Bacaan Sholawat Khawwash: Arab, Latin, Arti Dan Keutamaannya

Budaya1665 Dilihat

Mudabicara.com_  Sholawat Khawwash merupakan salah satu bagian dari sholawat nabi. Selain bernilai amal ibadah melantunkan sholawat juga sebagai bentuk rasa cinta kepada sang baginda Rasullah SAW.

Dalam surat Al-Ahzab ayat 56  Allah SWT berfirman terkait pentingnya membaca sholawat:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman. Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Baca Juga : Sholawat Nabi: Teks Arab, Latin dan Manfaatnya Untuk Seorang Muslim

Dalam segi lafal sholawat Khawwash begitu sederhana dan mudah, kurang lebih seperti sholawat jibril. berikut bacaan sholawat Khawwash:

Bacaan Sholawat Khawwash Arab

Bacaan Sholawat Khawwash

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Bacaan Sholawat Khawwash Latin

Shalallaahu ‘ala Muhammad

Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad

Baca Juga : Bacaan Ratib Al Haddad Lengkap Latin, Arab dan Artinya

Keutamaan Membaca Sholawat Khawwash

Keutamaan membaca sholawat begitu banyak apalagi sholawat Khawwash memiliki lafal yang begitu pendek dan dapat diamalkan dimana pun dan kapan saja.

Waktu untuk mengamalkannya pun tidak harus selesai ibadah sholat namun boleh dibaca setiap saat. Biasanya kaum nahdhiyin membaca sholawatKhawwash setelah adzan dan sebelum iqamah.

Adapun keutamaan membaca Khawwash antara lain:

1. Mendapatkan Pahala Dari Allah SWT

Seorang muslim yang membaca sholawat akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda sebagai mana dalam hadist riwayat Muslim bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali” (HR. Muslim).

2. MendapatkanPerlindungan Dari Allah SWT

Seorang muslim yang mengamalkan sholawat secara rutin dan istiqamah maka diberikan perlindungan dan kemuliaan oleh Allah SWT. Sebagaimana hadist beriku ini:

“Sesungguhnya Allah menolong umat ini disebabkan doa orang-orang lemah, sholawat mereka, dan buah keikhlasan mereka.” (HR An Nasai’i).

Baca Juga : Bacaan Sholawat Tarhim, Teks Arab, Latin dan Artinya

3. Mendapat ridho dan Syafaat Nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah hadist Riwayat Muslim Rasullah SAW bersabda:

وعن عبدِ الله بن عمرو بن العاص رضي الله تعالى عنهما أنّه سَمِعَ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم يقول: «إذا سَمِعْتُمُ النِدَاءَ فقولوا مثلَ ما يقولُ، ثمَّ صَلُّوا عَلَيَّ، فإنّه مَنْ صَلّى عَلَيَّ صلاةً صلى اللهُ عليه بها عَشْرَا، ثمّ سلوا اللهَ ليَ الوَسِيْلَةَ، فإنّها مَنْزِلَةٌ في الجنّة لا تنبغي إلاّ لِعَبْدٍ مِنْ عباد الله، وأرجو أن أكونَ أنا هو، فَمَنْ سألَ لِيَ الوَسِيْلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَفَاعَةَ» (مسلم)،

“Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

4. Menambah dan Memperlancar Rejeki

Syekh Nawawi menambahkan tiga hal menjadi sebab luasnya rezeki yaitu memperbanyak shalat, shalawat, dan istighfar.

من أسباب سعة الرزق كثرة الصلاة والصلاة والسلام على النبي صلى الله عليه وسلم والإستغفار

“Sebagian dari sebab keluasan rezeki adalah memperbanyak shalat, shalawat, dan istighfar.”

Pernyataan ini didasarkan firman Allah

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى (١٣٢)

“Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, kamilah yang memberi rezeki kepadamu. dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa” (QS Thaha [20]: 132.).

5. Melindungi Diri Dari Malapetaka

Membaca amalan sholawat akan membuat kita terhindar dari segala mara bahaya serta mala petaka sebagaimana doa berikut ini:

Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin shalatan ta’shimuna biha minal ahwali wal afati wa tuthohhiruna biha min jami’is sayyi ati.

Artinya:

” Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dengan rahmat sebagaimana Engkau pelihara kami dari marabahaya dan penyakit, dan bersihkanlah kami dengan rahmat-Mu dari segala keburukan.”

Sekian penjelasan mengenai bacaan sholawat Khawwash dan keutamaannya, terima kasih telah mengunjungi portal website mudabicara. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini. Terimakasih

 

Tulisan Terkait: