Gua Jomblang: Keindahan Tersembunyi di Gunung Kidul, Yogyakarta

Berita194 Dilihat

Gua Jomblang adalah sebuah gua vertikal yang terletak di Dukuh Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Terletak sekitar 10 km dari Kota Wonosari, gua ini dapat diakses dengan turun ke bawah menggunakan alat pengaman. Meskipun berada di tempat yang tersembunyi dan jauh dari hingar bingar kehidupan masyarakat, Gua Jomblang cukup populer hingga ke wisatawan mancanegara.

Gua Jomblang terbentuk akibat proses geologi ribuan tahun silam. Pada saat itu, terjadi peristiwa amblesnya tanah beserta vegetasi ke dasar bumi. Runtuhan tanah ini kemudian membentuk sebuah sinkhole atau sumuran. Dalam bahasa Jawa, istilah ini dikenal dengan istilah luweng.

Berbeda dengan area di sekitar gua yang terbilang gersang karena berada di kawasan pegunungan kapur, keadaan di dalam gua justru sangat subur. Di sana, banyak ditumbuhi berbagai vegetasi tanaman yang tak ditemukan di luar gua. Bahkan, di dalam gua ini ditemukan hutan purba seakan-akan ada dunia lain di bawah tanah. Suasana gua ini tatkala sinar mentari masuk melalui celah-celah maupun mulut gua.

Jomblang Cave memiliki kedalaman yang sangat variatif. Ada yang memiliki kedalaman 80 meter (jalur A), 60 meter (jalur B), dan 40 meter (jalur C). Biasanya pemula menggunakan jalur C dalam menjelajahi gua ini. Saat sampai di ujung gua ini, terdapat luweng atau sumuran lain yang dikenal dengan nama Gua Gubruk. Sumuran yang memiliki kedalaman 80 meter itu merupakan sumuran terdalam di Pulau Jawa.

Dasar dari Gua Gubruk itu merupakan sungai bawah tanah yang mengalir deras. Dua buah stalagmit berukuran besar dan berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di dasar Gua Gubruk. Pada pukul 13.00, cahaya matahari akan menerobos masuk melalui mulut gua dan tampak cahaya yang terpancar indah. Air yang menetes dari ketinggian juga mempercantik pemandangan. Fenomena tersebut oleh para wisatawan yang datang ke gua ini dikenal dengan istilah “cahaya surga”.

Walaupun memiliki pesona yang indah, ternyata Gua Jomblang menyimpan sejarah yang kelam. Konon, goa ini digunakan sebagai tempat pembunuhan massal para anggota PKI. Diperkirakan ada ratusan anggota PKI yang menemui ajal di gua ini. Saat eksekusi itu, mereka dibariskan di pinggir mulut gua dengan tangan terikat satu sama lain. Ketika satu orang ditembak, maka seluruhnya akan ikut masuk ke dasar gua dan tewas mengenaskan.

Gua Jomblang juga telah menjadi tempat pengambilan gambar untuk acara “Amazing Race” pada tahun 2011 dan sebagai tempat syuting film “Twogether” yang dibintangi Lee Seung Gi dan Jasper Liu pada tahun 2020. Gua ini memang menyimpan banyak hal menarik selain keindahannya.

Jika ingin menjelajahi gua ini, disarankan untuk menggunakan jasa guide lokal yang sudah terlatih dan memiliki peralatan yang lengkap. Selain itu, perlu juga diperhatikan faktor keamanan karena jalur yang harus dilalui cukup berbahaya.

Gua Jomblang dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain keindahannya, gua ini juga memiliki sejarah yang menarik dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pengunjungnya.

Tulisan Terkait: