10 Manfaat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Anak Muda

Pendidikan113 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar sejarah kebudayaan islam tentu beragam selain mempelajari sejarah kehidupan sosial, agama dan budaya, sejarah kebudayaan islam akan memberikan pengetahuan tentang runtutan-runrutan peristiwa penting dalam islam.

Kini Ilmu Sejarah Kebudayaan Islam menjadi salah satu jurusan di Universitas dan masuk dalam fakultas adab dan ilmu budaya.

Kajian sejarah kebudayaan islam selain komplek juga rumit sebab seseorang harus mengetahui peristiwan secara tektual maupun kontekstual.

Sebagai umat muslim tentu pengetahun sejarah kebudayaan islam penting sebab membantu seseorang memahami fenomena sejarah dan menambah sekaligus membangun jiwa ke-islaman secara kontekstual.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Sejarah Untuk Anak Muda

Nah! kali ini mudabicara akan mengulas tentang 10 manfaat belajar sejarah kebudayaan islam untuk anak muda, berikut ulasan lengkapnya.

10 Manfaat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Manfaat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

1. Mengetahui Asal-Usul Khazanah Umat Islam

Manfaat belajar sejarah kebudayaan islam pertama adalah mengetahui asal-usul khazanah umat islam mulai dari nabi Muhammad SAW hingga era sekarang.

Dengan mengetahui sejarah maka seorang muslim akan tetap perjuangan para pendahulu dalam berdakwah mengajarkan ajaran Islam.

Di sisi lain, orang yang mempelajari sejarah kebudayaan islam akan mengetahui keahlian, keunggulan serta kekayaan di zaman-zaman tertentu dari proses pemerintahan Islam.

2. Mengetahui Proses Kemajuan dan Kemunduran Umat Islam Dari Masa ke Masa

Dalam sejarah seseorang akan mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran proses pemerintahan.

Setiap masa memiliki pemimpin yang berbeda-beda begitupun tantanganya pun berbeda-beda sehingga seseorang yang mempelajari sejarah tentu dapat melakukan perbandingan.

Di sisi lain, seorang yang mempelajari sejarah kebudayaan islam tentu dapat mengambil pelajaran dari peristiawa-peristiwa terdahulu.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Linguistik Untuk Anak Muda

3. Mengambil Ibrah Dari Sejarah

Salah satu manfaat belajar sejarah kebudayaan islam adalah kita dapat mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa terdahulu sebagai bahan kontemplasi menjalani hidup sekarang.

Pelajaran tentang sejarah juga dapat memantapkan niat kita bahwa Islam merupakan agama yang benar dan patut untuk kita yakini sebagai sebuah pedoman hidup.

Di sisi lain agar masyarakat dapat memilah dan memilih , mana aspek pelajaran yang dapat dan perlu dikembangkan dan mana yang tidak perlu, memgambil mana pelajaran yang baik dan mengambil mana pelajaran yang tidak baik.

4. Membentuk Watak dan Kepribadian Umat

Manfaat belajar sejarah kebudayaan islam selanjutnya adalah membentuk pribadi dan watak seorang muslim yang kuat dan pemberani.

Dengan begitu seorang muslim dapat mengambil pelajaran dari berbagai keberhasilan dan kegagalan pada masa lalu sehinga menjadi pelajaran masa sekarang.

Sejarah yang tak bisa lepas dari konteks sosial masyarakat tentu memiliki keragaman dan muatan lokal yang tentu bisa menjadi titik tumpu membangun pemahaman tentang bagaimana seorang muslim hidup dalam masyarakat sosial.

5. Merasa Bangsa Dan Mencintai Budaya Islam

Dengan mempelajari sejarah kita akan merasa bangga dan mencintai kebudayaan islam karena mengetahui hasil kerja, karsa dan karya umat muslim terdahulu.

Di sisi lain, rasa bangga dan kepemilikan akan mendorong seorang muslim berpartisipasi untuk menjaga hasil peninggalan para leluhur terdahulu baik berupa benda fisik maupun ilmu pengetahuan.

dan tentu cara menjaga ilmu pengetahuan adalah dengan mempelajarinya serta mengajarkannya kepada generasi penerus agar tidak punah dan hilang.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Biologi Untuk Anak Muda

6. Mampu Berpikir Secara Kronologis

Mempelajari sejarah erat kaitannya dengan peristiwa yang terikat waktu, oleh karena itu orang yang ahli sejarah biasanya mampu berpikir secara kronologis.

Di samping agar sejarah mudah untuk dijelaskan, berpikir secara kronologis membuat orang akan mudah memahami peristiwa sejarah secara urut dan runtut.

Pengetahuan tentang masa lalu dapat digunakan untuk memahami fenomena masa depan yang tentu memiliki keberagaman dan kemajemukan sosial.

7. Membangun Jiwa Keislaman

Manfaat belajar sejarah kebudayaan islam adalah membangun jiwa keislaman yang kuat melalui literatur  sejarah yang kita baca dan pelajari.

Ketika seorang muslim memiliki jiwa keislaman yang kuat maka sudah dipastikan memiliki keimanan dan ketakwaan. Dengan iman dan takwa maka seseorang akan mampu menjalankan kehidupan sosial dan agama dengan baik dan benar.

Apabila mereka sedang tidak semangat dan lemah keislamannya ketika membaca sejarah mereka akan semangat kembali

8. Berpikir Kritis dan Analistis

Dalam mempelajari sejarah kadang orang dihadapkan dengan pendapat-pendapat subyektif yang tentu jauh dari obyektifitas kajian sejarah itu sendiri.

Oleh karena itu, seseorang yang mempelajari sejarah harus berpikir kritis dan analitis agar tidak masuk dalam pemahaman yang salah.

Ketika seseorang memiliki pemahaman yang salah tentang sejarah maka memiliki peluang besar kesalahan juga dalam implementasinya.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Sastra Jawa untuk Anak Muda

Maka sejarah harus membawa para pembacanya untuk berpikir kritis agar sejarah membawa kemanfaatan untuk kehidupan sosial masyarakat.

9. Meneladani Perilaku dan Hasil Karya Umat-Umat Terdahulu

Dalam sejarah kebudayaan islam kita akan mengetahui segala peristiwa dan perjuangan para pendahulu dalam melakukan dakwah.

Bagaimana proses perjuangan tersebut menjadi suri tauladan para penerus dan pemicu semangat untuk terus memperjuangkan islam sebagai tonggak kebenaran.

Di samping itu, meneladani para pendahulu adalah jalan seorang muslim juga mendekatkan kepada sang pencipta Allah SWT dan jangan sekali-kali melupakan sejarah sebab dari sejarah kita dapat mengambil pelajaran tentang baik dan buruknya masa lalu.

Dengan begitu orang akan tumbuh motivasi untuk berjuang lebih baik dan belajar kenapa orang-orang terdahulu mengalami kegagalan dalam proses perjuangan.

10. Menjadi Tenaga Pendidik, Dosen, Sejarahwan, Kurator,

Peluang kerja bagi para lulusan sejarah kebudayaan islam pun terbuka lebar. Mereka bisa menjadi seorang dosen dan tenaga pendidik.

Setelah lulus, peluang karir di bidang sejarah pun terbuka lebar, seperti Peneliti sejarah, Penulis buku sejarah, Kurator, Filolog dan lain sebagainya.

Di sisi lain, hampir setiap perguruan tinggi islam memiliki jurusan sejarah kebudayaan islam. Berikut deretan universitas yang membuka jurusan sejarah kebudayaan islam.

  1. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya (UINSA)
  2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
  3. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
  4. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya
  5. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu
  6. Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin Makassar
  7. Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ (STAIN) Parepare
  8. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado
  9. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  10. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  11. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  12. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu
  13. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah
  14. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
  15. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  16. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  17. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)
  18. Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry
  19. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Nah! sekian penjelasan mengenai 10 manfaat belajar sejarah kebudayaan islam kali ini, semoga menjadi salah pelajaran kita bersama dan sampai jumpa pada artikel-artikel lainnya.

 

Tulisan Terkait: