Apa Itu Bahan Kain Oxford? Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

Enterpreneurship162 Dilihat

Mudabicara.com_ Usaha konveksi merupakan salah satu usaha yang sering diminati oleh kalangan anak muda. Selain usaha konveksi memiliki modal relatif kecil namun secara market usaha ini memiliki pangsa pasar yang luas.

Namun, bagi kalian yang ingin membuka usaha konveksi, ada beberapa hal yang perlu kalian tahu salah satunya cara memilih bahan kain yang tepat.

Ada berbagai bahan kain dalam konveksi untuk kemeja saja yang paling umum digunakan ada bahan kain oxford, bahan kain american, bahan kain nagata dan bahan kain rifstok.

Dari berbagai jenis kain tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah! artikel kali ini mudabicara akan mengulas lebih dalam salah satu bahan kain konveksi yaitu bahan kain oxford. Lebih jelasnya simak ulasan beriukut ini.

Baca Juga : 7 Cara Memilih Jasa Pengiriman Antar Pulau: Utamakan Yang Cepat

Pengertian Bahan Kain Oxford

Bahan Kain Oxford

Sebagai pembisnis pemula kalian harus melakukan praktek lapangan dalam hal memilah dan memilih kain yang cocok untuk pembuatan kemeja, seragam dan kaos.

Secara mendasar bahan kain oxford adalah kain yang berbahan dasar katun namun dengan tambahan kombinasi teteron.

Sedangkan secar jenis kain oxford masuk dalam jenis kain drill, namun yang sedikit membedakan kain jenis oxford memakai benang yang lebih tipis.

Oleh karena itu, kelebihan bahan oxford adalah kainnya cenderung lebih tipis apabila dibandingkan dengan jenis-jenis kain drill lainnya.

Karakteristik Bahan Kain Oxford

Ada beberapa karakteristik bahan kain oxford yang perlu kalian agar tidak salah pilih saat membelinya. Karakteristik tersebut antara lain sebagaimana berikut:

1. Apabila pernah melihat titik pixel pada resolusi gambar maka jalinan benang pada bahan kain oxford menyerupainya.

2. Bahan kain oxford relatif memiliki berat yang ringan sebab bahanya lebih tipis sehingga nyaman saat digunakan.

3. Bahan kain yang tipis tersbut sehingga  bahan kain oxfod terasa lebih halus ketika diraba.

Baca Juga : 7 Tips Membuka Usaha Laundry, Cara Kerja, Macam dan Strateginya

4. Secara teknik bahan kain oxford mengunakan teknik khusus saat proses pemintalan sehingga kain bahan oxford termasuk kain yang kuat.

5. Bahan kain oxford memiliki tekstur rata sehingga apabila dipakai kelihatan rapi dan lembut.

Setelah mengetahui berbagai karakteristik bahan kain oxford, ada beberapa kelebihan bahan kain ini dibandingkan dengan bahan kain lainnya. beberepa kelebihan tersebut antara lain:

Kelebihan Bahan Kain Oxford

Berdasarkan karakteristik di atas tentu bahan kain oxford memiliki kualitas yang baik dari pada jenis bahan drill lainnya. Bahan ini cocok untuk bahan seragam pondok pesantren, sekolah dan kemeja pada umumnya. Berikut beberapa kelebihan khusus bahan kain oxfrod.

1. Bahan kain oxford memiliki pilihan warna yang relatof lebih banyak dibandingkan dengan jenis bahan kain lainnya.

2. Dengan kualitas yang tidak kalah, jenis bahan kain oxford termasuk jenis kain dengan harga terjangkau dan relatif murah.

3. Dengan proses pemintatalan khusus bahan kain oxford meskipun tipis tidak kelihatan terawang sebab seratnya yang padat.

4. Salah satu kelebihan bahan kain oxford adalah cocok untuk negara-negara yang memiliki iklik tropis dan tentu salah satunya adalah Indonesia.

Baca Juga : Apa itu Arti Limited Edition? Pengertian dan Strateginya

5. Bahan kaian oxford termasuk bahan kain yang memiliki tekstur halus dan lembut.

Kekurangan Bahan Kain Oxford

Di samping berbagai kelebihannya bahan kain oxford juga memiliki beberapa kekurangan antara lain.

1. Dengan kain yang tipis dan lembut, bahan kain ini cenderung mudah kusut dan lecek sehingga memerlukan perawatan inten dan sering disetlika jika ingin dipakai.

2. Bila mencuci kemeja yang berbahan kain oxford berhati-hatilah sebaba jenis kain ini bila terkena detergen berlebih akan rentan robek dan kainnya mudah kaku.

3. Salah satu kekurangan bahan kain jenis oxford adalah bahan ini tidak bisa dibordir karena tipis. Apabila dibordir akan kelihatan jelek dan tidak cocok.

Nah, demikian ulasan mengenai bahan kain oxford kali ini, apabila kalian ingin membuka usaha konfeksi kami sarankan untuk datang keberbagai kota yang memiliki industri konveksi yang beragam. Misalnya ke konveksi Bandung, konveksi Jogyakarta dan  konveksi Solo.

Tulisan Terkait: