Mudabicara.com_Camat Kecamatan Sawoo, Jatmiko memberikan motivasi kepada para pemuda Karang Taruna Setia Muda Desa Tumpuk, Sawoo, Ponorogo agar bisa bersinergi mengerjakan program Pemerintah.

Motivasi itu disampaikan saat menghadiri kegiatan Pembinaan Karang Taruna Setia Muda pada Senin, 1 September 2020.

Dalam kegiatan Pembinaan tersebut Jatmiko menyampaikan beberapa rencana program pemerintah yang akan segera diprogramkan. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua Karang Taruna Kabupaten Ponorogo Ari Bilowo dan juga Kepala Desa Tumpuk, Imam Sulardi.

BACA JUGA : MENDIKBUD: AJAK MAHASISWA INDONESIA DI LUAR NEGERI KEMBALI KE TANAH AIRĀ 

Diawal sesi penyampaian materi pembinaan, Camat Kecamatan Sawoo, Jatmiko menjelaskan bahwa dirinya hanya akan memberikan motivasi kepada para pemuda.

“Disini yang saya sampaikan lebih pada motivasi untuk pemuda yang hadir, agar lebih terpacu dan bersemangat. Juga program pemerintah yang cocok dan tepat bagi para pemuda,” kata Jatmiko dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 2 Agustus 2020.

Jatmiko menyampaikan, ada beberapa rencana program dari pemerintah yang akan dijalankan beberapa waktu lagi. “Ini terdapat beberapa rencana program dari pemerintah, dan bagi saya yang paling cocok untuk menjalankan adalah pemuda desa. Yang pertama adalah Desa Digital, dan yang kedua adalah terkait dengan BUMDES” ucapnya.

Di dalam program Desa Digital, Jatmiko menyampaikan bahwa pemuda harus ambil peran besar didalamnya. “Dalam Desa Digital, semua informasi terkait desa akan dapat diakses melalui Handphone dengan akses internet. Nah, disinilah peran pemuda. Pemuda harus segera mencari dan menumbuhkan potensi di desanya. Dan kemudian mereka kelola dengan baik, sehingga dapat disebarluaskan melalui Desa Digital ini.” jelasnya.

Selain itu, Jatmiko juga menjelaskan terkait dengan BUMDES, bahwa BUMDES berfungsi untuk mengembangkan potensi-potensi baru yang bermunculan. “BUMDES itu kewajibannya adalah mengembangkan dan menghidupkan potensi-potensi baru yang bermunculan. Pemuda harus segera membuat inovasi produk, yang kemudian nanti bisa digandeng oleh BUMDES untuk dikembangkan dan dikenalkan kepada masyarakat luas. Sehingga perekonomian lokal menjadi hidup,” imbuhnya.

Jatmiko juga memberitahukan kepada para pemuda bahwa dari pemerintah ada rencana untuk menunjuk seorang Profesional untuk memimpin BUMDES. “Nah, ini yang penting. Pemerintah berencana, agar BUMDES itu dipimpin oleh Direksi yang profesional, artinya adalah mereka-mereka yang totalitas di dalam mengelola dan mengembangkan BUMDES. Peluang seperti ini juga menjadi pintu bagi saudara semua untuk masuk,” lugas Jatmiko

Terakhir, Jatmiko menitipkan pesan kepada masyarakat, agar jangan takut untuk beraktivitas namun tetap patuh pada Protokol Kesehatan. “Semangat beraktivitas seperti biasanya, namun dengan disiplin Protokol Kesehatan yang berlaku,” pungkas Camat Kecamatan Sawoo, Jatmiko.