10 Manfaat Belajar Sosiologi Untuk Anak Muda

Ilmu Sosiologi1850 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar sosiologi begitu beragam terutama buat anak muda sebab ilmu sosiologi mebahas hal-hal yang bersangkutan dengan kehidupan sosial manusia dengan masyarakat.

Selain itu ilmu sosiologi  juga membahas dan mengamati hubungan antara individu dengan masyarakat, beserta dampak sosialnya.

Dalam konteks Indonesia mata pelajaran sosiologi sudah diajarkan mulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan menjadi jurusan khusus di Universitas.

Meskipun populer namun banyak yang belum memahami manfaat belajar sosiologi dan apa tujuan belajar sosiologi.

BACA JUGA : MENGENAL TEORI TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER  

Sebagai ilmu sosial, sosiologi menjadi salah satu ilmu penting yang perlu kita pelajari sebab sosiologi membahas relasi masyarakat yang tentu berkembang begitu cepat dan dinamis.

Ilmu sosiologi sendiri memiliki berbagai cabang seperti sosiologi pedesaan, sosiologi agama, sosiologi ekonomi, sosiologi hukum, sosiologi politik, sosiologi perkotaan, sosiologi pembangunan, sosiologi kesehatan dan terakhir sosiologi pendidikan.

Nah, kali ini mudabicara ingin memberi ulasan tentang apa sih manfaat belajar sosiologi dan pentingnya belajar ilmu sosiologi tersebut.

Apa Pengertian Sosiologi?

Kata sosiologi berasal dari bahasa latin socius yang berati teman atau kawan dan bahasa Yunani logos yang berati cerita atau bicara. Secara terminologi sosiologi adalah pengetahuan atau Ilmu tentang sifat, perilaku dan perkembangan masyarakat

Menurut bapak sosiologi Auguste Comte sosiologi  adalah Ilmu yang mempelajari tentang analisis sosial perkembangan masyarakat.

Dengan pendekatan historis maka sosiologi bertujuan menjelaskan dan membaca fenomena masyarakat baik yang terjadi sekarang atau yang akan datang.

Sedangkan menurut Max Weber sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku,  perkembangan masyarakat, proses sosial, dan ilmu tentang struktur sosial.

Sedangkan menurut Encyclopaedia Britannica (2015), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, interaksi dan proses yang melestarikan dan mengubahnya.

BACA JUGA : MENGENAL TEORI HUKUM TIGA TAHAP AUGUSTE COMTE

10 Manfaat Belajar Sosiologi Untuk Anak Muda

1. Sosiologi Dapat Menjelaskan Dan Menganalisis Masyarakat.

Manfaat belajar sosiologi bagi anak muda adalah untuk menjelaskan, menganalisis fenomena yang terjadi di masyarakat serta bagaimana cara menyelesaikanya apabila terjadi masalah.

Di satu sisi, ilmu sosiologi memangn digunakan oleh banyak orang untuk menganalisis kehidupan sosial masyarakat baik individu maupun kelompok.

Sebab ilmu sosiologi memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara memahami perbedaan dalam masyarakat dan menjadi masyarakat lebih tanggap dan kritis terhadap masalah hidup.

Di samping itu, manfaat belajar sosiologi juga dapat membantu memahami siapa diri kita secara invidu dalam masyarakat dan bagaimana seharusnya kita hidup bermasyarakat.

Di lansir dari situs Sociology Guide, manfaat belajar sosiologi dapat memudahkan sosiolog atau para ahli mengetahui sifat sosial manusia dalam masyarakat.

Sebab sebelum adanya ilmu sosiologi, manusia tidak tahu cara untuk mempelajari manusia dan masyarakat. Namun, sejak ilmu sosiologi muncul, para ahli mendapatkan cara untuk meneliti juga mengkaji berbagai hal terkait manusia dan masyarakat.

2. Sosiologi Dapat Meningkatkan Kesadaran Sosial 

Manfaat belajar sosiologi selanjutnya adalah meningkatkan kesadaran sosial sebab mempelajari  sosiologi kita juga mempelajari tentang ilmu sosial, sejarah dan budaya.

Ilmu ini memberikan gambaran realitas yang terjadi di dalam perkembangan masyarakat sehingga secara langsung dapat mengasah nalar kesadaran sosial orang-orang yang mempelajarinya.

Dilansir dari Sociology Guide, segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan sosial manusia dapat dijelaskan melalui studi sosiologi. Sosiologi juga melihat hubungan antara individu dan masyarakat dan dampak sosialnya.

3. Sosiologi Dapat Menumbuhkan dan Mengasah Berpikir Kritis

Mengasah berpikir kritis merupakan bagian dari manfaat belajar sosiologi sebab dengan fenomena sosial yang terjadi di dalam masyarakat kita akan terasah untuk berpikir kritis.

Beberapa pendekatan historis sosiologi akan membuat kita dapat berfikir kritis dalam melihat keadaan masyarakat sekitar yang terus berjalan secara dinamis.

Di samping itu, dengan mempelajari sosiologi kita dapat melakukan penelitian secara ilmiah secara metedologis dan ilmiah.

4. Sosiologi Dapat Mengetahui Perkembangan Sosial Masyarakat

Dengan mempelajari sosiologi kita juga mempelajari perilaku manusia yang berkaitkan dengan struktur kemasyarakatan dan kebudayaan dan hirarki dalam kehidupan sosial.

Di lain sisi, sebagai individu kita memiliki sebuah tindakan individu yang terus berkorelasi dengan kehidupan sosial kemasyarakatan yang terus mengalami perkembangan.

Oleh karena itu, manfaat belajar sosiologi adalah memberi penjelasan yang utuh tentang perkembangan sosial masyarakat suatu individu dan  kelompok atau wilayah.

Di lansir Sociology Guide, manfaat belajar sosiologi dapat memudahkan sosiolog atau para ahli mengetahui sifat sosial manusia dalam masyarakat.

Karena dengan ilmu inilah, segala hal yang bersangkutan dengan kehidupan sosial manusia bisa dijelaskan. Selain itu, sebagai sebuah ilmu, sosiologi turut mengamati hubungan antara individu dengan masyarakat, beserta dampak sosialnya.

BACA JUGA : HAUL GUS DUR KESEBELAS DI ADAKAN DI TIGA KOTA 

5. Sosiologi Dapat menganalisis Tindakan Sosial  

Max Weber menjelaskan pengertian sosiologi adalah  ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. sedangkan pengertian umum sosiologi adalah ilmu sosial yang mempelajari hubungan dan interaksi sesama manusia berikut dengan gejalanya.

Oleh karena itu, Banyak ahli menggunakan ilmu ini sebagai landasan atau dasar untuk mengkaji kehidupan sosial masyarakat.

Artinya manfaat belajar sosiologi akan membantu kita untuk menganalisis  motif tindakan sosial baik individu atau kelompok yang melatar belakangi tindakan sosial tersebut.

Weber membagi teori tindakan sosial kedalam empat bagian yaitu tindakan sosial tradisional, tindakan sosial afektif, tindakan sosial rasional instrumental dan tindakan sosial rasional nilai.

6. Sosiologi Dapat Memberikan Analisis Sosial

Kehidupan masyarakat selalu menarik untuk diteliti, karena masyarakat adalah sebuah kumpulan manusia yang kompleks dengan berbagai urusan dan persoalannya.

Sosiologi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang memberi penjelasan tentang kajian masyarakat tersebut.

Dengan belajar sosiologi dapat menggambarkan kebenaran fakta yang ada dalam masyarakat dan manfaat belajar sosiologi dapat menciptakan keharmonisan masyarakat sehingga masyarakat dapat mencapai tujuan yang dicita-citakannya.

Dikutip dari situs Salem State University, mempelajari sosiologi dapat mempermudah proses pemahaman tentang bagaimana kekuatan sosial bisa membentuk suatu kelompok.

Oleh sebab itu, sosiologi sangat penting dalam memecahkan masalah sosial. Mulai dari penentuan metode hingga upaya yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

7. Sosiologi Dapat Menjelasakan Kepekaan dan Pola-Pola Umum Masyarakat

Manfaat belajar sosiologi selanjutnya adalah kita akan mampu menumbuhkan kepekaan dan menjelaskan pola-pola umum masyarakat.

Menumbuhkan kepekaan masyarakat memang dapat menjelaskan peran kita sebagai individu dan atau anggota kelompok.

Di samping itu membantu kita mempelajari budaya secara berkala dan runtut.  Dan yang terpenting dengan mempelajari ilmu sosiologi kita dapat membantu proses pemahaman terkait interaksi sosial.

Soejono Sukanto berpendapat bahwa  sosiologi adalah ilmu yang memberi perhatian secara umum pada masyarakat dan menganalisis pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Di sisi lain manfaat belajar sosiologi adalah kemampuan untuk melakukan penelitian ilmiah seperti yang telah disampiakan di atas.

Tidak ada cara yang tepat untuk mempelajari manusia dan masyarakat sebelum munculnya, tetapi sejak sosiologi muncul, para ahli telah menemukan cara untuk meneliti juga mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan manusia dan masyarakat.

8. Sosiologi Dapat Menjelaskan Struktur Masyarakat

Dengan mempelajari sosiologi kawan muda akan dapat mempelajari struktur masyarakat secara umum. Sebagaimana kawan muda ketahui bahwa struktur sosial merujuk pada suatu pola yang teratur dalam interaksi sosial.

Maka fungsi struktur masyarakat adalah menciptakan sebuah keteraturan sosial yang ingin dicapai oleh suatu kelompok masyarakat. Sehingga mempelajari sosiologi juga dapat memberi pejelasan bagaimana metode dalam menciptakan struktur masyarakat yang teratur.

9. Sosiologi Dapat Memberi Wawasan Budaya

Sebagai cabang ilmu sosial yang mempelajari interaksi dan perilaku masyarakat tentu sosiologi mempunyai kedekatan akar filsafat ilmu dengan ilmu budaya.

Dengan mempelajari sosiologi kawan muda akan mendapatkan wawasan budaya secara umum dan luas yang nantinya akan bergunan dalam kehidupan sehari-hari

10. Sosiologi Dapat Memberi Analisis Solusi Dari Permasalahan Masyarakat. 

Dengan mempelajari sosiologi kawan muda akan mampu  memberi solusi dari pemasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

Bekal mampu berfikir kritis, menambah kesadaran sosial, dan memahami tindakan sosial tentu pada akhirnya kawan muda akan mampu memberi solusi dalam setiap permasalahan.

Menurut situs web Salem State University, mempelajari sosiologi dapat membantu kita memahami bagaimana kekuatan sosial dapat membentuk kelompok.

Sosiologi memainkan peran penting dalam memecahkan masalah sosial, mulai dari menemukan solusi hingga menemukan cara terbaik untuk menyelesaikannya.

Manfaat belajar sosiologi juga dapat membantu kita menjadi lebih mengenal masyarakat, lebih memahami peran kita sebagai anggota kelompok, dan lebih memahami budaya.

BACA JUGA : REFLEKSI PERJUANGAN PEMUDA DI HARI KEMERDEKAAN

Demikian ulasan mudabicara tentang 10 manfaat belajar sosiologi untuk anak muda. Semoga kawan muda tetap semangat dalam mengkaji ilmu sosial agar tumbuh generasi Indonesia maju seperti yang dicita-citakan. Jangan Lupa Share Artikel Ini!

 

Tulisan Terkait: