Adakan Kegiatan Respon Pasca Bencana, Turun Tangan Jakarta Prioritaskan Daerah Terisolir

Sosial276 Dilihat

Mudabicara.com_ Turun Tangan Jakarta mengadakan kegiatan respon pasca bencana untuk korban Gempa Bumi di Pasir Cau Kulon, Desa Sukaja Kecamatan Cugenang pada Sabtu 10-11 Desember 2022 di Cianjur.

Kegiatan bakti sosial respon pasca bencana ini bertujuan untuk  memberikan penyembuhan trauma, pelayanan kesehatan dan penyaluran obat-obatan serta bantuan guna pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat pasca bencana.

Andhika Azhar selaku kordinator Turun Tangan Jakarta mengatakan kegiatan penyaluran bantuan dan psikososial diawali dengan melakukan assessment di berbagai posko pengusian yang tersebar di beberapa kecamatan.

Baca Juga : 10 Letusan Gunung Berapi Dunia Yang Paling Mematikan, Ini Penjelasannya!

“Kami awali kegiatan di Cianjur dengan melakukan assessment terlebih dahulu agar penyaluran bantuan tepat sasaran, selain itu kami dari Turun Tangan Jakarta ingin tahu terkait kebutuhan mendesak apa yang benar-benar dibutuhkan” Kata Andhika.

Lebih lanjut, Andhika mengatakan pasca terjadi gempa bumi berbagai bantuan donasi pun berdatangan kepada penyintas dari berbagai instansi akan tetapi penyaluran tersebut belum merata ke seluruh lokasi yang terdampak bencana.

Berdasarkan hasil assessment Desa Sukaja khususnya Pasir Cau Kulon menjadi pilihan TurunTangan Jakarta dalam melakukan kegaiatan bakti sosial.

Hal tersebut dikarenakan lokasi ini memiliki akses  yang sulit serta dikelilingi lahan sawah sehingga mengakibatkan bantuan susah masuk. Selain itu, mobil dan alat berat pun tak bisa membantu merelokasi puing-puing bangunan yang rusak.

“Kami mencatat Kampung Pasir Cau Kulon, Desa Sukaja Kecamatan Cugenang terdapat 56 KK yang terdiri dari 155 jiwa dengan kelompok rentan yang berjumlah 3 bayi, 9 balita, 50 anak-anbak, 2 ibu hamil dan 12 lansia yang belum mandapat bantuan” tambah Andhika

Adapun kegiatan TurunTangan Jakarta antara lain mengadakan dapur nutrisi untuk memberikan susu dan jus buah kepada seluruh penyintas baik dewasa maupun anak-anak.

Selanjutnya kegiatan sosialisasi tas siaga bencana guna memberikan mitigasi kepada masyarakat agar mereka siap untuk bertahan hidup saat bantuan belum datang dan memudahkan mereka saat evakuasi menuju tempat aman jika terjadi gempa susulan.

Baca Juga : Peringati Maulid Nabi, Relawan TurunTangan Aceh Utara Adakan Penyerahan Beasiswa

Terakhir kegiatan respon pasca bencana ditutup dengan kegiatan mengaji dan belajar bersama setelah menunaikan ibadah shalat maghrib.

“Alhamdulilah kegiatan berjalan lancar, semoga dengan adanya kegiatan dari teman-teman Relawan TurunTangan Jakarta sekirantya dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana Gempa Bumi, tentu masih banyak yang perlu dilakukan semoga pemerintah dan pihak terkait segera menjangkau dan memperhatikan lokasi ini” Pungkas Andhika

Sekedar informasi TurunTangan adalah inkubasi kepemimpinan pemuda melalui gerakan sosial kerelawanan yang berupaya mendorong setiap orang untuk melatih jiwa pemimpin di dalam diri dengan menggerakkan muda-mudi untuk bersama-sama menyelesaikan problematika sosial.

 

 

 

 

 

Tulisan Terkait: