7 Contoh Invoice Pembayaran, Jenis, Lengkap Bersama Contohnya

Enterpreneurship1249 Dilihat

Mudabicara.com_ Contoh invoice pembayaran memang diperlukan oleh pengusaha pemula sebab banyak yang belum mengerti tentang Invoice. Tak jarang juga sahabat mudabicara yang ingin merintis usaha pun belum mengetahui tentang faktur pembayaran atau invoice ini.

Selain sebagai acuan untuk tertib administrasi, Invoice juga salah satu bentuk profesionalisme bisnis dan kerja. Nah!  artikel kali ini ingin mengulas tentang 7 contoh invoice pembayaran, jenis dan contohnya. selengkapnya simak ulasan berikut ini:

Pengertian Invoice?

Invoice atau sering juga disebut faktur adalah sebuah dokumen komersial terperinci yang mencatat produk atau layanan yang dikirimkan kepada pelanggan, jumlah total yang harus dibayar, dan metode pembayaran yang disukai.

BACA JUGA : Apa itu On the Job Training? Pengertian, Bentuk, Tujuan dan Manfaatnya.

Dalam bisnis, invoice berguna untuk alat bukti tertulis tentang pernyataan tagihan dari penjual untuk para pembeli sekaligus bukti telah terjadi transaksi jual beli.

Beberapa hal yang tertuang dalam invoice antara lain daftar produk yang dibeli, nama pembeli, jumlah barang, nominal yang harus dibayar dan kuantitas barang.

Jenis-Jenis Invoice Pembayaran

Ada beberapa jenis invoice pembayaran antara lain sebagai berikut:

1. Invoice Konsuler

Invoice konsuler adalah dokumen yang mengesahkan pengiriman barang dan menunjukkan informasi seperti pengirim, penerima barang, dan nilai pengiriman.

Biasanya faktur pembayaran ini bersifat khusus sebab para pengunannya adalah para pedagang yang sudah berskala go internasional.

Pada praktek jual beli ekspor impor invoice konsuler menjadi salah satu dokumen penting meskipun Invoice konsuler bisa dikatakan dokumen resmi dan legal jikalau sudah disetujui kantor konsulat.

2. Invoice Proforma

Proforma Invoice adalah sebuah dokumen faktur yang diterbitkan oleh penjual atau pemasok kepada konsemun sebelum barang atau jasa dikirimkan. Invoice proforma bersifat sementara dan fungsinya adalah sebagai faktur pengganti.

Hal itu disebabkan oleh produk pesanan pelanggan dikirimkan secara bertahap dan invoice proforma akan digunakan sebagai  bukti pembayaran saat proses kirim dan traksaksi selesai.

Pengusaha yang pas mengunakan Invoice proforma  adalah para pengusaha yang bergerak di bidang distributor dan manufaktur.

3. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah sebuah dokumen faktur pembayaran yang digunakan dalam transaksi kecil yang sifatnya keseharian.

BACA JUGA : Apa itu SOP? Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Beberapa hal yang tertera dalam invoice biasa antara lain detail produk, jumlah produk, harga satuan produk,penjual, pembeli  dan harga total yang harus dibayarkan konsumen.

Komponen Pada Invoice Pembayaran

Beberapa hal yang wajib dalam invoice pembayaran antara lain:

1. Keterangan Pembelian

Keterangan pembelian adalah keterangan terkait pembeli. Misalnya nama, alamat rumah atau tempat usaha, alamat email, nomor telepon,, dan data-data lain untuk melakukan penagihan.

2. Keterangan Penjual

Keterangan penjula diletakkan pada bagian sisi paling atas dokumen invoice. Biasanya, keterangan yang muncul pada keterangan penjual adalah, logo perusahaan, nama, alamat, email, website dan kontak yang bisa dihubungi.

3. Isi Invoice

Komponen paling penting dalam bagian invoce pembayaran adalah Isi Invoice. Isi Invoice ini meliputi detail nama produk, Kuantitas pembelian atau pesanan, harga satuan, nominal total dan diskon, dengan catatan jika ada dan tak lupa Pph, Ppn kemudia terakhir harga total.

BACA JUGA : 10 Tips Untuk Mengubah Kebiasaan Lebih Baik

7 Contoh Invoice Pembayaran dan Contohnya

Sahabat muda bicara yang ingin menjadi pengusaha dan pelaku bisnis perlu memiliki kemampuan membuat invoice. Di samping alat bukti transaksi jual beli, invoice juga akan berguna untuk laporan keuangan.

Di Bawah ini ada 7 contoh invoice pembayaran yang perlu sahabat mudabicara pelajari, antara lain:

1. Invoice Travel

Travel adalah perusahaan yang menyediakan jasa perjalanan lengkap mulai dari akomodasi, tranportasi dan fasilitas pendukung lainnya.

Pasa umumnya agen travel melayani berbagai pemesanan tiket antara lain, tiket pesawat, kereta api, bus, mobil pribadi, kapal laut dan penyewaan kendaraan.

Dalam invoice travel nomor invoice digunakan sekaligus sebagai kode booking sehingga memuat beberapa hal mulai dari data pemesan, informasi pemesanan, pembayaran dan terakhir tanggal pembayaran.

Beberapa keuntungan dengan adanya invoice travel adalah mendapat informasu kengkap dan konsumen dapat memerikasa terlebih dahulu pemesananya sebelum melakukan pembayaran.

Berikut Contoh Invoice Travel :

contoh invoice travel

2. Invoice Jasa Desain

Di era digital seperti sekarang banyak orang membutuhkan jasa desain untuk kebutuhan visual bisnis, perusahaan dan kantor.Pada prakteknya, jasa desain umumnya menerima dulu uang muka sebelum melakukan pekerjaan tetapi ada sebagain yang melakukan pembayaran setelah pekerjaan desain selesai.

BACA JUGA : Manfaat Tanaman Jagung, Begini Cara mengolahnya

Hal itu di sebabkan dalam proses desain anda umpan balik dari konsumen untuk memberi masukan dan kritik tentang apa yang belum jelas dan perlu di revisi. Berikut contoh Invoice Jasa desain.

contoh invoice jasa desain

3. Invoice Toko Online

Hampir di era digital aktivitas jual beli terjadi di market place. Selain menawarkan kemudahan, belanja di toko online juga memberikan kesan efektif dan effisien. Namun apakah toko online juga membutuhkan invoice seperti toko offline.

Faktanya ada toko online juga membutuhkan invoice. Berbagai kasus banyak pembeli yang ingin bukti invoice dikirim melalui email untuk laporan. Berikut contoh invoice untuk Toko Online

contoh invoice toko online

4.  Faktur Pembayaran

Faktur pembayaran adalah jenis invoice yang sering kita lihat sehari-hari. Biasanya faktur diberikan setelah pelanggan memesan produk dan jasa.

Invoice ini berisi beberapa hal antara lain deskripsi pesanan, total harga, data pembeli, nomer pemesanan dan waktu. Dalam beberapa kasus faktur pembayaran juga menyedian metode pembayaran. Berikut contoh invoice faktur pembayaran.

contoh faktur pembayaran

5. Invoice Penjualan

Invoice penjualan adalah invoice yang berisi tentang data konsumen, detail produk jas, tanggal pemesanan, tanggal jatuh tempo dan harga.

Biasanya pihak perusahaan akan menyediakan nomor rekening agar konsumen dapat memiliki pilihan metode pembayaran dan tentu mempermudah. Berikut contoh invoice faktur pembayaran.

contoh invoice penjualan

6. Invoice Down Payment

Dalam transaksi dengan jumlah nominal besar biasanya penjual dan pembeli sepakat untuk melakukan pembayaran bertahap atau uang muka terlebih dahulu.

BACA JUGA : Wajib Tahu! 7 Rekomendasi Usaha untuk Enterprener Muda

Down payment adalah bukti keseriusan transaksi. Namun perlu menjadai catatan uang muka juga memerlukan invoice sebagai bukti pembayaran saat pelunasan.

contoh invoice down payment

7.  Invoice Tagihan

contoh faktur tagihan

Nah! sekian ulasan tentang 7 contoh invoice pembayaran kali ini, semoga menjadi pemantik para sahabat mudabicara untuk menjadi pengusaha muda sukses.  Sampai jumpa pada ulasan berikutnya!

Tulisan Terkait: