Mudabicara.com_Putra sulung Presiden Joko Widodo yang juga bakal calon Wali Kota Solo bersama pasangannya Teguh Prakosa resmi mendaftarkan diri di KPU Kota Solo pada Jumat, 4 September 2020.

Rombongan Gibran-Teguh kompak naik sepeda onthel dan mengenakan pakaian adat Jawa Solo berupa lurik dengan bawahan batik Sidoluhur dan blangkon Sidomukti di kepala saat ke Kantor KPU.

BACA JUGA : PEGANGSAAN GOWES SQUAD, SUMPAH ANCOL (MAKIN) KEREN 

Begitu pun istri Gibran, Selvi Ananda dan istri Teguh, Selly Yusnita. Keduanya kompak memakai baju kebaya dengan menaiki andong.

Dari pantauan, Gibran dan Teguh berangkat dari Kantor DPC PDI-P Brengosan di Jalan Hasanudin Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo pukul 14.00 WIB.

Rute yang dilewati adalah Jalan Hasnudin-Jalan RM Said-Jalan Menteri Supeno-Jalan Ahmad Yani-Jalan Letjend Suprapto-Jalan Kahuripan Utara Raya-KPU. Gibran dan Teguh turut menyapa warga saat melintas di ruas jalan tersebut.

Pasangan yang diusung PDI-Perjuangan itu tiba di KPU sekitar pukul 14.30 WIB.

Ketua DPC PDI-P FX Hadi Rudyatmo dan pengurus lainnya serta pimpinan partai pendukung juga ikut mengantar Gibran-Teguh dengan menaiki andong.

Rudy mengatakan, alasan menggunakan sepeda dan andong sebagai alat transportasi menuju KPU untuk menekan polusi udara.

“Kalau kita menggunakan sepeda dan andong tentunya ada suara yang berisik. Namun demikian, tidak mengurangi bobot dari pendaftaran ke KPU,” kata Rudy dikutip dari kompas, Sabtu, 5 Agustus 2020.

Sementara itu, Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota tahun ini berbeda dari sebelumnya.

Hal ini karena penyelanggaraan pilkada digelar di tengah pandemi Covid-19.

“Setiap tahapan (Pilkada Solo) kami harus melibatkan gugus tugas atau Satgas Pengendalian Covid-19. Jangan sampai kita menjadi klaster baru penularan dan penyebaran Covid-19. Petugas mengingatkan jaga jarak, kemudian yang masuk ke dalam (ruang pendftaran) kita sampaikan memakai alat pelindung diri,” kata Nurul.

Lebih lanjut, Nurul mengatakan, pada hari pertama pendaftaran calon peserta Pilkada Solo 2020 berasal dari pasangan Gibran-Teguh.

Sedangkan pasangan dari jalur perseorangan atau independen Bagyo Wahyono dan FX Supardjo alias Bajo akan mendaftar di hari terakhir pada Minggu (6/9/2020).