10 Perusahaan AI Indonesia Yang Wajib Anak Muda Tahu

Muda Talks315 Dilihat

Penggunaan teknologi kecerdasan buatan mulai digunakan secara masif di Indonesia. Rata-rata industri yang mengandalkan teknologi ini adalah perbankan, ritel, dan telekomunikasi.

Pada umumnya perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan dan mengolah informasi data secara akurat dan real time.

Saat ini sudah banyak perusahaan artificial intelligence di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan dan produk. Dari chatbots, kesehatan, pelacakan, analisis data, dan banyak lagi.

Menariknya, para pebisnis tidak lagi mempercayai platform ini, tetapi politisi dan pemerintah mulai aktif mengadopsi sistem kecerdasan buatan untuk memberikan layanan publik yang lebih baik.

Nah! kini mudabicara akan mengulas tentang 10 Perusahaan AI yang ada di Indonesia, selengkapnya simak ulasan berikut ini:

Baca Juga : 10 Rekomendasi Laptop Touchscreen Murah Untuk Anak Muda

10 Daftar Perusahaan AI di Indonesia

Hariz Izmee, CEO Microsoft Indonesia, mengungkapkan hingga 14 persen perusahaan Indonesia telah memasukkan AI ke dalam strategi bisnis mereka.

Di perusahaan-perusahaan tersebut, teknologi kecerdasan buatan tidak digunakan untuk mengurangi sumber daya manusia, tetapi untuk mendukung dan membantu orang mengumpulkan dan memproses data lebih cepat.

Menariknya, kini sudah banyak perusahaan AI di Indonesia yang menawarkan layanan dalam bahasa Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.

Alhasil, para pelaku sosial dan ekonomi dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan kinerja dan pengembangan usaha di masa mendatang.

1. Snapcart

Snapcart
Photo: Snapcart

Snapcart adalah aplikasi seluler yang didirikan pada tahun 2015, berdasarkan teknologi kecerdasan buatan. Program ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena menawarkan uang kepada pengguna yang aktif memindai dan mengunggah struk pembelian mereka.

Snapcart kemudian mengumpulkan dan menganalisis informasi ini. Setelah itu, mereka memberikan grafik atau data yang lebih detail untuk perusahaan besar.

Aplikasi ini pasti akan membantu perusahaan untuk menemukan berbagai kegiatan bisnis dan tren di masyarakat.

2. Kata.ai

Kata.ai adalah salah satu perusahaan AI di Indonesia
Photo: kata.ai

Kata.ai adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan chatbot berbasis kecerdasan buatan atau natural language processing (NLP).

Chatbot adalah layanan perantara yang menghubungkan pelanggan dengan penyedia layanan. Biasanya, fitur ini sering digunakan oleh merchant yang memiliki volume pesan masuk yang sangat tinggi.

Dengan layanan chatbot ini, perusahaan dapat menghemat waktu, efisiensi, dan layanan bisnis. Dari mengajukan dan menjawab pertanyaan hingga mengumpulkan jawaban hingga mengumpulkan informasi untuk memimpin prospek.

Baca Juga : Apa itu arti SMM Panel? Pengertian dan Keuntungannya

3. Qlue

Qlue adalah salah satu perusahaan AI di Indonesia
Photo: qlue.co.id

Qlue adalah aplikasi kecerdasan buatan yang dikembangkan pada tahun 2016 bekerja sama dengan pemerintah kabupaten DKI. Platform ini dirancang khusus untuk membantu pemerintah memantau dan menyelesaikan masalah di perkotaan.

Pengoperasian aplikasi ini didasarkan pada teknologi pembelajaran mesin dan analisis data, yang mendeteksi dan melaporkan masalah yang ada seperti kemacetan, kriminalitas, dan masalah lingkungan.

4. AI Care

AI Care adalah salah satu perusahaan AI di Indonesia
Photo: ai-care.id

AI Care adalah aplikasi perawatan kesehatan berbasis AI yang menggunakan teknologi pembelajaran mesin dan analitik data untuk memantau gejala kesehatan dan memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai.

Selain itu, AI Care juga dapat memberikan rekomendasi pola makan yang sehat, jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi pasien, dan lainnya.

Aplikasi ini sangat berguna bagi industri medis karena dilengkapi dengan fungsi riwayat medis pengguna sehingga dokter dapat mengetahui status kesehatan pengguna dan perkembangannya dengan lebih efektif.

5. AkuLaku

AkuLaku
Photo: akulaku.com

AkuLaku adalah platform keuangan digital yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis dan memberikan skor risiko kredit kepada pelanggan.

Platform ini sangat membantu masyarakat Indonesia dalam mengakses produk keuangan digital seperti pinjaman online dan mengajukan pinjaman dengan lebih mudah dan cepat.

6. HARA

HARA
Photo: hara.ag

HARA adalah proyek kecerdasan buatan yang dibuat oleh Dattabot. Aplikasi ini menggunakan teknologi blockchain untuk mengumpulkan data dari petani dan menyajikannya dalam bentuk analisis.

Hal ini memungkinkan petani untuk membuat keputusan dan strategi yang lebih baik saat mengelola perkebunan dan pertanian mereka.

Baca Juga : Apa Itu Bahan Kain Oxford? Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

7. Bahasa.ai

Bahasa.ai adalah salah satu perusahaan AI di Indonesia
Photo: bahasa.ai

Bahasa.ai adalah startup yang didirikan pada tahun 2017 yang menawarkan layanan dan layanan yang sama dengan Kata.ai, obrolan berbasis NLP untuk Indonesia.

Layanan utama mereka adalah otomatisasi obrolan yang sangat berguna bagi pemasar. Dari layanan komunikasi pelanggan 24/7, menjawab dalam bahasa Indonesia, menjawab atau menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat.

Menariknya, program ini terintegrasi dengan beberapa program bisnis populer di Indonesia. Misalnya platform perpesanan instan WhatsApp, Line, Telegram dll. Bahkan, juga terintegrasi dengan berbagai program pembayaran dan layanan pesan antar seperti GoPay, Grab, Transfer Bank, Bank VA, JNE, JNT, dan lainnya.

Fitur ini sangat membantu perusahaan khususnya UKM untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan layanannya. Selain pelaku usaha, program ini juga dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang lebih cepat.

8. Sonar

Sonar
Photo: sonarplatform.com

Sonar adalah platform pemantauan media sosial Indonesia yang didirikan pada tahun 2015.

Menurut situs resminya, Sonar merupakan penyedia layanan yang memantau percakapan dan konten yang dibagikan di media sosial.

Tugas utama Anda adalah mengumpulkan informasi dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.

Informasi tersebut kemudian dibagikan dengan pelanggan atau perusahaan yang menggunakan layanan mereka. Tentunya informasi ini akan membantu perusahaan dan korporasi besar untuk mengambil keputusan yang tepat di masa depan. Platform ini tidak hanya berfungsi sebagai pusat data real-time, tetapi juga menawarkan rekomendasi untuk strategi komunikasi pemasaran yang lebih baik.

Dengan kata lain, platform ini tidak hanya berguna untuk bisnis, tetapi calon politisi yang akan berpartisipasi dalam pemilu 2024 mendatang juga dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mengembangkan strategi kampanye yang tepat sasaran.

Baca Juga : 7 Cara Memilih Jasa Pengiriman Antar Pulau: Utamakan Yang Cepat

9. Prosa.ai

Prosa.ai adalah salah satu perusahaan AI di Indonesia
Photo: prosa.ai

Perusahaan AI terbaru di Indonesia adalah Prosa.ai, didirikan pada tahun 2018 oleh para ahli AI-NLP Indonesia.

Prosa.ai menawarkan berbagai layanan termasuk Voice ID, yang mengidentifikasi pelanggan dengan benar menggunakan biometrik suara, CX Analytics, yang memantau pengalaman pelanggan dan opini merek di media sosial, dan Anti Hoax, yang secara artifisial mengidentifikasi informasi penipuan intelijen.

10. Nodeflux

Nodeflux
Photo: Nodeflux.io
Tulisan Terkait: