10 Manfaat Belajar Bimbingan Konseling Untuk Anak Muda

Pendidikan11 Dilihat

Mudabicara.com_ Banyak manfaat belajar ilmu Bimbingan Konseling oleh karena itu Bimbingan Konseling menjadi salah satu jurusan favorit di perguruan tinggi. Jurusan yang memiliki fungsi dan peran seperti layaknya Psikologi ini, biasanya disingkat dengan BK.

Bimbingan Konseling sendiri memiliki peran penting di sekolah sebab BK adalah tempat di mana seorang siswa berbagi informasi serta konsultasi kepada gurunya.

Selain itu, BK memiliki fungsi vital, selain dapat membantu seorang siswa menemukan minat dan bakat, BK juga dapat mempermudah seorang siswa memilih jurusan kuliah nantinya.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sastra Jawa untuk Anak Muda

Nah! kali ini mudabicara ingin mengulas artikel tentang manfaat belajar bimbingan konseling untuk anak muda. Yuk! lebih lengkapnya silahkan baca artikel berikut ini:

Pengertian Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling berasal dari kata bimbingan dan konseling. Dalam konteks perguruan tinggi, jurusan kuliah ini menyiapkan orang untuk bisa memberikan pendampingan, bimbingan dan arahan.

Tujuannya jelas agar seseorang mampu menemukan dan menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Bila diurai lebih spesifik bimbingan berfungsi untuk memberi panduan kepada seseorang agar dapat menemukan potensi dan kemampuan diri, di sisi lain juga membantu seseorang untuk dapat menyelasaikan masalah dengan baik.

BACA JUGA : Mengenal Chairil Anwar, Sastrawan Besar Indonesia

Sementara itu, konseling adalah sebuah proses panduan dalam menyelesaikan permasalahan. Di sisi lain, konseling juga menjadi wadah seseorang berkeluh kesah terkait permasalahan yang dihadapi.

Setelah itu secara bersama melalui proses diskusi dan dialog mencoba mencari jalan keluar dari permasalahan besama-sama.

Bila di lingkungan sekolah bimbingan konseling biasanya berperan sebagai pembimbing peserta didik agar mampu mengenali dan menemukan kemampuan dan potensi diri.

Di samping itu, konseling juga dapat diartikan serangkaian kegiatan berupa bantuan yang dilakukan seorang ahli pada konseling dengan cara tatap muka.

Hal itu dapat dilakukan baik secara individu atau beberapa orang dengan memberikan pengetahuan tambahan. Pengetahuan tambahan inilah yang kemudian menjadi ramuan untuk mengatasi masalah dengan baik dan benar.

Pada akhirnya dapat kita simpulkan, Bimbingan Konseling adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bantuan oleh tenaga ahli kepada seseorang melalui poses dialog, diskusi suatu permasalahan agar dapat menyelesaiakn masalah ang dialami secara tersistematis.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sejarah Untuk Anak Muda

10 Manfaat Bimbingan Konseling Untuk Anak Muda

Beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan jika belajar bimbingan konseling, diantara sebagaimana berikut :

1. Memahami Karakter

Kadang banyak orang tidak mengerti kepribadiannya sendiri sehingga mereka tidak menemukan minat dan bakat yang ada pada dirinya.

Nah! disinilah salah satu pentingnya belajar konseling yaitu membantu seseorang untuk mengenali kepribadiannya dan karekternya sendiri.

Jika sudah mengerti tentu kita dapat mengenali diri kita sendiri dan terus berusaha menjadi pribadi yang dapat mengelola segala bentuk keinggingan sehingga dapat menjalani hidup lebih baik.

2. Membedakan Positif Dan Negatif

Banyak orang mengalami kesulitan untuk membedakan mana hal positif dan negatif yang dapat dilakukan. Hal itu terjadi karena setiap orang memiliki tingkat kedewasaan dan emosi yang berbeda-beda.

Misalnya, dalam keadaan emosi atau jatuh cinta kadang membuat pikiran orang tidak jernih. Hal itu menyebabkan seseorang sulit untuk membedakan mana hal yang posisitif dan mana hal yang negatif.

BACA JUGA : Merdeka Belajar Dan Lahirnya Filosofi Pendidikan Mandiri

Oleh karena itu, manfaat mendalami ilmu bimbingan konseling akan membuat kalian menjadi orang memiliki pemikiran rasional dan spiritual yang tinggi sehingga mampu memilah mana yang positif dan negatif.

3. Mempelajari Emosi

Menurut Max Weber setiap tindakan sosial individu memiliki motifnya masing-masing. Motif di sini bisa saja diartikan sebagai alasan dan latar belakang sebuah tindakan sosial.

Salah satu manfaat belajar ilmu bimbingan konseling adalah kalian akan mendapatkan pelajaran mengenai emosi manusia. Dengan materi emosi tersebut kalian akan memiliki kemampuan analisis mengenai cara pandang, perasaan, dan pemikiran sehingga kalian mudah menganalisis tindakan sosial individu.

4. Peluang Kerja Yang Luas

Sebagai salah satu jurusan yang peminatnya relatif banyak Bimbingan Konseling juga memiliki peluang kerja luas. Salah satu yang paling populer tentu sebagai konselor.

Namun tidak hanya berhenti di sini saja, orang yang mempelajari bimbingan konseling juga berpeluang untuk menjadi Guru, Pengawai Negeri Sipil (PNS), Peneliti, Penulis dan lain sebagainya.

5. Memiliki Problem Solving Bagus

Banyak orang ketika mendapat masalah malah memikirkan kenapa mereka mendapatkan masalah tersebut bukan memikirkan bagaimana cara mengatasi masalah.

Salah satu pentingnya belajar bimbingan konseling adalah kalian akan menjadi pribadi yang problem solver. Ketika menghadapi masalah kita menjadi pribadi yang tenang dan segera mungkin mencari jalan keluar. Hal itu akan bermanfaat untuk penyelesaian maslah lebih cepat selesai.

BACA JUGA : Mengenal Teori Perubahan Sosial Ibnu Khaldun

6. Menjadi Pemandu Yang Baik

Sebagai ilmu sosial, ilmu bimbingan konseling tidak hanya fokus mempelajari konseling dan psikologi. Namun ilmu bimbingan konseling juga mempelajari soal keagamaan, pendidikan, dan kebudayaan.

Dengan cakupan ilmu yang luas ini, seseorang yang belajar bimbingan konseling memiliki cara pandang yang luas dalam melihat permasalahan.

Pada akhirnya cara pandang yang baik dan benar akan menuntun kita menjadi pembimbing sekaligus pemandu yang baik di dalam pemecahan masalah baik secara pribadi maupun masyarakat.

7. Menjadi Konselor

Manfaat belajar bimbingan konseling adalah menjadi seorang konselor. Biasanya konselor bergerak di sektor pendidikan namun kini kebutuhan akan konselor juga dappat kita temui pada bidang industri, kementerian dan organisasi kemasyarakatan.

Kebutuhan yang meningkat menjadikan ilmu bimbingan konseling penting untuk dipelajari agar mampu mengelola permasalahan dengan benar.

8. Menjadi Pribadi Yang Adaptif.

Banyak orang mengalami kesulitan untuk beradaptasi ketika mereka masuk ke dalam lingkungan baru. Salah satu solusi agar menjadi pribadi yang adaptif adalah mempelajari ilmu bimbingan konseling.

BACA JUGA : Resensi Buku Filosofi Teras: Hidup Harus Bahagia

Dengan ilmu bimbingan konseling kamu akan mengetahui bagaimana cara membangun sebuah relasi baru baik dengan sesama manusia maupun dengan lingkungan.

9. Membentuk Kemandirian Serta Kepribadian

Selain faktor pendidikan pembentukan kemandirian dan kepribadian harus melalui beberapa faktor antara lain pengalaman, lingkungan sosial dan  keluarga.

Tugas utama bimbingan konseling adalah membantu seseorang untuk menemukan kepribadian dan karakter diri. Setelah menemukan kepribadian maka seseorang akan mampu melihat potensi yang ada pada dirinya.

Mengetahui potensi diri inilah menjadi titik awal seseorang dapat mengembangkan kemampuan secara maksimal sehingga melahirkan kemandirian baik secara psikis maupun materi.

10. Berpikir Positif dan Kreatif

Manfaat belajar ilmu bimbingan konseling adalah menjadi pribadi yang selalu berpikir positif dan kreatif. Sebagai orang yang ingin memberi solusi kepada seseorang maka seorang konselor harus menumbuhkan rasa optimisme dan percaya diri kepada orang lain.

BACA JUGA : 10 Tips Untuk Mengubah Kebiasaan Lebih Baik

Di sisi lain seorang konselor perannya hampir sama dengan seorang psikolog sehingga ia harus menjadi teman diskusi yang baik bagi teman atau pasiennya.

Biasanya solusi suatu masalah akan muncul ketika terjadi percakapan yang terus menerus antara seorang konselor dengan pasiennya.

Namun menjadi cacatan,  dalam kontek Indonesia biasanya bimbingan konseling erat kaitannya dengan dunia pendidikan sehingga orang yang belajar BK mampu menghadirkan dan mengembangkan metode belajar yang aktif dan kreatif.

Demikian ulasan mudabicara mengenai manfaat belajar bimbingan konseling, semoga menambah insight dan semangat teman-teman dalam belajar.

 

Tulisan Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.