Tips 6 Cara Merawat Mobil Dengan Mudah Dan Hemat

Tips dan Trik261 Dilihat

Mudabicara.com_ Memiliki mobil pribadi merupakan idaman bagi setiap orang tak terkecuali sahabat mudabicara. Syarat untuk memiliki mobil juga gak harus mengerti tentang mesin dan komponen-komponennya.

Sahabat mudabicara cukup dengan tabungan uang, pergi ke dealer kemudian memilih mobil yang sesuai tabungan maka dipastikan mobil parkir ke garasi rumah. Mudah bukan!, heheh

Nah!, Jika sahabat mudabicara sudah memiliki mobil maka harus mengerti 6 cara merawat mobil dengan mudah dan hemat. Saran mimin bagi pemula yang belum terlalu mengerti tentang mobil baiknya datang saja ke bengkel mobil jogja.

Bengkel yang super unik dengan mekanikĀ  kece dan profesional serta fasilitas dan alat memadai sekaligus bebas konsultasi. Namun demikian untuk pengetahuan pemula baca artikel cara merawat mobil ala mudabicara berikut ini ya!

BACA JUGA : Apa itu Struktur Organisasi Perusahaan? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

6 Cara Merawat Mobil Dengan Mudah

1. Panaskan Mobil Setiap Hari

Bila memiliki mobil dan jarang dipakai jangan lupa memanaskan mobil setiap hari. Dengan rutin memanaskan mobil akan menghindari adanya ganguan mesin dan membantu performa mesin lebih baik.Ā Selain itu dengan memanaskan mobil, oli akan mengalir merata pada ke seluruh lapisan mesin.

Untuk hasil yang maksimal meski tidak memakai mobil setiap hari, minimal dalam sebulan gunakan mobil sekali saja. Hal tersebut berguna untuk melihat kondisi mesin pada mobil sahabat mudabicara.

2. Cek Oli Mesin Berkala

Selain memanaskan mobil setiap hari langkah selanjutnya adalah sahabat mudabicara harus melakukan pergantian oli mesin secara rutin dan berkala.

Standart biasanya ganti oli akan dilakukan setelah mobil sudah selesai menempuh jarak kurang lebih 5 ribu KM. Sebenarnya untuk mengecek keadaan mobil apakah waktunya ganti oli atau belum cukup mudah.

Cukup hidupkan mesin mobil, cek apakah indikator oli sudah hidup, jika hidup maka mobilmu waktunya ganti oli.

3. Mencuci Mobil Secara Teratur

Mencuci mobil pun ada kaidahnya, jangan terlalu sering dan jangan terlalu jarang. Sebab bila terlalu sering mencuci, Ā mobil akan lembab dan mudah terkena jamur sehingga akan merusak cat.

Namun seandainya jarang mencuci mobil amak akibatnya noda-noda yang alam menempel akan membuat komponen-komponen mobil berkarat.

BACA JUGA : 7 Contoh Invoice Pembayaran, Jenis, Lengkap Bersama Contohnya

Jangan lupa gunakan shampo ketika mencuci mobil agar hasilnya maksimal dan dapat memercantik kendaraan sahabat mudabicara semua.

4. Cek Ban dan Tekanannya

Ban merupakan komponen penting untuk mobil dan menentukan faktor utama penentu keselamatan penumpangnya. Oleh karena itu memerhatikan keadaan dan kondisi Ban wajib hukumnya.

Jangan lupa juga belajar untuk mengunakan dogkrak sebab nanti tiba-tiba ban bocor di tengah jalan gak bisa menganti ban mobil. Masa iya minta bantuan orang lain.Ā  Jadi memerhatikan ban adalah salah satu cara merawat mobil dengan baik.

5. Merawat aki

Pertama yang perlu dipahami adalah ada dua tipe jenis tipe mobil yakni aki basah dan aki kering.

Beberapa montir berpendapat aki basah lebih awet namun perawatannya membutuhkan perhatian lebih dan sedikit merepotkan. Misalnya sahabat mudabicara harus sering-sering menganti cairan elektrolitnya secara rutin dan berkala.

Sedangkan dengan aki kering, gak perlu mengisi cairan elektrolit namun masa pakainya maksimal cuma dalam kurun waktu setahun.

Pada prinsipnya mobil akan terawat dengan baik asalkan tidak di panaskan berhari-hari dan apabila starter terasa tidak nyaman maka segeralah bawa ke bengkel mobil terdekat.

6. Servis Mobil Sesuai Jadwal

Sebagai penguna mobil sahabat mudabicara tidak boleh asal-asalan berkaitan dengan servis. Servis mobil harus dilakukan sesuai dengan Jadwal yang sudah ada.

Jangan pernah menganggap remeh waktu yang sudah di atur oleh bengkel sebab nanti bisa berakibat fatal, misalnya dengan biaya servis yang membengkak karena banyak komponen-komponen yang perlu diganti.

Nah, jika sahabat mudabicara melakukan enam cara merawat mobil tersebut tentu akan membuat mobil lebih nyaman dan aman.Ā Jangan sampai lupa dengan enam hal tersebutnyta, semoga mobil sahabat mudabicara tetap prima dan primadona.

 

 

 

 

Tulisan Terkait: