10 Manfaat Belajar Kimia Untuk Anak Muda

Pendidikan629 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar kimia tentu begitu beragam dalam kehidupan sahabat muda sekalian. Hampir setiap proses aktivitas keseharian manusia tidak bisa lepas dari yang namanya ilmu kimia.

Sebagai cabang ilmu pengetahuan alam, ilmu kimia berkembang melalui hasil riset dan eksperimen. Oleh karena itu ilmu kimia selalu mengalami perkembangan melalui proses eksperimen terkait alam semesta.

Meskipun bagi para sahabat muda ilmu kimia termasuk mata pelajaran yang rumit dan sulit namun ternyata ilmu kimia memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Matematika Untuk Anak Muda

Nah! ingin tahu apa saja manfaat belajar kimia, simak ulasan selengkapnya di mudabicara beriku ini;

Pengertian Ilmu Kimia

Manfaat Belajar Kimia Ilmu kimia adalah ilmu turunan dari ilmu pengetahuan alam yang kemunculannya sejak abad ke-9. Pada waktu itu, orang arab menemukan fenomena bahwa api dapat mengubah bentuk zat satu ke dalam bentuk zat yang lainnya.

Secara terminologi ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari struktur, sifat zat dan kompisisi dari skala atom hingga molekul sekaligus proses interaksi dan transformasi sampai pada bentuk materi yang dapat manusia lihat sehari-hari.

Dalam proses perkembangannya Ilmu kimia mengalami berbagai perkembangan dan memiliki macam-macam cabang. Adapun cabang ilmu kimia antara lain kimia analitik, kimia organik, kimia fisik, kimia anorganik dan terakhir biokimia.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Untuk Anak Muda

Cabang-cabang ilmu kimia tersebut memiliki objek pembahasan dan kajian masing-masing sehingga antara satu sama lain memiliki output yang berbeda-beda.

10 Manfaat Belajar Ilmu Kimia Untuk Anak Muda

1. Mengoptimalkan dan Memaksimalkan Hasil Industri Pertanian dan Pangan

Dalam dunia pertanian ilmu kimia berperan penting dalam meningkatkan hasil produksi dan panen. Hal tersebut tak terlepas dari ilmu kimia yang mampu menciptakan pupuk yang dapat membantu petani memaksimalkan proses pertanian hingga panen.

Salah satu contoh produk dari ilmu kimia adalah pupuk sintesis. Berdasarkan kajian ilmiah pupuk sintesis bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga mampu memaksimalkan hasil panen.

Selain itu, produk lain dari ilmu kimia adalah terciptanya peptisida. Peptisida berfungsi sebagai pembasmi hama yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman.

Indonesia sebagai negara agraris tentu memiliki kepentingan besar dalam industri pertanian sebab industri pertanian memiliki ekonomi yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.  Mampu Memahami Fenomena Kehidupan dan Alam

Aktivitas kehidupan manusia tidak bisa lepas dari proses kimia, mulai dari bangun tidur, beraktivitas harian hingga menuju tidur kembali tidak bisa lepas dari yang namanya kimia.

Ketika manusia bernafas, memasak, makan, terkena sinar matahari adalah aktivitas kimia. Artinya proses perubahan satu zat menjadi zat yang lain adalah fenomena kimia.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Ilmu Ekonomi Untuk Anak Muda

Pada akhirnya manfaat belajar kimia mampu memberikan pemhaman kepada kalian semua tentang fenomena kehidupan dan alam.

3. Mengetahui Perubahan Zat dan Reaksi Kimia

Manfaat belajar kimia selanjutnya adalah mengetahui proses perubahan zat dan reaksi kimia. Sebagai contoh perubahan zat yang disebabkan oleh dingin adalah air akan membeku menjadi es.

Begitupun sebaliknya ketika ada fenomena panas maka air yang membeku menjadi es akan mencair menjadi air kembali. Peubahan-perubahan sederhana tersebut tentu dipelajari dalam ilmu kimia.

Ilmu kimia secara komplek akan menjelaskan berbagai gejala-gejala alam, susunan dan perubahan suatu materi begitupun dengan sifat-sifat bawaannya.

4. Mengembangkan Ilmu Farmasi dan Obat

Manfaat Belajar Kimia

Dalam aspek dunia kesehatan dan kedokteran ilmu kimia menjadi salah satu faktor penting. Hal tersebut dikarenakan ilmu kimia dapat membantu terciptanya obat-obatan yang berkualitas.

Melalui berbagai penelitian ilmu kimia mampu menciptakan obat dengan komposisi terbaik dan tidak memiliki efek samping yang negatif terhadap keberlangsungan hidup manusia.

Selain itu, ilmu kimia juga berperan dalam proses pembuatan alat-alat kesehatan yang tentu membantu perkembangan teknologi kedokteran.

5. Memperhatikan Komposisi Makanan dan Minuman Harian

Sebagai manusia kita membutuhkan makan dan minum sehingga memperhatikan dengan seksama tentang apa saja yang kita makan dan minum menjadi hal yang penting.

Apalagi di era modern seperti sekarang ini banyak sekali makanan dan minuman cepat saji yang tentu memiliki kandungan zat kimia yang tidak baik bagi tubuh manusia.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Hukum Untuk Anak Muda

Sehingga manfaat belajar kimia adalah membantu kalian lebih teliti dalam memilih makanan serta minuman yang ingin kalian konsumsi. Konsumsi makanan dan minuman yang baik tentu akan memiliki dampak kesehatan bagi tubuh kita semua.

6. Mengetahuai Tata Cara Pengunaan Bahan Kimia

Kebutuhan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari yang namanya bahan kimia. Beberapa produk misalnya bumbu masak, kosmetik, plastik, tekstil, pupuk, obat, bahan bakar, cat, pestisida, sabun dan pasta gigi merupakan produk olahan dari bahan kimia.

Meskipun olahan bahan kimia produk di atas bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari asalkan digunakan dengan sesuai dengan prosedur.

Di sisi lain banyak produk kimia yang berbahaya bagi kita apabila tidak digunakan dengan prosedur yang baik. Misalnya cat, etanol, formalin, karbon monoksida.

Sehingga manfaat belajar kimia adalah kita dapat  mengetahui tata cara pengunaan bahan kimia dengan baik dan benar sehingga tidak merugikan bagi kesehatan tubuh dan kerusakan lingkungan.

7. Menjadi Seorang Guru, Dosen Dan Peneliti

Orang yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu kimia memiliki peluang kerja yang begitu luas. Selain menjadi mata pelajaran wajib di sekolah, ilmu kimia juga bersentuhan langsung dengan kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Oleh karena itu kebutuhan tenaga pendidik dan dosen sangat terbuka lebar bagi mereka yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu kimia.

Di samping tenaga pendidik, orang yang memiliki keahlian dalam bidang kimia juga berpeluang menjadi peneliti di berbagai lembaga, khusus lembaga yang membutuhkan keahlian di bidang ilmu kimia.

8. Meningkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan

Ilmu pengetahuan kimia seakan memiliki dua sisi mata pisau. Di sisi lain dapat mempermudah dan mempercepat namun di sisi lain juga dapat menimbulkan efek negatif.

Salah satu dampak negatif dari ilmu kimia adalah persoalan pengunaan. Apabila mengunakan bahan kimia berlebihan maka secara perlahan akan berdampak negatif pada lingkungan.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Bimbingan Konseling Untuk Anak Muda

Sehingga manfaat belajar kimia adalah kita akan mengetahui dampak sekaligus mitigasi dari bahan-bahan kimia yang kita gunakan sehari-hari.

Dan pada akhirnnya kita akan memiliki sikap positif menghadapi perubahan lingkungan akibat penggunaan bahan kimia yang berlebihan.

9. Lebih Mudah Memahami Rumpun Ilmu Pengetahuan Alam Lainnya

Ilmu kimia memiliki keterkaitan dengan ilmu pengetahuan alam lain seperti fisika dan biologi. Makanya dalam ilmu kimia juga ada bahasan khusus mengenai biokimia dan biofisika.

Biokimia tentu berhubungan dengan dunis farmasi dan obat-obatan sedangkan biofisika berhubungan dengan hal-hal yang bersifat anorganik.

Atinya antara ilmu kimia, biologi dan fisika memiliki kedekatan pembahasan satu sama lain sehingga mempelajari ketiga mata pelajaran tersebut sangat bermanfaat untuk masa depan.

10. Menambah Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta

Manfaat belajar kimia terakhir adalah meningkatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mengapa demikian sebab melalui kimia kita dapat mengetahui berbagai fenomena dan gejala alam.

Misalnya kita akan mengetahui bagaimana pencernaan manusia dan bagaimana segala bentuk aktivitas zat-zat dalam tubuh manusia bekerja.

Di samping itu, dengan ilmu kimia kita mengetahui bagaimana tumbuhan dapat menghasilkan oksigen pada siang hari dan menghasilkan karbon dioksida pada malam hari.  Hal tersebut dapat kita ketahui setelah mempelajari ilmu kimia.

Sekian pembahasan mengenai manfaat belajar kimia kali ini, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya! selamat membaca!

Tulisan Terkait: