Momentum Hari Sumpah Pemuda, GERBASI launching buku “Yang Muda Punya Cerita”

Sosial490 Dilihat

Mudabicara.com_ Memperingati momentum Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Bangkit Literasi melaksanakan Grand Launching Gerakan sekaligus Talk Show bertemakan “Menumbuhkan Budaya Literasi Generasi Muda dalam menyongsong Smart Society 5.0” pada Jumat 28 Oktober 2022 di Rumah Relawan TurunTangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Gerakan Bangkit Literasi atau Gerbasi merupakan wadah bagi para generasi muda untuk menuangkan ide, gagasan, narasi, dan harapannya melalui karya-karya yang nyata.

Dalam acara tersebut juga ada launching buku berjudul “Yang Muda Punya Cerita” yang ditulis oleh anggota Gerakan sebelum kegiatan Grand Launching.

BACA JUGA : Family Fun Day, Komunitas Sekolah Orangtua Ingatkan Pentingnya Kebersamaan Keluarga

Yogi Fahmi selaku Direktur Eksekutif Gerbasi mengatakan bahwa gerakan ini merupakan tindak lanjut dari project divisi P3(Program, Penelitian dan Pengembangan) TurunTangan Jakarta.

“Gerbasi adalah project inkubasi dimana sebelumnya adalah sebuah program Diskusi Buku yang melibatkan beberapa penulis buku, dan berbagai komunitas pegiat literasi yang konsisten dilakukan sebulan sekali setiap tanggal 22, selanjutnya pada tahun berikutnya dicetuskanlah ide sebuah gerakan yang dinamakan Gerakan Bangkit Literasi sebagai Project Inkubasi Mandiri gerakan TurunTangan Jakarta” Ujar Fahmi

Grand Launching Gerakan Bangkit Literasi

Adapun acara Grand Launching Gerakan Bangkit Literasi diawali dengan pemotongan tumpeng dan simbolisasi Launchingnya buku “Yang Muda Punya Cerita” oleh Yogi Fahmi selaku Direktur Eksekutif dan Bapak A. Ramdani selaku pegiat literasi, untuk bisa diterima dan diberikan saran masukan.

“Pemotongan tumpeng ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kami atas Launchingnya Gerakan Bangkit Literasi dan bentuk syukur juga telah terbit buku yang merupakan hasil karya dari anggota, yang kedepannya dapat terus konsisten untuk menulis dan memberikan manfaat minimal untuk diri kita sendiri”, Tambah Yogi Fahmi.

Selain itu, sesi selanjutnya masuk pada sesi Talkshow dimana ini merupakan ciri khas dari Relawan TurunTangan yang senang berdiskusi, dan mengungkapkan realitas permasalahan sosial ditengah masyarakat. Acara tersebut dimoderatori Oleh Putra Amin selaku anggota dan Bapak A. Ramdani selaku Pegiat Literasi dan Founder Sekolah Orang Tua, sebagai Narasumber.

“Dalam sebuah filosofi menulis kita sering mengenal, Menulis adalah bekerja dalam keabadian seperti yang disampaikan oleh Pramoedya Ananta Toer. Buku yang dibuat oleh temen-temen gerbasi keren banget, sederhana dan ini bisa sebagai bentuk pijakan awal menyemangati temen-temen yang lain untuk ikut menulis.” ungkap A. Ramdani.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sastra Untuk Anak Muda

Diskusi tersebut berjalan santai, hangat dan menarik, pada sesi Talkshow tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Skill Critical Thinking dan Creativitiy tidak bisa digantikan oleh AI atau Artificial Intelligence, walaupun algoritma mesin memang sudah mendekati sempurna.

Menuju masyarakat 5.0 kita dituntut untuk merubah pola dan konsep diri serta kebiasaan kita agar manusia menjadi lebih bernikai. Tantangan dari era Smart Society 5.0 adalah bagaimana menumbuhkan kemempuan untuk berpikir kreatif dengan banyak melakukan observasi dan mengembangkan daya imajinasi.

Sesi penutup acara Grand Launching Gerakan Bangkit Literasi adalah sharing session mengenai penulisan buku yang diwakili langsung oleh Direktur Eksekutif Gerbasi.

“Suatu kebanggaan bagi kita semua, dengan adanya penulisan buku, ini merupakan langkah awal memulai membangkitkan mimpi kita jika kedepan ingin menjadi penulis. Yang terpenting kita mau memulai, dan mudah-mudahan dari itu kita bisa konsisten, bisa bangkit sesuai dengan nama kita, minimal bisa membangkitkan semangat literasi pada diri kita sendiri,” Pungkas Yogi.

Sharing session tersebut menjadi penutup rangkaian acara Grand Launching Gerakan Bangkit Literasi yang bertepatan dengan Peringatan Momentum Hari Sumpah Pemuda yang di peringati setiap tanggal 28 Oktober, acara tersebut dilanjutkan dengan sesi foto dengan seluruh peserta acara, dan makan bersama.

Adapun Tamu Undangan yang hadir adalah Pegiat Literasi Bapak A. Ramdani sekaligus narasumber sesi Talk Show, Mahfut Khanafi selaku Founder mudabicara.com, Gerakan TurunTangan, TurunTangan Jakarta, Rumah Belajar Rawamangun, Beasiswa 10.000, dan Anggota Gerakan Bangkit Literasi (Gerbasi).

Tulisan Terkait: