Audiensi Kemenlu, PB HMI MPO Dorong Pemerintah Upayakan Gencatan Senjata di Palestina

Politik268 Dilihat

Mudabicara.com_ Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) mendesak pemerintah agar mengupayakan diplomasi tingkat tinggi guna mendorong terwujudnya gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Dalam audiensi bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada Senin, (6/11/2023), Mahfut Khanafi selaku ketua umum PB HMI MPO juga mengapresiasi pemerintah yang terus mengupayakan agar bantuan untuk rakyat Palestina dapat terus dikirimkan dan tersalurkan dengan tepat sasaran.

“Sebagai organisasi mahasiswa Islam kami akan mendukung upaya pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri untuk melakukan kerja-kerja diplomasi, terutama untuk saudara-saudara kita di Palestina,”Kata Mahfut

Baca Juga : Adakan Webinar Pendidikan, PB HMI MPO Bahas Implementasi Pancasila

Dalam momentum audiensi, Ani Nigeriawati selaku Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri menyambut baik gagasan yang diusung PB HMI MPO.

“Pada prinsipnya Kementerian Luar Negeri mendukung penuh gagasan pemuda-pemuda Indonesia yang ingin berkontribusi untuk bangsanya, sebab Kementerian Luar Negeri merupakan jendela awal untuk bisa melihat dunia” Kata Ani Nigeriawati

Mahfut menambahkan, apa yang terjadi di Gaza saat ini adalah tragedi kemanusiaan dan bentuk kejahatan genosida di era modern yang memerlukan persatuan sebagai alat perlawanan.

“Ini adalah tragedi yang sangat memilukan, di mana saudara-saudara di Gaza, terutama anak-anak, harus merasakan pedihnya perang yang tidak mereka pahami akar masalahnya. Mereka dibunuh dan rumah mereka dibom tanpa mengetahui sebabnya,”imbuh Mahfut.

Mengutip Al Jazeera, per Senin (6/11), setidaknya 10.328 warga Palestina di Gaza tewas dalam serangan Israel sejak 7 Oktober.

Menurut Mahfut, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia harus terus berperan aktif dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina dan mempercepat gencatan senjata.

Baca Juga : Profil Mahfut Khanafi, Aktivis Fokus Literasi dan Ketua Umum PB HMI MPO

“Agar tidak ada lagi warga sipil yang terus berjatuhan menjadi korban,”lanjut Mahfut.

Selain itu, dalam kesempatan audiensi, PB HMI MPO juga memperingatkan agar pemerintah tidak terlena dengan ancaman perubahan iklim di tengah isu konflik Israel-Palestina yang masih memanas.

Menurutnya, Organisasi Mahasiswa Islam penting untuk berbicara terkait isu iklim hari ini karena bencana akibat perubahan iklim adalah ancaman yang tak bisa ditunda.

“Selain isu kemanusian yang terjadi di Timur Tengah, kami ingin mengajak seluruh elemen gerakan muslim, khususnya di Asia untuk duduk bersama membicarakan isu-isu perubahan iklim yang dapat kiranya dapat direkomendasikan ke lembaga UNFCCC” pungkas Mahfut

Tulisan Terkait: