Mudabicara.com_ Banyak manfaat belajar politik terutama anak muda. Selain negara yang mengadopsi sistem demokrasi, Indonesia juga termasuk negara yang mempunyai sejarah panjang tentang politik.

Sebagai penganut demokrasi tentu Indonesia memilih pemilu sebagai medium menyerap aspirasi rakyat. Terakhir pemilu dilaksanakan pada tahun 2019.

Situasi pemilu kala itu berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Polarisasi dan ketengangan sangat terasa hingga tingkatan masyarakat bawah.

Lantas bagaimana generasi muda menyikapi fenomena polarisasi politik tersebut? Apakah anak muda perlu belajar politik? Apakah politik penting untuk kehidupan ke depan? dan apa saja sih manfaatnya belajar politik?

Nah! kali ini mudabicara.com mengulas tentang apa saja sih manfaat belajar politik dan apa pentingnya belajar ilmu politik untuk kehidupan masa depan. Silahkan baca ulasan berikut ini:

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR SOSIOLOGI UNTUK ANAK MUDA

BACA JUGA : RESENSI BUKU MELAWAN KORUPSI KARYA VISHNU JUWONO

Sekilas Apa Pengertian Politik?

Dari segi etimologi politik berasal dari kata Polis. Polis berarti kota yang berstatus sebagai negara. Sedangkan secara terminologi politik adalah suatu proses kegiatan dalam negara yang memutuskan sistem, tujuan dan pelaksanaan.

Aristoteles memandang politik adalah suatu proses interaksi masyarakat untuk mencapai kebaikan, kesejahteraan serta kemakmuran bersama.

Pengertian Politik Dari Para Ahli

Menurut padangan Gabriel A. Almond politik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan proses pembuatan keputusan publik. Ia menilai bahwa politik merupakan interaksi masyarakat untuk menyepakati siapa yang dimandat untuk berkuasa dan berwenang dalam membuat keputusan publik.

Lebih lanjut Gabriel menekankan bahwa politik akan mengunakan intrumen koersif dan otoritatif untuk siapa, bagaimana cara, dan apa tujuan keputusan publik dibentuk.

Menurut Andrey Heywood politik adalah suatu proses mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mematuhi kehendaknya. Politik juga menjadi bagian dari konflik dan Kerjasama karena pada dasarnya politik adalah kegiatan yang bertujuan untuk membuat peraturan bersama.

BACA JUGA : SISTEM POLITIK, PENGERTIAN DAN MACAM-MACAMNYA 

BACA JUGA : MENGENAL SOSOK SYEKH HAMZAH FANSURI SUFI BESAR NUSANTARA

Dengan kata lain sebagai proses kegiatan masyarakat Andrew Heywood menilai politik tidak bisa lepas dari konflik baik antar individu atau kelompok.

10 Manfaat Belajar Politik Untuk Anak Muda

Dapat Mempelajari Kebijakan Dari Pemimpin Pendahulu

Sebagai cabang ilmu sosial tentu ilmu politik memberikan pelajaran dan informasi kepada kawan muda semua tentang sejarah kebijakan yang dikeluarkan dari zaman ke zaman.

Artinya dengan belajar ilmu politik kawan muda akan mampu menganalisis kebijakan seorang pemimpin, bagaimana ciri karakterisitiknya dan bagaiamana efek kebijakan tersebut terhadap kehidupan masyarakat pada zamannya.

Dapat mempelajari Gagasan Bernegara

Dengan mempelajari politik kawan mudaa akan tahu bahwa tidak semua negara mempunyai gagasan yang sama. Biasanya gagasan negara dekat hubungannya dengan sejarah dan latar belakang kapan negara berdiri atau merdeka.

Artinya mempelajari politik sama juga mempelajari sejarah dan filsafat. Sebab sebuah gagasan negara lahir dari proses sejarah dan pemikiran yang tentu tidak instan.

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR FILSAFAT UNTUK ANAK MUDA

Dapat Belajar Sistem Politik Dunia

Dengan belajar politik kawan muda akan mengetahui sistem politik dengan jelas. Mulai dari totaliter, demokrasi, otokrasi, oligarki, diktaktor, otoriter hingga demokrasi liberal.

Dengan memahami sistem politik pada akhirnya kawan muda akan mampu memilah dan memilih mana sistem politik yang compatible untuk negara dan masyarakat.

Dapat Memperbaiki Politik Masa Depan

Kegiatan politik bertujuan untuk membuat peraturan dan kebijakan demi kepentingan bersama. Artinya dengan mempelajari ilmu politik kawan muda akan mampu melakukan evaluasi terhadap peraturan dan kebijakan yang pernah ada.

Sehingga dengan mempelajari ilmu politik akan membuat seseorang mampu membuat peraturan atau kebijakan yang lebih tepat dari sebelum-sebelumnya.

Dapat Mempelajari Teori dan Praktik Politik

Dalam konteks ilmu sosial, ilmu politik masuk dalam kajian ilmu sosial tertua. Artinya dengan belajar ilmu politik sama juga belajar teori politik dari para tokoh pendahulu.

Dengan mempelajari sebuah teori maka secara langsung kawan muda akan mampu melakukan penelitian dan kajian secara komprehensif. Pada akhirnya ketika ada fakta atau praktik politik yang tidak baik di tengah masyarakat kawan muda tidak gagap dalam memberikan kritik dan solusi

BACA JUGA : PEMUDA, KORUPSI DAN PARTISIPASI POLITIK 

Dapat Melatih Berfikir Kritis

Dengan belajar politik kawan muda akan mendapat wawasan kebangsaan dan kemasyarakatan secara luas. Bila ada problematika yang terjadi di masyarakat kawan muda akan mampu menjelaskan secara detail dan terperinci.

Berbicara politik tentu erat kaitanya dengan kebijakan dan kepentingan. Hal itu mengisyaratkan bahwa dalam politik tentu ada proses jajak pendapat, masukan serta kritikan untuk mendapatkan keputusan yang dapat menampung semua aspirasi rakyat.

Dapat Melatih Rasa Toleransi

Dengan mempelajari ilmu politik kawan muda akan mampu memupuk rasa toleransi lebih dalam. Kajian dalam ilmu politik menyangkut beberapa hal antara lain sistem politik, demokrasi, hak asasi manusia, birokrasi hingga etika sosial.

Sebab interaksi antar masyarakat dengan tujuan membuat kebijakan bersama sangat rentan dengan perbedaan pendapat, perselisihan dan konflik. Sehingga dengan pemahaman politik yang matang kawan muda akan mampu menyikapi fenomena perbedaan dengan bijaksana.

Dapat Melihat Pola Perkembangan Masyarakat

Belajar politik membuat kita akan faham dengan pola masyarakat. Sebab sebagai cabang ilmu sosial, politik akan terus berkembang menyesuaikan tuntutan zaman. Di samping itu dengan kajian ilmu politik kawan muda akan mampu memposisikan diri dalam setiap situasi yang terjadi di tengah masyarakat.

Perbedaan sistem politik pada akhirnya akan menyadarkan kawan muda bahwa sistem politik dapat mempengaruhi budaya bermasyarakat suatu negara.

Lebih Peka Kondisi Negara  

Dengan berdasarkan wawasan pengetahuan sistem politik, teori politik, sejarah politk serta praktik politik. Maka kawan muda akan secara naluriah peka terhadap keadaan berbangsa dan bernegara.

Bahwa kawan muda akan mampu membaca fenomena politik tertentu dan mengetahui apa pengaruhnya terhadap kehidupan sosial bermasyarakat. Artinya kawan muda akan secara tidak langsung mempunyai motivasi untuk menyelesaikan permasalahan dan berperan walau sekecil apapun.

BACA JUGA : TANTANGAN TATA KELOLA TENAGA KERJA INDONESIA 

Menjadi Politisi Yang Progesif

Dengan mempelajari ilmu politik paling tidak kawan muda akan mempunyai cita-cita kedepan sebagai politisi. Orang yang dapat menentukan kebijakan demi kesejahteraan rakyat.

Dengan bekal keilmuan ilmu politik tentu kawan muda akan mampu menjadi seorang politisi yang progresif serta berintegritas baik demi kepentingan masyarakat secara luas.

Masih ragu belajar ilmu politik, Semoga ulasan mudabicara.com tentang 10 manfaat belajar politik untuk anak muda ini bermanfaat.

Yuk ! tetap semangat dalam belajar agar generasi muda mampu berperan secara nyata.