Mudabicara.com_ Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan safari politik kebeberapa tokoh nasional pasca terjadi kudeta di tubuh Partai Demokrat yang di pimpinnya.

Ketua Umum Partai Demokrat ini mengunjungi beberapa tokoh nasional diantaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, hingan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

BACA JUGA : SISTEM POLITIK, PENGERTIAN DAN MACAM-MACAMNYA 

Bertemu Jusuf Kalla

Terakhir AHY melakukan silaturahmi ke kediaman mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada Minggu 14 Maret 2021.

Kedatangan AHY bersama dengan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Wakil Sekjen Agust Jovan Latuconsina, Wakil Bendahara Umum Lokot Nasution, dan Deputi Balitbang Partai Demokrat Syahrial Nasution.

“Kedatangan kami pagi ini utamanya adalah untuk bersilaturahmi. Bagaimana pun Partai Demokrat memiliki hubungan sejarah politik yang sangat baik dengan Pak JK. Pak JK pernah menjadi Wakil Presiden mendampingi Bapak SBY. Partai Demokrat juga menjadi mitra strategis bagi Partai Golkar saat dipimpin oleh Pak JK sebagai Ketua Umum,” kata AHY

Kedatangan AHY ke rumah JK dalam rangka membicarakan masalah kebangsaan sekaligus meminta saran dan masukan terkait dengan dinamika nasional.

BACA JUGA : MOELDOKO TIDAK HADIR, LAPORAN TERKAIT ANDI MALLARANGENG DI TOLAK POLISI

Bertemu Mahfud MD

Pada 8 Maret 2021 AHY telah bertemu dengan Menkopolhukam Mahfud MD di Jakarta. Dalam pertemuan ini Mahfud MD mengatakan bakal bakal objektif dan adil dalam melihat permasalahan yang didera Partai demokrat.

“Kita tidak berbicara soal SK. Waktu itu saya hanya menyampaikan sikap Pemerintah akan memutuskan konflik berdasarkan hukum yang berlaku, berpedoman pada UU, Keputusan Menkum HAM dan AD/ART Partai Demokrat,” kata Mahfud MD, seperti dilansir CNNindonesia.com, Minggu 15 Maret 2021.

Bertemu Jimly Asshiddiqie

Pada 9 Maret 2021 AHY mendatangi kediaman Jimly Asshiddiqie. AHY mengaku mendapat banyak masukan dari Jimly mengenai masalah yang dihadapi partainya.

BACA JUGA : SALING GUGAT, KINI KUBU AHY GUGAT 10 ORANG TERKAIT KLB DELI SERDANG 

Bertemu Yasonna Laoly

Pada Rabu 10 Maret 2021 beberapa pengurus Partai Demokrat dikabarkan menemui Menkumham Yasonna Laoly. Meskipun beberapa hari sebelumnya, AHY sempat datang ke kantor Kemenkumham namun tak bertemu dengan Yasonna.

Yasonna bertemu dengan pengurus Partai Demokrat yakni Wakil Ketua Umum yang juga mitra kerja Yasonna di Komisi III DPR, Benny K Harman.

Bertemu Listyo Sigit Prabowo

Pada 13 Maret 2021, AHY dan beberapa pengurus Partai mendatangi Mabes Polri. Pertemuan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo digelar tertutup.

Pertemuan dengan petinggi kepolisian tak lepas dari kabar bahwa sejumlah kader Demokrat di daerah didatangi orang yang mengaku polisi dan dipaksa mendukung hasil KLB.

Tak berhenti sampai di situ, sejumlah petinggi Partai membeberkan rencana safari politik AHY akan berlanjut. Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono ini berencana menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Meskipun seperti dilansir CNNindonesia.com, AHY sudah datang ke Istana Bogor bertemu langsung Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Pertemuan digelar tertutup. Tak diketahui pasti isi pembicaraan keduanya.

BACA JUGA : BUDAYA MEMBACA BUKU, BIASA KARENA DIBIASAKAN 

Di lain sisi, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyerukan seluruh kader untuk berjuang mempertahankan kedaulatan dan kemandirian partai.

“Ibarat peperangan, perang yang kita lakukan adalah perang yang dibenarkan. Sebuah war of necessity. Sebuah justice war, perang untuk mendapatkan keadilan,” kata SBY, Jumat 5 Maret 2021.