Apa itu Struktur Organisasi Perusahaan? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Enterpreneurship227 Dilihat

Mudabicara.com_Ā Struktur organisasi perusahaan merupakan bagian penting dari tumbuh dan berkembangnya sebuah perusahaan. Selain menjadi akar dan pondasi kokohnya perusahaan, struktur organisasi perusahaan akan menjadi tolak ukur sehat dan tidaknya perusahaan.

Dalam menjalankan bisnis, struktur organisasi perusahaan menjadi acuan para karyawan terkait peran dan fungsinya dalam pekerjaan.

Nah! untuk lebih memahami apa itu struktur organisasi perusahaan, kini mudabicara akan membahasnya, lebih lanjut simak beberepa informasi penting berikut ini.

BACA JUGA : Apa itu SOP? Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Apa itu Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan merupakan suatu tatanan bertingkat yang mengambarkan tentang kedudukan, hak, kewajiban dan fungsi dari setiap orang yang ada di dalam perusahaan.

Dalam tatanan tersebut ada pembagian tugas dan peran setiap personal berdasarkan pada posisi jabatannya. Susunan berbagai macam posisi dan jabatannya ini tersusun dengan sistematis dan terstuktur sehingga mudah difahami oleh semua orang.

Bentuk gambarnya seperti bagan dengan garis hierarki yang berisi penjelasan tentang komposisi dan komponen perusahaan. Tujuannya agar setiap orang akan memahami tupoksi kerjanya masing-masing dengan mudah.

Ilustasi Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan

Tujuan adanya bagan struktur agar orang dengan mudah melihat tugas dan peran sekaligus memahami tentang kepada siapa individu bertanggung jawab terhadapĀ  pekerjaaannya.

Selain itu struktur organisasi akan membantu seseorang individu berkerja sesuai dengan kemampuan dan keahlianya sehingga memaksimalkan tercapainya target dari peusahaan yang sudah ditentukan.

Ilustasri di atas merupakan salah satu contoh bagan struktur organisasi perusahaan dimana di bagian paling atas terdapat Chief Executive Officer (CEO) atau lebih kita kenal dengan direktur utama. Pada level ini orang sering menyebutnya dengan top level management.Ā 

BACA JUGA : Apa itu On the Job Training? Pengertian, Bentuk, Tujuan dan Manfaatnya

Kemudian di bawahnya terdapat berbagai posisi, misalnya kepala divisi, manager dan lain sebagainya yang memiliki peran dan tugas membimbing, mengarahkan hingga memimpin para karyawan di posisi bawahnya. Pada level ini orang sering menyebutnya middle level management.

Posisi di bawah middle level management adalah lower level management. Pada posisilower level management biasanya di isi oleh pekerja dengan keahlian dan kemampuan masing-masing sesuai dengan peran, tugas dan fungsi kerjanya.

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan

1. Menjelaskan Tugas dan Wewenang

Salah satu fungsi dari struktur organisasi adalah untuk menjelaskan tugas dan wewenang setiap individu dalam perusahaan. Dengan struktur organisasi yang jelas maka proses pengawasan atasan atas bawahan akan lebih mudah.

Proses kontroling pun akan lebih terjaga sehingga sesam rekan kerja dapat menyelesaikan pekerjaan masing-masing dengan masksimal.

Selian pengawasan dan kontroling, struktur organisasi akan membantu terbangunnya sinergi dan kolaborasi antar divisi dalam satu perusahaan.

2. Menjelaskan Peran Setiap Individu dalam Perusahaan

Struktur organisasi berfungsi untuk menjelaskan peran setiap individu dalam perusahaan. Maksud dari peran individu adalah setiap personal karyawan memiliki keahlian dan kemampuan masing-masing yang tentu sesuai dengan bidang pekerjaan dalam perusahaan.

Selain itu, dengan adanya struktur organisasi akan membuat para pekerja mudah mencari informasi karena fungsi, peran dan tanggung jawanya sudah tertera dengan jelas.Ā Di samping itu, struktur organisasi membantu para karyawan meminimalisir kesalahan dalam berkomunikasi.

BACA JUGA : Apa Itu Assessment? Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Tujuanya

3. Memudahkan Dalam Hubungan Kinerja

Struktur organisasi berfungsi untuk memudahkan memahami hubungan kerja antar karyawan. Dengan memahami alur kerja maka akan memudahkan para karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Selian itu, kontribusi dan produktifitas kerja semakin tinggi sebab para para karyawan tahu dengan siapa mereka harus menjalin komunikasi dan sinergi.

Manfaat-Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

1. Meminimalisir Kesalahan

Dengan adanya struktur organisasi yang jelas akan membuat para karyawan mengetahui tupoksi kerja masing-masing individu. Oleh karena itu, para karyawan tidak akan keluar dari batas-batas tugas dan kerjaannya.

2. Adanya Sinergi dan Kolaborasi

Struktur Organisasi perusahaan akan membuat para karyawan menjalin sintergi dan kolaborasi. Hal itu disebabkan karena masing-masing individu memiliki pengetahuan tentang fungsi dan perannya dengan baik.

Tentu effek positifnya adalah pekerjaan akan cepat selesai, target perusahaan akan terkejar secara maksimal sebab orang-orang mengetahui pembagian tugas dengan baik.

3. Membangun Loyalitas Kerja

Manfaat lain dari adanya struktur organisasi adalah tumbuhnya loyalitas kerja dari para karyawan sebab mengetahui adanya jenjang karir yang mereka ketahui dari struktur organisasi.

Selain itu, para karyawan akan fokus dan tanggung jawab pada pekerjaan masing-masing karena mengetahui apa yang menjadi pekerjaan mereka. Hasil akhirnya loyalitas akan melahirkan produktifitas kerja yang tinggi.

BACA JUGA : Apa Perbedaan Public Relations Dan Corporate Communication? Ā 

4. Effisiensi Operasional

Salah satu keuntungan lain adalah sistem operasional kerja menjadi lebih efisien. Hal tersebut karena struktur organisasi yang jelas akan membantu para karyawan memahami tupoksi kerjanya masing-masing.

5. Meminimalisir KonflikĀ 

Dalam dunia kerja kadang banyak sekali konflik yang terjadi antar karyawan karena bersaing memberikan performa terbaik demi tujuan tertentu. Tak jarang mereka merasa paling berperan dalam suatu pekerjaan.

Hal tersebut tentu mengisyaratkan belum adanya struktur organisasi perusahaan yang jelas sehingga terjadi tumpang tindih fungsi dan peran dalam perusahaan.

Semestinya dengan adanya struktur organisasi para karyawan akan mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya dan tidak keluar dari garis koridor tersebut.

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan

1. CEO/Direktur Utama

Pada posisi top level management ada namanya CEO atau Direktur Utama. Posisi ini adalah posisi tertinggi dalam struktur perushaan sehingga memiliki tugas dan wewenang yang luas.

Selain itu, para petinggi ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membawa perusahaan lebih maju dan berkembang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.Ā Segala bentuk keputusan dan kebijakan perusahaan ada di tangan para petinggi yang ada di top level management.Ā 

2. Manajer

Pada posisi middle level management ada namanya manager. Manager adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan membimbing para karyawan yang menjadi bawahannya untuk memenuhi tuntutan kerja.

Biasanya posisi manajer berada di bawah direksi dan memiliki tugas untuk membimbing para karyawan sekaligus penyambung lindah karyawan kepada para pimpinan perusahaan yang ada pada top level management.Ā 

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Ilmu Ekonomi Untuk Anak Muda

3. Divisi-Divisi

Pada posisi selanjutnya adalah divisi-divisi. Pada beberapa perusahaan divisi berarti departement-departement yang masing-masing memiliki fungsi dan perannya sesuai dengan kemampuan dan keahlian.

Mislanya divisi Corrporate Comunication yang betugas untuk menjalin komunikasi baik dengan pihak internal dan eksternal perusahaan. Komunikasi dengan eksternal perusahaan misalnya berkaitan dengan strategi pemasaran.

4. Office Boy, Administrasi dan Gudang

Pada posisi paling bawah terdapat Office Boy yaitu orang yang betugas untuk menjaga kebersihan tempat kerja. Kemudian ada administrasi yang bertugas mencatat sekaligus mengatur beberapa hal yang berhubungan dengan operasional perusahaan.Ā 

Terakhir gudang yang bertugas untuk menyimpan dan mendistribusikan segala kebutuhan perusahaan. Segala kebutuhan pengadaan, stok barang yang dibutuhkan perusahaan di pegang oleh orang yang memegang gudang.

Nah! sekian penjelasan mengenai Ā Struktur Organisasi Perusahaan, Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya. Semoga menjadi acuan sahabat mudabicara dalam membangun perusahaan yang baik di masa depan.

Dengan adanya Struktur Organisasi Perusahaan yang baik tentu menjadi investasi juga dalam menciptakan perusahaan yang menguntungkan. Tetap semangat sahabat mudabicara.

Tulisan Terkait: