Bacaan Ayat Kursi: Arab, Latin dan Keutamaannya

Budaya412 Dilihat

Mudabicara.com_ Bacaan ayat kursi memiliki berbagai keutamaan dan keistimewaan bagi mereka yang istiqomah dan rajin mengamalkan dalam aktivitas sehari-hari.

Biasanya ayat kursi dibaca sebagai salah satu wirid dalam acara tahlilan rutin jama’ah nahdhiyin untuk mendapatkan selematan dari berbagai macam bahaya

Selain bernilai amal ibadah saat membacanya, surat al-Baqarah ayat 255 ini termasuk salah satu ayat Al-Qur’an yang agung dan penting karena terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al-Hayyu dan Al-Qayyum

Bagi seorang muslim yang mengamalkan ayat kursi secara istiqomah fa Insyaallah akan mendapat penjagaan dari malaikat baik dalam keadaan bangun, tidur dan terutama saat di aktivitas di luar rumah.

Baca Juga : 3 Bacaan Doa Awal Tahun: Arab, Latin, Arti dan Keutamaan

Lalu bagaimana bacaan ayat kursi, arab, latin dan artinya, selengkapnya simak ulasan berikut ini:

Bacaan Ayat Kursi Arab

Bacaan Ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ

إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum.

Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum.

Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh.

Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih.

Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum.

Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a.

Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa

Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.”

Baca Juga : Bacaan Sholawat Al Fattah: Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Arti Bacaan Ayat Kursi

Allah tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya

Tidak mengantuk dan tidak tidur

Milik-Nya lah apa yang di langit dan di bumi

Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka

Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya

Kursi Allah meliputi langit dan bumi

Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar

(QS. Al-Baqarah: 255)

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Membaca ayat kursi memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Ada beberapa riwayat hadist yang menjelaskan tentang keutamaan mengamalkan surat Al Baqarah tersebut.

Rasulullah Saw bersabda (tentang Ayat Kursi) yang artinya “Ayat Kursi termasuk dari dua Surah Alquran yang bersinar (bercahaya).”

Dalam sebuah hadits lain yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab, ayat ke-225 dalam surah Al-Baqarah ini merupakan ayat paling utama di dalam Al-Qur’an,  Rasulullah SAW bersabda;

“Wahai Abul Mundzir apakah engkau tahu ayat manakah di dalam Alquran yang paling agung?” Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahuinya. Rasulullah a kembali bersabda, “Wahai Abul Mundzir apakah engkau tahu ayat manakah di dalam Alquran yang paling agung?” Aku menjawab, “Allah (yang) tidak ada sesembahan (yang berhak untuk disembah) selain Dia. Yang Maha Hidup (kekal) dan senantiasa mengurus (makhlukNya).” Lalu Rasulullah a memukul dadaku dan bersabda, “Demi Allah, semoga ilmu ini menjadikan engkau senang dan bahagia, wahai Abul Mundzir.”

Baca Juga : Bacaan Sholawat Syifa Tibbil Qulub: Arab, Latin Arti Berserta Keutamaannya

1. Terbuka Pintu Rezeki

Keutamaan membaca ayat kursi pertama adalah terbukanya pintu rezeki. Allah akan melapangkan rezeki dari jalan yang tak diduga-duga.

Selain itu, orang yang mengamalkan ayat kursi akan mendapatkan kemudahan dalam menerima pengetahuan baru. Hal tersebut tentu salah sau rezeki dari Allah.

Sebab karena pengetahun orang akan terjauhkan dari hal-hal negatif sekaligus dapat membedakan mana yang baik dan buruk.

2. Jauh Dari Godaan Setan

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, tentang setan yang mencuri harta zakat.

Aku akan mengajari beberapa kalimat (yang dengan itu) Allah akan memberikan manfaat kepadamu” Abu Hurairah berkata, “Apa itu?” Ia berkata, “Apabila engkau pergi ke tempat tidur, maka bacalah ayat kursi, “Allah tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya),” hingga akhir ayat. Maka engkau akan senantiasa mendapat penjagaan dari Allah dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi.”

Oleh karena itu orang yang membaca ayat kursi sebelum tidur maka setan tidak akan mendekatinya hingga pagi karena mendapatkan penjagaan dari Allah SWT.

Dalam hadist lain yang diriwayatkan oleh Ali bin Hamsyadz yang adil, dari Basyar bin Musa dari Humaidi dari Sufyan dari Hakim bin Jubair al-Asadi dari Abi Shalah dari Abu Hurairah berkata, Rasul Saw bersabda:

“Di surah al-Baqarah terdapat ayat yang merupakan sayyidah (ratu) ayat-ayat alquran, ia tidak dibaca di dalam sebuah rumah yang dihuni setan, kecuali setan tersebut keluar dari rumah tersebut. Ayat itu adalah ayat kursi.”

Baca Juga : Bacaan Sholawat Munjiyat: Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Keutamaan ayat kursi dari awal perjuangan umat muslim adalah untuk mengusir setan.

Selain itu, ketika seseorang mengamalkan ayat kursi sebelum tidur, maka Allah akan menurunkan dua malaikat untuk menjaga tidurmu hingga pagi.

Salah satu riwayat menjelaskan bahwa Nabi Muhammad sering membaca ayat kursi sebelum masuk rumah agar menjadi penghalang bagi syaitan.

3. Terkabulnya Do’a

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah,

“Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha.” (HR. Ibnu Majah)

Sebagai ayat yang paling agung maka barang siapa yang mengamalkan akan terkabul segala doa dan keinginannya.

4. Mempermudah masuk Surga

Dalam hadist riwayat Thabrani.

Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap salat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati.” (HR. Thabrani)

Bagi seorang muslim yang membaca ayat kursi setelah melaksanakan salat fardhu maka akan dipermudah untuk masuk ke surganya Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai shalat (fardhu), maka tidak ada penghalang antara dirinya dengan masuk surga, kecuali kematian.”

Sekian penjelasan mengenai bacaan ayat kursi dan keutamaannya, terima kasih telah mengunjungi portal website mudabicara. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini. Terimakasih

Tulisan Terkait: