10 Manfaat Belajar Ilmu Perpustakaan Untuk Anak Muda

Pendidikan312 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar ilmu perpustakaan tentu begitu beragam khususnya bagi anak muda milenial yang kurang memiliki minat baca seperti era digital sekarang.

Selain ilmu perpustakaan erat hubungannya dengan digitalisasi, database dan teknologi, jurusan ilmu perpustakaan juga dibutuhkan oleh setiap lembaga baik pemerintahan maupun swasta.

Oleh karena itu, banyak sekali universitas yang membuka jurusan ilmu perpustakaan karena memang memiliki peluang kerja yang luas.

Disi lain, mempelajari ilmu perpustakaan dengan tekun tentu banyak potensi dan peluang besar yang akan kalian dapatkan kedepannya baik secara pribadi maupun karir.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Linguistik Untuk Anak Muda

Nah! kali ini mudabicara ingin mengulas lebih dalam tentang apa saja manfaat mempelajari ilmu perpustakaan, lebih lanjut silahkan baca ulasan berikut ini:

10 Manfaat Belajar Ilmu Perpustakaan Untuk Anak Muda

Manfaat Belajar Ilmu Perpustakaan

1. Memiliki Kemampuan Manajerial

Dengan belajar ilmu perpustakaan kalian akan memiliki kemampuan manajerial dengan baik. Di sisi lain orang yang memiliki keahlian manajerial dengan baik akan dibutuhkan oleh banyak lembaga.

Salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan kemampuan manajerial adalah Arsiparis. Arsiparis sendiri pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan dokumen atau arsip.

Biasanya pengeloaan dokumen atau arsip bertujuan agar ketika seseorang membutuhkan informasi dokumen tertentu akan mudah dicari dan ditemukan. Bahasa moderennya adalah information retrieval.

2. Memahami Teknologi Informasi Dan Komputer

Berbicara perpustakaan modern tentu berbicara digitalisasi dan teknologi, oleh karena itu manfaat mempelajari ilmu perpustakaan adalah mendorong orang untuk memahami teknologi informasi dan komputer.

Apalagi peluang kerja orang yang belajar ilmu perpustakaan tentu menjadi pustakawan yang tugasnya mengelola informasi baik fisik maupun digital.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Biologi Untuk Anak Muda

3. Menjadi Information Specialist

Manfaat belajar ilmu perpustakaan adalah kalian akan menjadi information specialist yang tugasnya mengelola informasi baik dalam bentuk website, database dan sistem informasi.

Apalagi kalian terjun sebagai pustakawan maka tugas dan perannya tentu mengelola informasi dengan baik agar memudahkan para pengunjung ketika mencari informasi.

Di sisi lain dengan menjadi information specialist kalian akan mudah mencari peluang pekerjaan karena setiap lembaga memiliki layanan informasi.

4. Memiliki Kemampuan Berpikir Sistematis

Manfaat belajar ilmu perpustakaan adalah membentuk seseorang dapat berpikir kritis dan sistematis. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir sistematis dibutuhkan oleh banyak perusahaan karena terbiasa mandiri dan independen.

Selain itu, berpikir sistematis akan membantu seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, mudah dan tepat waktu.

5. Menumbuhkan Budaya Literasi dan Membaca

Ilmu perpustakaan erat kaitanya dengan buku-buku, majalah, koran dan bahan baca lainnya. Oleh karena itu manfaat belajar ilmu perpustakaan adalam menumbuhkan semangat literasi dan membaca.

Di sisi lain, ketika kita sudah memiliki kesadaran literasi maka dapat ditularkan kepada teman, saudara, dan remaja-remaja di lingkungan tempat tinggal agar terwujud masyarakat yang tercerahkan.

Bisa juga membuat kegiatan yang informatif seperti pekan baca, perpustakaan keliling ataupun taman baca untuk kalangan umum atau gerakan literasi informasi

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Kimia Untuk Anak Muda

6. Memiliki Kemampuan Problem Solving

Setiap orang tentu memiliki masalah baik dalam lingkungan masyarakat, sekolah atau pun tempat kerja sehingga memerlukan pribadi yang tanggap dalam membuat Problem Solving.

Nah! manfaat belajar ilmu perpustakaan salah satunya adalah mendorong orang mampu menjadi priadi yang kuat dalam membuat problem solving.

Apabila ada permasalahan tidak cepat panik karena apapun permasalahan pasti ada jalan keluar yang terbaik.

7.  Memiliki Kemampuan Analisis

Manfaat belajar ilmu perpustakaan adalah menjadikan seseorang memiliki kemampuan analisis yang kuat. Hal tersebut tidak lain karean ilmu perpustakaan erat kaitannya dengan database, buku dan Informasi.

Menjadi seorang yang memiliki keahlian, skill dan ditambah kemampuan analisis yang baik tentu memiliki peluang kerja yang luas dan terbuka.

8. Menjadi Arsiparis dan Pustakawan

Salah satu peluang kerja orang yang belajar ilmu perpustakaan adalah menjadi seorang arsiparis dan pustakawan. Tugas dari arsiparis adalah mengelola dokumen dengan baik dan benar agar dokumen tertata secara sistematis dan teratur.

Sedangkan menjadi pustakawan memiliki tugas dan fungsi mengelola buku baik fisik maupun digital berdasarkan kategori-kategori dan bahasan.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Matematika Untuk Anak Muda

Hal tersebut bertujuan agar para pengunjung perpustakaan mudah mendapatkan informasi baik terkait data maupun buku yang ingin dibaca.

9. Menjadi Administrator

Setiap lembaga baik swasta dan pemerintahan memiliki lembaga informasi sendiri sehingga dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan mengelola informasi.

Salah satu manfaat belajar ilmu perpustakaan adalah kalian memiliki kemampuan untuk mengelola informasi baik berupa database, website ataupun sistem informasi.

Pada akhirnya ketika lembaga informasi tersebut membutuhkan informasi maka kalian akan dapat bekerja dengan baik dan sistematis sehingg dapat menjadi administrator yang berkualitas.

10. Menjadi Pribadi Tekun dan Teliti

Menata, membuat database, mengelola website membutuhkan orang-orang yang memiliki kepribadian tekun dan teliti. Oleh karena itu mempelajari ilmu perpustakaan dapat membuat kalian menjadi pribadi yang tekun dan teliti.

Tekun karena harus menata yang rumit menjadi mudah, teliti karena setiap orang yang membutuhkan informasi akan bertanya kepada anda sebagai pustakawan ataupun administrator sehingga membutuhkan ketelitian dan ketekunan

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Ilmu Ekonomi Untuk Anak Muda

Sekedar memberi informasi universitas yang memiliki jurusan ilmu perpustakaan terbaik di Indonesia maupun luar negeri.

  1. Universitas Negeri Malang
  2. Universitas Bengkulu
  3. Universitas Terbuka
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Negeri Padang
  6. Universitas Udayana
  7. Universitas Tanjungpura
  8. Universitas Brawijaya
  9. Insitute Pertanian Bogor
  10. Universitas Pendidikan Indonesia
  11. Universitas Cendrawasih
  12. Univesitas Sumatra Utara
  13. Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  14. Universitas Airlangga
  15. Universitas Lampung
  16. Universitas Islam Makasar
  17. Universitas Yarsi
  18. Universitas Pendidikan Ganesha
  19. Universitas Sebelas Maret
  20. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  21. Universitas Kristen Satya Wacana
  22. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 
  23. Universitas Muhamadiyah Mataram
  24. Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar

Nah! demikian ulasan mudabicara mengenai manfaat belajar ilmu perpustakaan, semoga menambah minat kalian untuk menjadi seorang pustakawan yang profesional.

Tulisan Terkait: