Mudabicara.com_ Merayakan kemerdekaan di tengah pandemi tentu bukan perkara mudah sebab kemerdekaan Indonesia tinggal dua hari lagi. Biasanya  Hari Ulang Tahun Kemerdekaan di rayakan dengan lomba-lomba tradisional. Misalnya Panjat Pinang, balap karung, lomba makan krupuk, memasukan paku dalam botol, karnaval budaya, sampai pada kompetisi sepak bola dan bola voli antar warga.

Namun tahun ini berbeda, pandemi membuat segala jenis perlombaan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan menularkan virus Covid-19 di larang.

Baca Juga : Pemuda Harus Tahu ini Isi Pidato Presiden Jokowi 

Tapi jangan khawatir berikut lomba yang aman di masa pandemi versi mudabicara:

1. Membuat Karya Video Ucapan Kemerdekaan di Youtobe   

Para pemuda yang sering kita sebut kaum milenial tentu sudah familiar dengan teknologi apalagi dengan platform Youtube. Kesukaan mereka dengan Youtube dapat kita gunakan untuk membuat perlombaan video.

Peserta dapat berekplorasi ide dan gagasan mereka dalam memaknai arti kemerdekaan melalui video

2. Membuat Karya Tulis dengan tema “Kemerdekaan” 

Karya tulis menjadi pilihan selanjutnya sebab karya tulis dapat dilakukan dengan tidak menimbulkan kerumunan. Sasaran peserta lomba karya tulis ialah mereka yang sudah  Sekolah Menengah Atas atau Mahasiswa.

Lomba karya tulis dapat memberi semangat kepada para pemuda untuk tetap membaca agar karya tulis yang di hasilkan berkualitas.

3. Desain Grafis yang di unggah di Platform Intagram 

Lomba desain merupakan kegiatan yang mudah sebab bisa dilakukan dimana pun tanpa mengundang keramaian. Peserta dapat mengunakan perangkat eloktroniknya masih-masing dan mengekpresikan arti kemerdekaan dalam bentuk desain grafis.

Desain Kemudian di unggah di Intagram dengan hastag sesuai yang di inginkan panitia perlombaan.

merayakan kemerdekaan
Desain kemerdekaan

4. Video Arti Kemerdekaan di  Tik Tok 

Tik Tok menjadi platform yang ramai di gunakan akhir-akhir ini. Kesukaan para pemuda dalam membuat video singkat menjadi Tik Tok  sangat di gemari. Meskipun Platform Tik Tok sempat di larang di Indonesia namun Tik tok kembali di izinkan.

Fenomena ini dapat di gunakan sebagai wadah perlombaan untuk memperingati kemerdekaan. Perserta dapat membuat video keatif dalam bentuk gerakan, misalnya senam, menari atau yang lain.

5. Fotografi Bendera Merah Putih 

Sebagaimana biasanya bendera merah putih selalu di kibarkan di depan rumah saat memasuki bulan Agustus. Sehingga bendera merah putih yang di kibarkan depan rumah dapat di jadikan obyek fotografi.

Peserta dapat memfoto memalui handphonenya masing-masing. Foto terunik dan fotogenik itulah yang dapat juara.

Kemerdekaan tetap kita rayakan dengan suka cita di tengah pandemi. selamat mencoba!