Apa itu Arti Limited Edition? Pengertian dan Strateginya

Enterpreneurship1396 Dilihat

Mudabicara.com_ Limited edition merupakan salah satu istilah yang familiar bagi sebagian orang yang suka belanja. Tak jarang banyak orang rela antri berjam-jam hanya ingin mendapatkan barang yang berlabel limited edition.

Namun tahukah sahabat mudabicara apa itu arti limited edition, dua kata yang sering membuat orang rela terlena dan ingin pergi berbelanja secepatnya.

Nah! apabila sahabat semua belum mengetahui arti limited edition, kini mudabicara akan mengulas artikel tentang arti limited edition dan apa manfaatnya untuk kita semua. Yuk! selengkapnya simak ulasan berikut ini:

Apa Itu Arti Limited Edition?

Berdasarkan etimologi limited edition memiliki dua suku kata yaitu limited dan edition. Limited adalah kata sifat yang berarti terbatas sedangkan edition adalah kata benda yang berarti edisi. Sehingga dalam bahasa Indonesia berarti edisi terbatas.

Sedangkan secara terminologi limited edition adalah suatu produk yang produksinya sedikit dan dengan jumlah terbatas.

Barang yang masuk dalam istilah limited edition mengacu pada jumlah barang yang dipasarkan sehingga barang tersebut bisa dalam bentuk apapun bisa kendaraan, produk pakaian, kecantikan dan lain sebagainya.

Istilah lain dari Limited edition adalah collector’s edition, deluxe edition dan special edition. 

BACA JUGA : Apa Itu Arti Allowance? Pengertian, Jenis, Macam dan Manfaatnya

Pengertian Limited Edition Darai Berbagai Sumber

1. Dictionary Cambridge 

Limited edition adalah produk yang memiliki gaya yang sedikit berbeda dengan jenis yang biasa dan hanya diproduksi dalam jumlah kecil. 

Seandainya stok limited edition habis maka tidak akan diproduksi kembali dan limited edition bisa termasuk barang apapun tergantung keinginan produsen atau pabrik.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Limited edition adalah sebuah tanda yang digunakan oleh pabrik, pengusaha atau produsen untuk melabeli barang produksinya.

3. Merriam Webster

Limited edition adalah suatu produk yang di iklankan dan di koleksi dengan jumlah yang terbatas dan tergolong kecil.

Sejarah Singkat Limited Edition

Berdasarkan catatan sejarah istilah limited edition sudah mulai muncul abad-18 melalui para seniman. Pada waktu itu para seniman membuat karya seni secara terbatas.

Edisi terbatas ini mereka tandai dengan tanda tangan dan nomer dari seniman tersebut sebagai bukti  bahwa produk tersebut hanya satu-satunya.

Di samping dunia kreatif, berbagai barang limited edition jugan menarik para investor. Misalnya pada taun 2018 ada sebuah wiski dan anggur dengan jumlah terbatas.

BACA JUGA : 5 Cara Membuat Perencanaan Usaha dan Contohnya

Wiski langka yang terbuat sejak tahun 1926 tersebut mampu terjual dengan harga kurang lebih 21 miliar atau kira-kira 1,5 juta dolar Amerika Serikat. 

Nah! pada akhirnya seandainya sahabat mudabicara berbelanja ke Mall atau lihat di marketplace produk yang berlabelkan limited Edition berarti produk tersebut produksinya dengan jumlah terbatas.

Limited Edition Sebagai Strategi Bisnis

Limited Edition sering juga sebagai strategi marketing untuk meningkatkan branding produk. Branding sendiri berarti sebuah aktifitas komunikasi perusahaan, individu, organisasi atau siapa pun untuk mengenalkan sebuah merek.

Tujuan dari branding adalah untuk membuat citra dan opini publik yang baik kepada konsumen, rekan bisnis dan pihak terkait.

Strategi bisnis untuk mengenalkan produk terbaru ini biasanya mengunakan istilah limited edition.

Hal ini bertujuan agar orang tertarik dan penasaran sehingga ingin membeli barang dengan cepat karena ingin mengoleksinya.

Salah satu contoh strategi marketing limeted editon adalah Bank Indonesia saat mengeluarkan uang pecahan 75.000 rupiah dengan jumlah terbatas.

Dengan kata limited edition ini banyak orang kemudian ingin mendapatkan uang pecahan tersebut sebagai bahan koleksi karena memiliki keistimewaan dan keunikan dari jumlah terbatas.

Strategi bisnis mengunakan istilah limited edition akan lebih berhasil ketika memiliki konsumen tetap atau pengemar. Misalnya promosi produk kendaraan dan produk pakaian dengan jumlah terbatas.

BACA JUGA : Apa Itu Assessment? Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Tujuanya

Maka para konsumen militan akan tetap membelinya walaupun dengan harga yang mahal dan waktu yang terbatas untuk mendapatkannya.

Menciptakan rasa kelangkaan agar para konsumen merasa barang miliknya adalah barang yang istimewa dan produk eksklusif.

Dilansir dari nvestopedia, para investor selalu mencari aset langka dengan jumlah terbatas sebab akan mereka pasarkan ke pasar internasional sebagai aset alternatif. 

Lantas pertanyaanya apakah barang limited edition bisa produksi kembali?

Jawabanya tergantung pada produsen, sebab biasanya para produsen melihat potensi pasar. Apabila permintaan besar bisa jadi akan diproduksi kembali.

Macam-MacaStrategi Pemasaran Produk

Dalam memasarkan sebuah produk banyak cara yang dilakukan oleh para produsen agar dapat menarik konsumen atau pembeli. Lebih lengkapnya berikut strategi pemasaran produk yang sering kita jumpai:

1. Strategi Pemasaran Teknologi

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, seorang produsen wajib mengetahui strategi pemasaran berbasis digital. Selain ada berbagai macam media sosial seperti facebook, intagram, tik tok dan twitter juga tersedia banyak marketplace.

Ada banyak keuntungan memakai strategi pemasaran teknologi yaitu jangkauan konsumen lebih luas, biaya murah dan target bisa ditentukan. Misalnya produk pakaian muslimah bisa menyasar ke generasi milenial dan mahasiswa.

Strategi pemasaran teknologi kini sudah familiar tidak hanya di Usaha Mikro Kecil dan Menengah namun juga sudah pada skala perusahaan.

2. Strategi Pemasaran Transaksional

Strategi pemasaran transaksional adalah strategi pemasaran tadisional yang paling sering kita jumpai. Kelebihan dari Strategi pemasaran transaksional ini konsumen merasa lebih puas karena penjual dan pembeli bisa bertemu langsung.

Selain itu pembeli bisa mengecek barang secara langsung atau dengan istilah ada uang ada barang.

Beragam cara pemasarannya bisa mengedarkan selebaran, memberikan diskon dan kupon bahkan sampai melakukan promosi  di berbagai acara masyarakat.

Tulisan Terkait: