Mudabicara.com_Scimago Institutions Rankings (SIR) kembali mengeluarkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi-perguruan tinggi atau universitas terbaik di berbagai negara, termasuk Indonesia pada tahun 2021.

Indikator penilaian yang dilakukan Scimago Institutions Rankings (SIR) adalah untuk menentukan kualitas suatu perguruan tinggi terdiri dari 3 aspek utama penilaian.

Ketiga aspek tersebut adalah riset, inovasi, dan dampak sosial yang kesemuanya diambil dari informasi yang disediakan di laman wesite masing masing perguruan tinggi.

BACA JUGA: 10 MANFAAT BELAJAR POLITIK UNTUK ANAK MUDA 

Mengutip informasi di laman Scimago Institutions Rankings, Riset, inovasi, dan dampak sosial, masing-masing memiliki bobot yang berbeda-beda dalam keseluruhan proses penilaian, di mana riset memegang persentase paling tinggi yakni 50 persen, sisanya adalah inovasi 30 persen dan dampak sosial 20 persen.

Jika didasarkan pada penilaian ketiga aspek tersebut, maka Scimago Institutions Rangkings menyebut Universitas Indonesia (UI) sebaga perguruan tinggi terbaik di Indonesia atau peringkat ke-651 secara global.

Kemudian di posisi kedua adalah Unversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dengan peringkat 689 secara global.

BACA JUGA: RESENSI BUKU MELAWAN KORUPSI KARYA VISHNU JUWONO 

Lebih lanjut, berikut 10 besar universitas terbaik di Indonesia 2021 versi Scimago Institutions Rankings:

1. UI di peringkat 651.

2. UIN Sunan Gunung Djati di peringkat 689.

3. Unhas di peringkat 695.

4. UGM di peringkat 697.

5. Universitas Negeri Padang di peringkat 702.

6. Institut Pertanian Bogor (IPB) di peringkat 704.

7. USU di peringkat 708.

8. Undip di peringkat 712.

9. Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 714.

10. Unversitas Lampung (Unila) ada di peringkat 715.

BACA JUGA: RESENSI BUKU LOGIKA KARYA DRS MUNDIRI 

Sebelumnya, pada tahun 2010, UGM mulai masuk, disusul IPB pada 2012, dan seterusnya hingga 2021 ini sudah ada 53 yang masuk dalam daftar.

Ini tidak hanya meliputi perguruan tinggi-perguruan tinggi negeri, namun juga swasta.

Untuk perguruan tinggi swasta (PTS) yang masuk dalam daftar misalnya Universitas Kristen Petra di peringkat 32, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di peringkat 38, dan Universitas Telkom di peringkat 40.

BACA JUGA: MENGENAL TEORI TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER 

Masih ada lagi sederet PTS yang masuk dalam daftar ini, mulai dari Universitas Trisakti, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan lain-lain.