Mudabicara.com_Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan  biasanya di gelar dengan meriah, baik di kota maupun di desa.

Namun HUT ke-75 tahun ini berbeda dari biasanya, sebab masih dalam masa pandemi virus Covid-19.

Meskipun demikian semangat untuk memperingati kemerdekaan tetap ada walaupun harus dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti yang di lakukan oleh pemuda desa Pandak Kecamatan Balong, Kab. Ponorogo dengan mengadakan acara Gowes Kemerdekaan Japan (Jelajah Pandak).

BACA JUGA : BUZZ CREATIVE, CARA JITU LEJITKAN BISNIS UMKM LEWAT PUBLIK FIGUR

“Kegiatan masyarakat diperbolehkan asalkan tetap mematuhi protokol kersehatan, sebab peringatan kemerdekaan adalah momentum masyarakat untuk saling gotong-royong dan kami bersyukur desa Pandak masih aman dari virus Corona”, Kata Kepala Desa Pandak, Sirnan, Saat di wawancara mudabicara.com Rabu, (02/09/2020).

Gowes Kemerdekaan
Pamlet Gowes Kemerdekaan

Rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan bermacam-macam, dimulai dari lomba-lomba tradisional di paguyuban pemuda di lingkup rukun tetangga (RT). Kemudian lomba antar paguyuban pemuda dan puncaknya  dengan mengadakan Gowes Kemerdekaan Japan (Jelajah Pandak).

“Kegiatan Gowes Kemerdekaan ini bertujuan guna mendorong semangat hidup sehat masyarakat dan menumbuhkan rasa solidaritas antar warga dan pemuda sekaligus mensosialisasikan pola hidup sehat selama pandemi”,Tambahnya.

Dalam keadaan pandemi memang pemerintah desa ingin mengajak para warga tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas keseharian. Sehingga roda ekonomi tetap jalan dan produktivitas kerja masyarakat tetap baik.

“Semoga Pandemi segera berakhir dan warga Pandak bisa menjalankan aktivitas seperti sediakala sekaligus perputaran ekonomi berangsur membaik untuk menuju desa Pandak berdaya”, Pungkasnya.