Bacaan Sholawat Ta’dzimul Qiyam, Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya.

Budaya628 Dilihat
Mudabicara.com_ Bacaan sholawat Ta’dzimul Qiyam merupakan bacaan sholawat nabi yang mudah dilafalkan serta dihafalkan sebab bacaan sholawat Ta’dzimul Qiyam memiliki lafal yang pendek.
Selain itu sholawat Ta’dzimul Qiyam sering dilantunkan dalam berbagai kegiatan majlis dzikir dan aktivitas sosial keagamaan kaum Nahdhiyin.
Oleh karena itu, sholawat Ta’dzimul Qiyam dapat menjadi salah satu amalan sholawat yang mudah dilakukan oleh para kaum muslimin dan muslimat.
Dalam surat Al-Ahzab ayat 56  Allah SWT berfirman tentang perintah membaca sholawat kepada nabi Muhammad SAW.
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman. Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).
Lalu bagaimana lafal bacaan sholawat Ta’dzimul Qiyam, berikut ulasannya:

Baca Juga : Bacaan Sholawat Maulid Simtudduror Arab dan Keutamaannya

Bacaan Sholawat Ta’dzimul Qiyam Arab

Bacaan sholawat Ta'dzimul Qiyam

 

اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِه وَسَلِّم

Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa sallim

Arti Bacaan Sholawat Ta’dzimul Qiyam

Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya

Keutamaan Membaca Sholawat Ta’dzimul Qiyam

Baca Juga : Bacaan Sholawat Mahalul Qiyam, Arab, Latin dan Keutamaannya

1. Menghapus Dosa

Sebagai seorang manusia kita tentu tak luput dari namanya dosa sehingga seorang hamba memerlukan sarana bagaimana dosa-dosa tersebut dapat dihilangkan.

Nah, salah satu amalan penghapus dosa adalah melantukan sholawat. Sholawat kepada nabi Muhammad SAW selain bernilai ibadah juga dapat menjadi sarana untuk menghapus dosa yang pernah kita perbuat dan buku cacatan amal.

Maka, untuk mendapatkan kebahagian di hari kemudian kelak maka seorang muslim harus memiliki kemampuan untuk menjalankan apa yang diperintah Allah Swt dan menjauhi segala apa yang dilarangnya.

Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra:

“Barang siapa membaca shalawat untukku satu kali, maka Allah akan mencurahkan rahmatNya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Muslim).

Dalam Riwayat lain ditambahkan, “…dihapus darinya sepuluh kesalahan.” (HR Ibnu Hibban) “…dan akan diangkat derajatnya sepuluh kali.” (HR. an-Nasa’i).

2. Mendapatkan Lindungan Keselamatan

Bersholawat kepada nabi Muhammad SAW akan memberikan seorang muslim rasa aman dan keselamatan dari mara bahaya baik secara dhohir maupun batin.

Sebagaimana harapan kita sebagai manusia dan hamba mendapatkan keselamatan dan kesehatan dari sang maha pemberi hidup yakni Allah SWT.

3. Dapat Kepercayaan dan Rasa Cinta dari Orang Sekitar

Sebagai makhluk sosial tentu kita semestinya menjaga tingkah laku agar selalu berbuat baik kepada sesama manusia agar orang lain dapat menghargai dan menghormati kita.

Selain berakhlak mulia, bersholawat kepada nabi juga dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa cinta orang lain kepada kita.

Baca juga:  Bacaan Sholawat Burdah, Arab Latin dan Artinya

4. Memperlancar Rejeki

Dari berbagai riwayat para ulama, apabila kita ingin mendapatkan rezeki yang lancar dan datang dari pintu tak terduga salah satu amalan yang wajib diamalkan adalah dengan melakukan sholawat.

Sebagai contoh apabila seseorang ingin memiliki rumah sendiri tanpa menumpang dengan orang tua, maka amalkanlah sholawat sebagai wirid tetap.

Bacalah sholawat sebanyak 100 kali sehari selama 40 hari berturut-turut fa insyaallah urusan dunia akan dipermudah oleh Allah SWT.

Selain itu dengan membaca sholawat berbagai hal yang kita impikan sebelumnya akan segera terkabul karena pintu rezeki menjadi terbuka dengan lebar.

Namun, jangan lupa bahwa Anda harus tetap mengiringi kegiatan ini sambil bekerja keras dan bersedekah kepada pihak yang membutuhkan.

5. Meningkatkan Rasa Syukur Kepada Allah

Salah satu keutamaan membaca sholawat adalah meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah kita dapatkan.

Di sisi lain, sholawat merupakan amalan yang mudah untuk dilafalkan dimanapun kita berada dan dalam keadaan apapun sehingga tak ada alasan kiranya kita untuk mengamalkannya.

Semoga kita termasuk hamba-hamba yang bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan sehingga diberi nikmat-nikmat lain yang berlimpah.

Sekian penjelasan mengenai bacaan sholawat Ta’dzimul Qiyam, terima kasih telah mengunjungi portal website mudabicara. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini. Terima Kasih

Tulisan Terkait: