Apa itu Arti Efek Compounding? Pengertian dan Strategi Investasinya

Enterpreneurship243 Dilihat

Mudabicara.com_ Di era digital serta kemajuan teknologi arus perkembangan informasi bergerak begitu cepat tak terkecuali dunia investasi. Kini investasi menjadi intrumen penting sekaligus salah satu pengetahuan yang perlu dimengerti oleh anak muda.

Selain menjadi pendidikan tentang financial literasi, investasi juga memiliki berbagai macam jenis dan model sehingga mengetahuinya secara detail adalah suatu kewajiban.

Dalam dunia investasi maka sahabat mudabicara akan menemukan istilah compounding effect atau bisa disebut juga efek compounding.

Kini mudabicara ingin mengulas lebih dalam tentang apa itu arti efek compounding, pengertian dan manfaatnya. Selengkapnya simak ulasan berikut ini :

BACA JUGA : Apa Itu Arti Allowance? Pengertian, Jenis, Macam dan Manfaatnya

Arti Efek Compounding?

Dalam dunia investasi efek compounding adalah suatu metode yang membantu mengembangkan dana investasi yang sahabat mudabicara tanamkan dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, efek compounding adalah bagaimana kemampuan sebuah aset untuk menghasilkan sebuah keuntungan berlipat ganda di masa depan.

Istilah yang lebih mudah untuk dipahami efek compounding adalah income atau pendapatan yang datang dari pendapatan kita sebelumnya atau biasa orang menyebutnya dengan istilah bunga berbunga.

Arti dari bunga bebunga adalah di mana bunga yang kita hasilkan dari investasi akan kita investasikan kembali ke dalam intrumen investasi yang sama ataupun berbeda.

Alhasil bunga yang kita hasilkan dari investasi akan menghasilkan bunga kembali di masa yang akan datang.

Tak jarang hal seperti ini tidak dimengerti oleh banyak generasi muda sehingga tantangan ke depan jelas yakni membumikan gerakan financial literasi.

Tujuannya agar anak muda yang produktif kerja dan memiliki penghasilan tetap tidak menghabiskan penghasilannya untuk hal-hal yang konsumtif.

Bayangkan dengan model efek compounding saja penghasilanmu akan menghasilkan penghasilan lagi dan begitu seterusnya cara kerjanya.

Ilustrasi Efek Compounding

1. Bunga dari hasil investasi bisa didapatkan ketika uang hasil investasi mulai menghasilkan keuntungan lagi ketika akan diinvestasikan kembali.

2. Cara termudah untuk memenuhi tujuan keuangan adalah dengan investasi efek compunding.

3. Dalam dunia investasi, semakin dini melakukan investasi maka kesempatan untuk menikmati efek compunding semakin jelas jalanya.

BACA JUGA : Apa Perbedaan FIFO dan LIFO, Ini Penjelasannya

Salah satu tujuannya adalah bagaimana return dari investasi akan menghasiilkan keuntungan dengan cara menginvestasikannya kembali.

Sayangnya banyak orang yang cenderung memiliki pemahaman yang kurang tepat. Mereka memilih tidak berani melakukan investasi melalui skema efek compunding.

Sebab kata investasi hanya bagi mereka yang sudah memiliki keamanan dan kemapanan ekonomi meskipun tujuan akhir dari investasi adalah kemapanan itu sendiri.

Pelu diketahui juga dalam efek compunding uang tidak menjadi masalah sebab hal terpenting dalam skema investasi ini adalah waktu.

Para investor yang memiliki pengetahuan literasi keuangan bagus malah mengandalkan efek compunding sebagai media investasi.

Kata kunci yang perlu dicatat adalah siapa pun orang yang melakukan investasi lebih awal maka efek compunding akan dirasakan orang tersebut seiring berjalannya waktu.

Strategi Investasi dengan Efek Compounding

1. Melakukan Investasi Setiap Bulan

Melakukan investasi tidak hanya dalam satu waktu namun harus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Berinvestasi satu kali saja tidak akan berpengaruh signifikan terhadap keadaan financialmu di masa tua.

Salah satu strategi melakukan investasi adalah dengan menginvestasikan penghasilanmu setiap bulan sesuai jumlah kemampuan. Misalnya saja 10% dari penghasilan bulanan akan kamu alokasikan ke investasikan ke berbagai intrumen.

Jangan lupa dengan peribahasa bahasa Inggris donā€™t put all your eggs in one basket yang bermakna jangan taruh investasimu di satu tempat namun taruhlah di berbagai tempat.

Sebagai contoh seandainya melakukan investasi saham jangan lakukan pada satu stok saja namun cobalah ke berbagai perusahaan lain yang mungkin lebih menguntungkan.

Apabila sekarang sudah melakukan investasi saham dan obligasi, cobalah investasi lainĀ seperti peer to peer lending pada reksa dana atau KoinWorks.

2. Mulai Dari SekarangĀ 

Dalam skema investasi efek compounding uang tidak menjadi masalah namun persoalan waktu. Oleh karena itu, lakukan mulai sekarang agar berpengaruh signifikan ke depannya.

Misalnya sudah mulai mendanai jangan berhenti sampai pada skema itu saja. Kata kunci yang perlu dipegang adalah lakukan investasi secara rutin.

Jangan lupa mendiversifikasikan dana investasiĀ  ke berbagai intrumen investasi lain.

BACA JUGA : Apa itu Struktur Organisasi Perusahaan? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

3. Ciptakan Portofolio yang Low Risk, High Return

Apabila sahabat mudabicara mulai melakukan investasi meskinya sudah familiar dengan istilah high risk, high return.Ā 

Lalu, bagaimana cara menciptakan portofolio investasi yang beresiko rendah namun menghasilkan keuntungan tinggi.

Nah! dengan memakaiĀ  skema investasi efek compounding maka secara langsung akan membangun portofolio yang bagus sebab akan menghasilkan keuntungan yang maksimal pada keuanganmu pada kurun waktu ke depan.

4. Pintar Memilih Jenis Investasi Sesuai Risk Tolerance

Srategi terakhir adalah pilihlah investasi yang memiliki tingkat resiko yang sanggup kalian terima jika tiba-tiba terjadi kerugian atau sering disebut dengan risk tolerance.

Meskipun pada umumnya berhubungan dengan investasi saham namun melakukan investasi sesuai dengan risk tolerance juga berhubungan dengan skema investasi lainnya.

Jangan lupa mempelajari terlebih dahulu tingkat resiko dalam keuntungan investasi tersebut dan jangan hanya tergiur pada skema keuntungan namun kerugian juga perlu menjadi perhatian.

Apabila tingkat resiko sepandan dengan potensi keuntungan maka jangan lupa targetkan targetkan efek compounding sekam investasimu.

Mulailah berinvestasi jangka panjang, mulai sekarang dan jangan lewatkan analisa resiko dan potensi kerugian.

Nah! sekian penjelasan mengenai arti efek compounding dan strateginya dalam berinvestasi. Semoga sahabat mudabicara berhasil!

 

Tulisan Terkait: