5 Hal Penting yang Perlu Diketahui tentang Pajak Penghasilan

Ekonomi82 Dilihat

Pajak penghasilan merupakan salah satu pajak yang paling penting dalam setiap negara. Pajak penghasilan biasanya dikenakan pada penghasilan yang diperoleh oleh individu atau perusahaan dalam satu tahun pajak. Meskipun pajak penghasilan terdengar sederhana, namun banyak orang yang masih bingung dengan beberapa aspek penting dari pajak ini. Berikut adalah 5 hal penting yang perlu diketahui tentang pajak penghasilan:

  1. Jenis-jenis pajak penghasilan

Pajak penghasilan terdiri dari dua jenis, yaitu pajak penghasilan orang pribadi (PPh) dan pajak penghasilan badan (PPH). PPh dikenakan pada individu yang memiliki penghasilan dari sumber dalam maupun luar negeri, sedangkan PPH dikenakan pada badan usaha yang memiliki penghasilan dari usaha yang dilakukan dalam maupun luar negeri.

  1. Penghitungan pajak penghasilan

Pajak penghasilan dihitung berdasarkan penghasilan bruto dikurangi dengan pengurangan-pengurangan yang diperbolehkan oleh undang-undang. Pengurangan-pengurangan ini meliputi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan, seperti biaya-biaya operasional dan biaya-biaya yang berkaitan dengan produksi. Setelah pengurangan-pengurangan ini dilakukan, maka akan didapatkan penghasilan neto yang akan dikenakan pajak.

Nah buat kamu yang bingun bagaimana cara menghitung pajak penghasilan bisa baca artikel selengkapnya di temanpajak.com berjudul Apa Itu Pajak Penghasilan Final dan Bagaimana Cara Menghitungnya

  1. Batas penghasilan yang dikenakan pajak

Setiap negara memiliki batas penghasilan tertentu yang dikenakan pajak. Di Indonesia, batas penghasilan yang dikenakan pajak adalah sebesar Rp54 juta per tahun. Artinya, jika penghasilan seseorang di bawah batas tersebut, maka dia tidak perlu membayar pajak penghasilan.

  1. Masa pajak

Masa pajak adalah waktu yang ditetapkan untuk membayar pajak penghasilan. Di Indonesia, masa pajak biasanya berlangsung selama satu tahun pajak yang dimulai dari Januari hingga Desember. Setiap individu atau perusahaan harus menghitung, melaporkan, dan membayar pajak penghasilan selama masa pajak.

  1. Konsekuensi jika tidak membayar pajak

Tidak membayar pajak penghasilan memiliki konsekuensi yang serius. Jika seseorang atau perusahaan tidak membayar pajak, maka dia akan dikenakan sanksi dan denda oleh pihak berwenang. Sanksi ini dapat berupa penalti dan bahkan tindakan hukum, seperti penggeledahan dan penyitaan aset.

Demikianlah, 5 hal penting yang perlu diketahui tentang pajak penghasilan. Penting bagi setiap individu dan perusahaan untuk memahami dan mematuhi aturan-aturan pajak penghasilan untuk menghindari sanksi dan denda yang tidak diinginkan. Selain itu, membayar pajak dengan tepat waktu juga merupakan tanggung jawab sosial yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tulisan Terkait: