Mudabicara.com_Mantan Wakil Ketua DPD RI Laode Ida menyebut pilihan Presiden Joko Widodo terkait calon Kapolri yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo sangat tepat.

BACA JUGA : DKPP BERHENTIKAN ARIEF BUDIMAN DARI JABATAN KETUA KPU RI

“Pilihan Presiden ini sangat tepat untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat saat ini,” kata Laode Ida melalui keterangan resmi, Rabu (13/1)

laode Ida menyatakan Komjen Sigit dikenal sebagai figur polisi santun, ramah, komunikatif dan sejuk. Akpol lulusan tahun 1991 ini pernah tugas di Sulawesi Tenggara dan meninggalkan kesan yang sangat positif di daerah itu.

Pun ketika menjabat sebagai Kapolda Banten, kendati sempat mendapat penolakan dari sekelompok masyarakat, namun akhirnya harus diakui kepemimpinannya di Polda Banten sangat damai.

Laode juga meminta agar tak ada lagi yang mempersoalkan keyakinan Komjen Sigit. Hal itu lantaran tidak ada korelasi antara kepemimpinan di Polri dengan keyakinan punggawanya.

Komjen Sigit, lanjut Laode, memiliki toleransi tinggi dan telah teruji.

BACA JUGA : MENGENAL TEORI HERMENEUTIKA HANS GEORG GADAMERĀ 

“Kepemimpinan di Polri adalah profesional bukan berdasarkan agama. Yang terpenting Kapolri hadir sebagai figur pencipta kedamaian, pencipta kesejukan dalam masyarakat hingga mampu menegakkan hukum dan memberikan perlindungan pada masyarakat yang heteregon. Itu ada pada diri Komjen Sigit,” tutur pria yang sekarang menjadi anggota Ombudsman Republik Indonesia ini.