7 Cara Memilih Jasa Pengiriman Antar Pulau: Utamakan Yang Cepat

Enterpreneurship291 Dilihat

Mudabicara.com_ Cara memilih jasa pengiriman bukan persoalan yang mudah, di era disrupsi seperti ini banyak terjadi perubahan mendasar dalam kehidupan bisnis terutama jasa pengiriman barang.

Dengan beralihnya dunia bisnis ke digital banyak sekali pola bisnis konvesional mengalami perubahan secara radikal. Bisnis yang dulu harus serba fisik kini secara perlahan dan masif berpindah ke dunia digital.

Selain perpindahan fundamental bisnis menuju digital, kini muncul berbagai bisnis yang dulunya sudah mulai lesu, kini menemukan pasarnya kembali, bisnis tersebut adalah bisnis jasa pengiriman.

Baca Juga : 7 Tips Membuka Usaha Laundry, Cara Kerja, Macam dan Strateginya

Namun dengan menjamurnya jasa pengiriman barang kita harus jeli terkait cara memilih jasa pengiriman

Nah! kali ini mudabicara akan mengulas artikel tentang 7 cara memilih jasa pengiriman antar kota dengan tepat. Bagi kalian yang memiliki bisnis online silahkan baca artikel ini dengan cermat, berikut ulasanya.

7 Tips Cara Memilih Jasa Pengiriman Antar Pulau

Cara Memilih Jasa Pengiriman

Sebagai pembisnis online hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah persoalan ketepatan dan kecepatan dalam melayani konsumen.

Oleh karena itu, sebagai pembisnis perlu memilih dan memastikan jasa pengiriman dengan tepat agar konsumen tidak kecewa dan melakukan order kembali.

Beberapa jasa pengiriman antar pulau yang memiliki akses cepat versi mudabicara salah satunya adalah jasa ekspedisi Surabaya Palu namun untuk lebih lengkapnya simak tips dan trik berikut.

1. Pilih Biaya Pengiriman Yang Logic

Pilih biaya pengiriman yang logic menjadi salah satu faktor penting sebab hal tersebut akan mempengaruhi  keputusan konsumen dalam membeli produk kita.

Beberapa kasus konsumen tidak jadi membeli produk karena biaya pengiriman lebih mahal dari pada jumlah total biaya pembelian barang.

Oleh karena itu, sebagai pembisnis online kalian harus memiliki referensi berbagai jasa pengiriman baik kelebihan, kekurangan dan utamanya biaya.

Hal tersebut bertujuan agar konsumen dapat memilih sesuai keinginan dengan budget dan waktu pengiriman yang mereka inginkan.

2. Memberi Informasi Daftar Jasa Pengiriman

Dalam menjalankan bisnis biasanya jasa pengiriman memberikan informasi beberapa paket pengiriman mulai dari harga dan durasi waktu.

Informasi daftar harga dan durasi waktu tersebut akan memudahkan konsumen dalam menyesuaikan budget. Selain itu dengan daftar informasi pengiriman juga akan memberikan kesan positif bagi pelanggan.

Bila pengiriman dalam jumlah besar dan keluar pulau, kalian harus menyiapkan beberapa informasi terkait dengan jasa pengiriman cargo. Salah jasa pengiriman yang mungkin jadi referensi informasi salah satunya bisa melalui Jasa Cargo Surabaya Palu. 

Baca Juga : Apa itu Arti Limited Edition? Pengertian dan Strateginya

3. Pastikan Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu menjadi salah satu faktor penting dalam jasa pengiriman apalagi dalam pengiriman antar pulau. Pastikan jasa pengiriman yang menjadi mitra bisnis online kalian memiliki ketepatan waktu yang jelas.

Salah satu cara melihat jasa pengiriman ini baik atau tidak dengan melihat review dan rating mereka dalam web, selain itu juga bisa dililhat dari track record.

Apabila belum yakin dengan cara di atas kalian bisa mengali informasi dari teman sesama pembisnis online terkait pengalaman mereka memakai jasa pengiriman.

4. Pastikan Keamanan 

Selain ketepatan dan kecepatan salah satu hal yang perlu kalian perhatikan terkait jasa pengiriman adalah persoalan keamanan.

Sebab beberapa kejadian barang sampai ditangan konsumen dalam keadaan rusak padahal kesalahan bukan pada penjual namun di jasa pengiriman.

Namun konsumen biasanya tidak mau mengerti soal itu, yang pasti mereka ingin menerima barang sesuai yang mereka inginkan diawal. Imbasnya tentu terhadap bisnis kita yang akan mendapat review jelek dari pelanggan.

5. Membangun Mitra Dengan Jasa Pengiriman

Sebagai pembisnis kalian harus memiliki jiwa adaptif dan kolaboratif sebab pembisnis online dan pembisnis jasa pengiriman adalah dua entitas yang harus bekerjasama sebab saling menguntungkan.

Pembisnis online dipermudah dengan adanya jasa pengiriman yang tepat, cepat dan aman, begitupaun pembisnis jasa pengiriman mendapatkan keuntungan dari barang-barang yang mereka kirim.

Namun tujuan utama dari simbiosis mutualisme itu adalah kepuasan konsumen atau pembeli.

Tentu dengan barang yang lebih cepat sampai, kualitas barang aman serta konsumen dapat berbelanja dengan nyaman akan membuat mereka kembali melakukan pembelian kembali.

6. Pastikan Dapat Dilacak Secara Real-time

Diberbagai kasus para pembisnis online mendapatkan komplain dari konsumen gara-gara barang pembelian mereka tidak cepat sampai.

Untuk mengatasi hal tersebut penting bagi kalian memastikan jasa pengiriman yang kalian gunakan dapat dilacak secara real time.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Perencanaan Usaha dan Contohnya

Selain itu pastikan juga jasa pengiriman tersebut memberikan update secara berkala terkait proses pengiriman barang agar konsumen pun secara mandiri dapat melacaknya.

Sebab pada dasarnya  konsemun selalu ingin mengetahui bagaimana proses pengiriman barang, sudah sampai mana dan kapan perkiraan sampai.

7. Pastikan Coounter Tersedia Jasa Pangiriman Ada di Kota Tujuan

Ada beberapa jasa pengiriman yang belum tersedia di beberapa kota sehingga kalian sebagai konsumen harus memastikan alamat kota tujuan secara detail.

Apalagi ke dareah Indonesia timur yang memiliki banyak pulau-pulau kadang jasa pengiriman hanya ada di pusat kota sehingga untuk mencapai tempat tujuan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sekian sahabat muda 7 tips singkat cara memilih jasa pengiriman dengan tepat, semoga bisnis kalian semakin sukses.

 

Tulisan Terkait: