7 Tips Membuka Usaha Laundry, Cara Kerja, Macam dan Strateginya

Enterpreneurship254 Dilihat

Mudabicara.com_ Usaha laundry menjadi salah satu peluang usaha yang cocok untuk anak muda dan milenial. Di tengah aktivitas kesibukan,  banyak orang tidak memiliki waktu mengurus pakaian mereka.

Meskipun sudah ada teknologi mengunakan mesin cuci namun pekerjaan mencuci bukanlah pekerjaan yang mudah sebab memerlukan perhatian lebih.

Nah! bagi kalian yang ingin membuka usaha laundry maka tepat sekali membaca artikel ini. Penasarankan bagaimana cara membuka usaha laundry, simak ulasan berikut sampai tuntasnya.

Baca Juga : Apa itu Arti Limited Edition? Pengertian dan Strateginya

7 Tips Membuka Usaha Laundry

Usaha Lundry

Membuka usaha laundry memang susah-susah gampang namun dengan menjalankan 7 tips versi mudabicara usaha laundry kalian akan moncar, berikut tips jitu ala mudabicara.

1. Memilih Branding Nama Usaha

Salah satu yang paling menarik sekaligus menentukan dalam memulai bisnis adalah menentukan nama usaha. Tentu nama usaha laundry kalian harus unik dan menarik.

Selain mudah diingat, nama usaha harus jelas sehingga branding yang kalian bangun akan memiliki target yang tepat dan jelas.

2. Membuat Logo Usaha

Langkah selanjutnya adalah membuat logo usaha. Bila kalian tidak memiliki kemampuan desain alangkah lebih baik untuk menyerahkan urusan logo kepada pihak ketiga.

Kini banyak jasa terkait pembuatan logo yang masih terjangkau dengan kualitas yang mumpuni dan elegan. Tugas kalian hanya memberi deskripsi tentang usaha laundry yang kalian inginkan.

Baca Juga : Apa itu Arti Efek Compounding? Pengertian dan Strategi Investasinya

3. Membuat Business Plan

Membuat business plan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan lebih. Dalam proses ini kalian harus mempunyai gambaran yang utuh tentang rencana bisnis yang ingin kalian jalankan.

Beberapa hal yang perlu dicatat adalah peralatan yang akan dipakai, biaya operasional, tarif laundry, strategi pemasaran dan terakhir target yang akan kalian capai.

4. Memilih Lokasi Usaha

Bagian yang tak kalah penting adalah menentukan lokasi usaha, pastikan tempat usaha laundry adalah tempat strategis dan kiranya orang-orang yang tinggal di tempat membutuhkan jasa laundry.

Misalnya tempat strategis seperti wilayah dekat kampus, kantor dan pabrik yang kiranya kesibukan membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian.

Selain perkara lokasi usaha kalian harus memiliki jasa yang menarik dibandingkan kompetitor, misalnya dengan membuat paket laundry antar jemput kepada pelanggan.

5. Membeli Peralatan Secara Efektif

Dalam proses membeli peralatan kalian harus selektif agar modal yang dikeluar efisien. Peralatan primer dalam usaha laundry adalah mesin cuci, setlika, detergen dan pewangi. Peralatan sekunder antara lain plastik kemasan, keranjang, timbangan, alat jemur.

Cukup siapkan beberapa hal di atas, seandainya ada kekurangan lengkapi sambil jalan saat usaha sudah beroperasi.

6. Membuat Surat Izin Usaha

Meskipun dalam beberapa kasus banyak pengusaha laundry tidak memiliki surat izin namun alangkah lebih baik kalian memiliki surat izin usaha agar tidak mendapatkan masalah di kemudian hari.

Membuat surat izin usaha cukup mudah cukup datangi instansi terkait dan lengkap berkas maka SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan SITU (Surat Izin Tempat Usaha) sudah siap.

Selain itu, pastikan usaha laundrymu tidak mengangu lingkungan sekitar namun jika usahamu dalam kapasitas industri maka kalian butuh mengurus juga surat Izin Pembuangan Air Limbah.

7. Membuat Strategi Marketing

Tahap terakhir setelah semua sudah siap maka lakukan strategi marketing yang tepat. Di era modern sudah banyak platform yang bisa digunakan untuk melakukan marketing salah tiganya intagram, facebook dan tiktok.

Baca Juga : Apa Itu Arti Allowance? Pengertian, Jenis, Macam dan Manfaatnya

Selain itu bisa juga melalui cara tradisional seperti membuat selembaran yang dibagikan di sekeliling tempat usaha atau tempat-tempat khusus seperti kampus dan lain sebagainya.

Macam-Macam Usaha Laundry

Ada macam-macam usaha laundry yang dapat menjadi referensi sahabat mudabicara sekalian antara lain.

1. Laundry Industri

Laundry industri adalah usaha laundry dengan kapasitas yang besar. Biasanya laundry ini mengunakan memiliki kerjasama tetap misalnya rumah sakit, hotel dan beberapa instansi lainnya.

2. Laundry Kiloan

Laundry kiloan merupakan salah satu usaha laundry yang umum kita jumpai. Usaha laundry ini termasuk usaha kecil menengah yang banyak orang jalankan.

Hanya dengan modal kurang lebih 3 mesin cuci kalian sudah bisa membuka usaha laundry kiloan. Tarif pembayaran berdasarkan berapa kilo berat pakaian.

Model usaha laundry ini cocok untuk kalian yang ingin buka di dekat kampus, perumahan dan kawasan-kawasan kos-kosan karyawan pabrik. Namun pastikan terlebih dahulu tarif kiloan yang kira-kira sama dengan kompetitor lainnya.

3. Laundry Retail

Usaha laundry retail biasanya memiliki keahlian khusus dalam hal penanganan membersihkan pakaian. Biasanya jumlah perlatan dan mesin cuci pun lebih banyak dari pada usaha laundry kiloan.

Oleh karena itu, usaha laundry retail berada diberbagai kota karena biasanya mereka berbentuk franchise.

Sebagai contoh jika ada pelanggan yang memiliki pakaian dengan noda yang sulit dihilangkan, usaha laundry retail memiliki keahlian khusus dalam hal menghilangkan noda.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Perencanaan Usaha dan Contohnya

4. Laundry Koin

Pada prinsipnya usaha laundry koin adalah salah satu usaha laundry dengan konsep self-service. Cara kerjanya adalah pelanggan mencuci sendiri pakaian mereka dengan memasukan koin pada mesin cuci.

Usaha laundry koin membutuhkan modal yang relatif besar sebab kalian haru membeli mesin cuci dalam jumlah yang banyak.

Namun beberapa keuntungan dari model usaha laundry kiloan adalah kalian bisa menjual kebutuhan laundry lainnya seperti pewangi, detergen dan kantong laundry.

Dalam konteks manajemen kalian tidak memerlukan banyak karyawan. hal yang penting hanya pada maintenance mesin cuci saja.

Strategi Pemasaran Usaha Laundry

Usaha Laundry

1. Pelayanan Cepat dan Tepat Waktu

Pelayanan yang cepat dan tepat waktu tentu menjadi salah satu prinsip pengusaha laundry. Pastikan pakaian ready sesuai kesepakatan saat laundryan masuk.

Jangan membiarkan pelanggan menunggu pakaian mereka sebab siapa tahu pakaian tersebut penting dan akan segera mereka pakai.

2. Paket Antar Jemput

Di era digital seperti sekarang ini paket jasa jemput menjadi salah satu strategi jemput bola dalam usaha laundry.

Kalian memberi paket antar jemput dengan mengambil pakaian dari rumah konsumen dan setelah selesai proses pengerjaan laundry diantarkan kembali kepala kepada konsumen.

Selain memudahkan pelanggan, strategi ini kiranya lebih efektif dalam hal menambah omset usaha laundry kalian.

3. Harga Bersaing

Salah satu cara penentuan harga adalah dengan cara melakukan observasi dulu terhadap harga-harga yang dipasang oleh kompetitor.

Baca Juga : Apa Perbedaan FIFO dan LIFO, Ini Penjelasannya

Pastikan harga kalian bersaing tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah yang penting dapat menutup biaya operasional dan kalian masih mendapatkan marjin keuntungan.

4. Pilih Tempat Usaha Strategis

Bebebrapa tempat yang memiliki permintaan laundry tinggi adalah wilayah-wilayah yang dekat dengan universitas, perumahan dan kos-kosan karyawan. Selain faktor kesibukan mereka cenderung mengunakan jasa laundry dalam urusan mencuci pakaian.

5. Perawatan Mesin Secara Berkala

Guna menghindari kerugian karena harus membeli mesin cuci baru pastikan melakukan perawatan mesin secara berkala. Hal tersebut bertujuan agar kalian memiliki mesin yang awet dan tidak cepat rusak.

6. Promosi Dan Promo

Salah satu cara agar menarik pelanggan adalah dengan memberikan kupon setiap melakukan laundry. Misalnya dengan 10 kupon maka akan gratis mencuci 2 kilogram.

Selain itu bisa juga dengan promo pada waktu tertentu misalnya pada saat hari pahlawan, hari kemerdekaan atau lain sebagainya.

Nah1 sekian trik dan tips usaha laundry kali ini, apakah kalain berminat, selamat mencoba!

Tulisan Terkait: