Mudabicara.com_ Kepemimpinan adalah kata yang tentu tidak asing bagi kawan muda semua. Kepemimpinan sering menjadi bahan pelatihan baik di sekolah, organisasi, ataupun perusahaan.

Lantas apa pengertian kepemimpinan? Apa tujuannya? Apa fungsinya? serta bagaimana contohnya?. Nah! dari pada penasaran, simak ulasan putri hijab Sumatra Utara besama mudabicara.com tentang kepemimpinan berikut ini.

BACA JUGA : MENGILHAMI SAJAK “DOA KORUPTOR YANG BAIK DAN BENAR AGUS NOOR 

Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah suatu kemampuan atau kekuatan pada diri seseorang guna mempengaruhi orang lain dalam pekerjaan, bertujuan untuk mencapai target yang sudah ditentukan.

Menurut Robbins dan Judge  kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi suatu kelompok masyarakat untuk mencapai visi dan misi bersama. Sedangkan kata pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai kapala atau ketua dalam  sebuah sistem organisasi atau perusahaan.

Tujuan Kepemimpinan

Sarana Untuk Mencapai Tujuan

Kepemimpinan ialah sarana penting guna mencapai tujuan. Dengan melihat apakah tujuan tercapai atau tidaknya dengan cara mencapai tujuan itu, maka dari itu kita dapat mengetahui jiwa kepemimpinan terhadap orang tersebut.

Memotivasi Orang Lain

Tujuan kepemimpinan adalah guna membantu orang lain menjadi termotivasi, mempertahankan serta meningkatkan motivasi di dalam diri mereka. Dengan kata lain, pemimpin yang baik ialah pemimpin yang dapat memotivasi pengikut atau bawahan guna mencapai tujuan bersama.

Fungsi Kepemimpinan

Fungsi Administratif

Seorang yang mempunyai jiwa kepemimpinan akan menjadi formula kebijakan administrasi di dalam sebuah organisasi serta menyediakan semua fasilitasnya.

Fungsi Sebagai Top Manajemen

Seorang pemimpin tentu harus mampu membuat Planning, Organizing, Staffing, Directing, Commanding, serta Controlling.

BACA JUGA : 7 CARA AWET MUDA DALAM AJARAN ISLAM 

Fungsi Kepemimpinan Menurut Hadari Nawawi

Fungsi Instruktif

Berperan sebagai komunikator yang menentukan apa isi perintah, bagaimana cara melakukan, bilamana waktu pelaksanaan, serta di mana tempat mengerjakan. Pemimpin harus menimbulkan keputusan yang bisa diwujudkan secara lancar. Dengan kata lain, fungsi orang yang dipimpin hanyalah bagi yang melakukan perintah pemimpin.

Fungsi Konsultatif

Pemimpin memakai fungsi konsultatif sebagai cara berkomunikasi 2 arah dalam upaya menetapkan suatu keputusan yang membutuhkan pertimbangan serta konsultasi dari orang yang dipimpinnya.

Fungsi Partisipasi

Pemimpin dapat melibatkan anggotanya dalam proses pengambilan keptusan ataupun dalam melaksanakannya.

Fungsi Delegasi

Pemimpin bisa melimpahkan wewenangnya kepada orang lain, contohnya membuat serta menetapkan keputusan. Fungsi delegasi ialah bentuk kepercayaan seorang pemimpin kepada anggotanya guna melatih tanggung jawab.

Fungsi Pengendalian

Pemimpin dapat melakukan bimbingan, pengarahan, koordinasi, seta pengawasan, pada kegiatan para anggotanya.

Contoh Kepemimpinan

Menginspirasi dan Memotivasi

Pemimpin yang hebat menciptakan proyeksi masa depan. Dia akan memberikan gambaran masa depan yang jelas serta menarik memotivasi orang lain supaya bisa meraihnya.

Kalau Anda sedang memegang jabatan sebagai manager, memotivasi serta mendorong rekan tim menjadi tugas utama Anda agar tujuan perusahaan tercapai. Hal tersebut termasuk bisnis yang baru berkembang.

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR SOSIOLOGI UNTUK ANAK MUDA

Mempunyai Integritas dan Kejujuran Tinggi

Kepemimpinan juga mencakup integritas serta kejujuran yang tinggi. Lakukan apa yang pernah Anda katakan serta mereka akan melakukan hal yang sama. Dalam beberapa isu, bawahan atau tim akan menanyakan beberapa pertanyaan menjebak.

Wajib untuk menjawabnya dengan jujur. Walaupun mereka pada akhirnya tak menyukai jawaban Anda, Tapi mereka pasti dapat menerima serta melewati dengan baik asal Anda tetap bekerja bersama mereka.

Pelajari Dan Selesaikan Masalahnya

Seorang pemimpin terlatih serta terpilih guna menyelesaikan masalah serta mencari peluang pasar. Tak hanya kecerdasan namun kemampuan menganalisa yang baik serta skill lain yang tidak dipunyai oleh rekan lainnya.

Bekerja

Supaya Hasilnya Tercapai, Beberapa orang biasanya hanya menonton di belakang serta melihat prosesnya. Tapi seorang leader yang baik akan terjun bersama timnya supaya tujuan organisasi tercapai dengan baik. Seorang leader mempunyai ketekunan, patuh serta dorongan yang tinggi supaya targetnya tercapai di waktu yang tepat.

Komunikasi Baik

Ada banyak sekali cara berkomunikasi seorang pemimpin dengan timya. Ada yang memakai skype, telepon, meeting, email, blog dan media lainnya. Sehingga hal-hal taktis bisa segera terlaksana.

Hal yang paling penting untuk pemimpin ialah tugas selesai dengan baik serta targetnya tercapai. Apa saja media komunikasinya. Tak lupa dia memberikan detail job yang jelas serta terus berkomunikasi dengan tim supaya pekerjaan berjalan di jalan yang benar.

Mempunyai Hubungan Erat

Kepemimpinan juga wajib mengikutsertan hubungan yang erat antar anggota. Dia percaya pada bawahan berlaku sebaliknya. Seorang pemimpin memegang tanggung jawab yang besar atas pekerjaan timnya. Berarti hubungan yang baik di lingkaran mereka wajib tercipta dengan baik. 

Bersikap Profesional

Seorang pemimpin wajib mempunyai keahlian yang khusus yang dapat memberikan teladan bagi para anggota atau pengikutnya. Dengan kata lain dengan bersikap profesional akan menimbulkan kharismatik secara personal bagi dirinya sendiri.

Memberikan Strategi

Pemimpin tentu saja mempunyai visi jangka panjang. Dia tahu bagaimana menghindari kesalahan fatal yang akibatnya pada perkembangan bisnis. Mereka harus menjadi orang yang taktis dalam menghadapi persaingan pasar.

Bersifat Membangun

Kepemimpinan menurut temuan Jack Zenger dan Joseph Folkman mengikutkan aspek pembangunan. Berarti, pemimpin yang baik harusnya terus belajar mengembangkan skill teknis serta profesionalitasnya. Mereka mencari karyawan yang paling menjanjikan serta memberikan training yang baik sehingga mampu menjadi generasi penerus perusahaan.

Melakukan Inovasi

Dalam bidang bisnis, inovasi bukan merupakan hal baru. Bahkan secara langsung pasar menggeret pelaku bisnis serta perusahaan untuk terus berinovasi supaya mampu bertahan di tengah kompetisi yang ketat.nah begitupun kepemimpinan sama halnya dengan bisnis,tak ayalnya bisnis akan maju  karena jiwanya yang terus maju ke depan,mengulik,dan kreatif untuk terus melakukan terobosan.

Demikian tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Kawan Muda harus mencoba berlatih agar kedepan mampu menjadi pemimpin yang di idolakan para anggotanya.

 

Oleh : Rahayu Pratiwi (Finalis Putri Hijab Indonesia 2020)