Bacaan Sholawat Fatih: Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Budaya813 Dilihat

Mudabicara.com_ Sholawat fatih merupakan salah satu sholawat kepada nabi Muhammad SAW. Sholawat ini sering dibaca sebagai wujud rasa cinta dan pujian umat islam kepada Rasullah SAW.

Sholawat ini diciptakan oleh keturunan Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq (mertua Nabi Muhammad SAW) bernama Sayyid Muhammad al-Bakri.

Sayyid Muhammad al-Bakri mengatakan sholawat fatih adalah sholawat pembuka pintu ‘arsy yang dapat mempermudah seorang muslim untuk masuk surga dan membantu menghapus dosa.

Baca Juga : Bacaan Sholawat Munjiyat: Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Selain itu sholawat fatih juga memiliki keutamaan bagi orang yang sering mengamalkan secara istiqomah yakni membuka jalan pintu rejeki. Lalu bagaimana teks sholawa fatih, berikut ulasannya:

Bacaan Sholawat Fatih Arab

Sholawat Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ

وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ

وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Bacan Sholawat Fatih Latin

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa,

Wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi,

Wal hādī ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca ‘shirātikal mustaqīm’).

Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Baca Juga : Bacaan Sholawat Nariyah: Arab, Latin, dan Manfaatnya

Arti Sholawat Fatih

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

Keutaman Membaca dan Mengamalkan Sholawat Fatih

Sayyid Muhammad al-Bakri mengatakan sholawat fatih dapat membuka pintu arsy dan pintu-pintu lainya seperti pintu keberkahan, kebaikan, rezeki terutama pintu mendapatkan syafaat Rasullah Saw.

Pentinya dan keutamaan sholawat tercantum dalam surat Al-Ahzab ayat 56 Allah SWT berfirman :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sungguh Allah Swt dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad Saw. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Baca Juga : Bacaan Sholawat Badar, Teks Arab, Latin Dan Artinya

1. Mendapat Keberkahan dan Kebaikan

Keutamaan membaca sholawat fatih pertama tak lain hanyalah ingin membuka pintu-pintu keberkahan dan kebaikan. Dalam hadist riwayat Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar, Rasulullah bersabda:

“Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah swt akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

4. Mendapat Umur Panjang dan Pahala Berlipat

Keutamaan membaca sholawat fatih kedua adalah mendapat umur panjang dan pahala berlipat. Sebagaimana Syekh Ahmad at-Tijany Ra berkata:

Keistimewaan sholawat al-Fatih sangat sulit di terima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah Swt yang tersembunyi. Seandainya ada 100.000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100,000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah Swt sampai 100,000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada nabi setiap hari 100.000x, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca sholawat al-Fatih 1 kali.”

3. Jauh Dari Api Neraka

Keutamaan membaca sholawat fatih ketiga adalah jauh dari api neraka. Sebagaimana pencinta sholawat Sayyid Muhammad al-Bakri berkata:

Barang siapa membaca sholawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Saw dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah.”

Baca Juga : Bacaan Sholawat Tarhim, Teks Arab, Latin dan Artinya

2. Mendapat Ampunan Dosa

Keutamaan membaca Sholawat fatih keempat adalah mendapatkan ampunan dosa dari Allah Swt. Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil, Rasulullah bersabda:

“Wahai Abu Kahil, siapa yang bershalawat untukku saban hari tiga kali dan saban malam tiga kali karena cinta dan rindu kepadaku, sungguh Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu.”

5. Meraih Kedamaian dan Menghilangkan Keresehan

Keutamaan membaca sholawat fatih terakhir adalah untuk mendapatkan kedamaian dan menghilangkan keresahan. Orang yang membaca sholawat fatih dengan istiqomah maka insyallah akan mendapatkan ketenangan dalam menjalani hidup.

Sekian penjelasan mengenai sholawat fatih dan keutamaannya, terima kasih karena telah mengunjungi portal website mudabicara. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini. Terimakasih

Tulisan Terkait: