Mudabicara.com_Sebagai platform bisnis online, Buzz Creative (BCR) memilih untuk menggandeng artis ternama untuk memperluas jangkauan pasar dalam program Endorsement.

Mengangkat tagline ‘One Stop Solution for Online Business’, BUzz Creative menghadirkan beberapa project dan event berupa desain foto& video, photo & videoshoot, kelas bisnis online, iklan dan endorsement, content creator, web desain, admin marketing dan lain-lain.

Pendiri BCR, Ifa Mariya mengatakan, di dalam agensi marketing miliknya, para pelaku usaha online tidak perlu khawatir terkait harga endorse artis ternama yang ratenya tinggi. Pasalnya BCR memiliki tiga cara pembayaran untuk pemilik Online Shop jika ingin mengendorse artis maupun aktor ternama.

Buzz Creative
Tim @hellobcr bersama Aktris Citra Kirana & Erica Putri

Yang pertama adalah dengan pembayaran tunai (cash), dimana pemilik olshop bisa mengajukan permohonan untuk mengendorse artis ke BCR dengan pembayaran tunai di awal dengan rate lebih terjangkau dibandingkan melalui personal langsung ke Artisnya. “Biasanya yang menggunakan metode ini merupakan online shop yang sudah bertahan, dan sudah ada alokasi budget untuk promosi setiap bulannya,” ujar Ifa.

Kemudian cara kedua yakni dengan cicilan/installment. Untuk pemilik online shop yang baru merintis atau sedang mengembangkan bisnisnya, biasanya menggunakan cara ini. Jangka waktu cicilan pun variatif, mulai dari 10 Minggu hingga 28 Minggu. Namun konsekuensi dari endorsement cicilan harganya tentu sedikit lebih tinggi dibandingkan metode pembayaran tunai.

“Di masa pandemi ini kami menerapkan sistem down payment (DP). Tentu ini beresiko besar untuk BCR, tapi dengan kesolidan tim & kerjasama semua olshop hal tersebut tetap dijalankan,” tambahnya.

Buzz Creative
Tim @hellobcr bersama Aktris Syahnaz Sadiqah untuk Shooting Endorsement

Terakhir adalah arisan endorsement, dimana dalam satu group terdiri dari 10-20 peserta online shop. Sistemnya dengan kocokan nomor urut menggunakan aplikasi khusus. Bagi yang namanya muncul di awal, dia berkesempatan untuk mengirimkan produk endorsement terlebih dahulu dan begitu seterusnya. Jatuh tempo pembayaran setiap mingguan dengan jumlah tertentu. Setiap artis berbeda – beda. Program ini diinisiasi sejak 2018 yang awalnya hanya Zaskia Adya Mecca dan dia sangat supportif mendukung dan berjalanannya waktu BCR juga menerapkan untuk beberapa artis lainnya” ujar Ifa.

“Menurut saya pribadi, endorsement itu strategi branding yang potensial dan merupakan investasi yang bagus untuk bisnis online, karena promosinya bersifat jangka panjang. Alhamdulilah dengan sistem ini ol shop yang baru merintis juga bisa mencoba dan merasakan hasilnya dengan budget yang ringan. Prinsip kami di BCR, kami ingin merangkul semua pelaku usaha, baik yang mau mulai, sedang berjalan bahkan sudah besar. Jadi sistem ini bertujuan untuk merangkul mereka yang ingin beriklan dengan artis dengan mudah walau harga jutaan terasa ringan,” pungkasnya.

Buzz Creative
Tim @hellobcr bersama Aktris Oki Setiana Dewi

 

Terakhir, Ifa mengatakan, dengan sistem pilihan pembayaran endorsement ini, BCR akhirnya memiliki hubungan baik dengan banyak kalangan, baik terhadap online shop sebagai klien maupun artis- artis yang berada di bawah naungan BCR.