuah permasalahan dan menemukan solusi jalan keluar.

Seorang problem solver tentu memiliki kemampuan analisis yang kuat sehingga menemukan sebuah solusi yang cerdas dalam setiap persoalaan yang dihadapi.

Di sisi lain landasan dasar seorang problem solver adalah berfikir rasional, obyektif dan sistematis dalam melihat setiap persoalan yang dihadapi sehingga tentu semua sudah melalui pemikiran yang matang.

Tak salah jika pada akhirnya seorang yang mempelajari matematika dengan baik akan menjadi seorang problem solver yang handal dan bijaksana.

Seorang problem solver dengan percaya diri saat mengambil keputusan sebab keputusan tersebut berdasarkan perhitungan yang matang dan terukur dengan segala konsekuensinya.

8. Melatih Kesabaran dan Keuletan

Salah satu cara agar sukses mempelajari matematika adalah kalian harus dapat bersikap sabar dan ulet. Hal tersebut dikarenakan matematika memiliki kerumitan yang maksimal.

Apabila sering berlatih menyelesaikan soal matematika maka kita akan menemukan fakta bahwa satu rumus matematika dapat menyelesaikan satu soal namun belum tentu pada soal yang lain.

Dengan fenomena tersebut maka secara tidak langsung mempelajari matematika akan membuat kita menjadi pribadi yang sabar ulet dan telaten.

9. Menjadi Seorang Ilmuwan, Peneliti dan Dosen

Banyak jenis profesi yang dapat kalian raih ketika memiliki kemampuan atau skill matematika yang baik. Kalian dapat menjadi seorang ilmuwan serta peneliti dalam bidang-bidang pekerjaan yang berhubungan dengan matematika.

Dalam bidang pendidikan pun kalian bisa menjadi seorang tenaga pengajar baik guru maupun dosen. Pada dasarnya manfaat belajar matematika tak lain adalah membantu kalian dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam meraih pekerjaan yang diidamkan.

10. Menjadi Soerang Analisis Data

Manfaat belajar matematika terakhir adalah banyak peluang pekerjaan bagi kalian yang memiliki kemampuan matematika yang baik, salah satunya adalah menjadi seorang analisis data.

Di era digital ini orang yang akan menjadi pemenang adalah orang yang dapat meraih data dan meramunya dalam bentuk kebijakan dan target pasar.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Bimbingan Konseling Untuk Anak Muda

Sebagai contoh kemenangan Donald Trump pada saat pemilu di Amerika Serikat tidak terlepas dari aktor-aktor ilmuwan yang memiliki dat sikap pemilih, serta kebiasaan pemilih sehingga merekomendasikan cara dan strategi yang tepat dalam meraih kemenangan.

Di sisi lain, orang yang memiliki data akan mampu menentukan target pasar karena mengetahui perilaku psikologi pasar secara obyektif.

Oleh sebab itu, maka tidak heran seorang pengusaha rela membayar seorang analisis data dengan gaji yang mahal karena efeknya pun akan efektif dalam menaikan pendapatan.

Sekian pembahasan manfaat belajar matematika kali ini, sampai jumpa pada pembahasan mudabicara berikutnya, selamat membaca dan jangan lupa belajar.

 

Tulisan Terkait: