10 Rekomendasi Kuliah Luar Negeri Untuk Anak Muda

Pendidikan243 Dilihat

Mudabicara.com_ Siapa sih anak muda yang tidak ingin kuliah luar negeri, mungkin hampir setiap anak muda memiliki impian untuk dapat melanjutkan study ke luar negeri.

Meskipun tidak mudah namun apa salahnya mencoba untuk mewujudkannya. Kini mudabicara ingin memberi informasi  seputar 10 rekomendasi kuliah luar negeri  untuk kalian semua.

Selain memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik tentu memiliki pengalaman kuliah luar negeri menjadi menjadi impian banyak orang.  Berikut 10 10 Rekomendasi Kuliah Luar Negeri Untuk Anak Muda.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Linguistik Untuk Anak Muda

10 Rekomendasi Kuliah Luar Negeri Untuk Anak Muda

1. Inggris

Kuliah di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang baik sehingga negera yang memiliki julukan United Kingdom ini mempunyai univeritas terbaik dunia.

Berdasarkan data yang dirilis  QS World University Ranking 2022 ada 4 kampus Ingrris yang masuk dalam peringkat 10 besar dunia.

Empat kampus tersebut antara lain University of Oxford di peringkat 2, University of Cambridge di peringkat 4, Imperial College London di peringkat 7, dan University College London di peringkat 8.

Di sisi lain negara Inggris menawarkan masa pendidikan yang lebih singkat dari pada negara-negara lain, misalnya untu pendidikan masters atau pascasarjana hanya membutuhkan waktu 1 tahun sedangkan sarjana dalam waktu 3 tahun.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Biologi Untuk Anak Muda

2. Amerika Serikat

New York, United States

Negara yang terkenal dengan julukan negara paman sam ini menjadi tujuan favorit anak muda yang ingin kuliah ke luar negeri.

Berdasasrkan data QS World University Ranking Amerika Serikat memiliki beberapa universitas yang menduduki peringkat universitas terbaik dunia.

Universitas-universitas tersebut antara lain Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang menduduki peringkat pertama, Stanford University (US) yang menduduki peringkat ketiga dan Harvard University (US) yang menempati peringkat kelima.

Selain pendidikannya yang berkualitas, Amerika serikat juga sebagai negara yang multikultural dan multietnis sehingga keterbukaan dan demokrasi berjalan dengan baik.

3. Singapura

Kuliah di Singapura

Rekomendasi kuliah luar negeri yang ketiga adalah negara Singapura, Selain kualitas pendidikan yang baik singapura juga termasuk negara yang maju tidak hanya kawasan Asia Tengara namun juga Dunia.

Berdasarkan data TOP 20 QS World University Ranking 2022 Singapura menempatkan dua Universitas terbaiknya dalam daftar universitas terbaik yakni Nanyang Technological University (Singapore) dan National University of Singapore.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Kimia Untuk Anak Muda

Di sisi lain, Singapura masih dalam satu kawasan ASEAN sehingga tidak memerlukan adaptasi yang lama ketika tinggal di Singapura.

4. Swiss

 

Kuliah di Swiss

Negara Swiss tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya namun juga dengan sistem pendidikannya. Konon negara bersalju ini memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Berdasarkan data TOP 20 QS World University Ranking ada dua universitas di Swiss yang masuk dalam daftar Universitas terbaik dunia yakni ETH Zurich dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Matematika Untuk Anak Muda

Di samping itu, berdasakan Global Peace Index 2021 negara Swiss juga terkenal sebagai negara yang paling aman di dunai dan tentu negara yang memiliki keindahan alam yang mengagumkan sehingga banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

5. China

Kuliah di Cina

Sebagai sebuah negara, China kini menjadi salah satu negara yang paling berpengaruh baik dalam segi politik maupun ekonomi. Maka tidak heran apabila ada pepatah mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina”.

Selain negara yang memiliki peradaban tua, negara China juga termasuk negara yang memiliki sistem pendidikan yang baik dan unggul.

Berdasarkan data TOP 15 QS World University Ranking 2023 China menempatkan dua Universitas terbaik yakni Peking University dan Tsinghua University .

6. Australia

Kuliah di Australia

Australia merupakan negara yang terkenal dengan kenyamanan kota sehingga negara ini menjadi salah satu tempat favorit untuk melanjutkan studi dan kuliah.

Bahkan berdasarkan TOP 10 QS Best Student Cities 2022 kota Melbourne dan Sydney termasuk kota Best Student Cities dan bedasarkan Global Finance 2022 termasuk TOP 10 Best Cities to Live.

Bahkan dalam kota Melbourne dan Sydney terdapat beberapa universitas antara lain University of Melbourne, Monash, University of Sydney, University of New South Wales, dan University of Technology.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Untuk Anak Muda

Dan jangan khawatir beberapa universitas di atas juga termasuk dalam TOP 150 QS World University Ranking. 

7. Jepang

Kuliah di jepang

Negeri dengan julukan matahari terbit selain memiliki kebudayaan yang matang juga termasuk negara yang banyak meraih nobel terbanyak di Asia.

Tak heran jika negara Jepang menjadi salah satu tujuan favorit para pencari beasiswa untuk melanjutkan studi. Berdasarkan TOP 100 QS World University Ranking 2022 negara ini memiliki 5 universitas berkualitas dunia.

Selain itu, negara ini terkenal dengan kebersihan dan tata kelola sosial yang disiplin sehingga negara ini termasuk negara paling aman di dunia berdasarkan survei Global Peace Index .

8. Korea Selatan

Kuliah di Korea Selatan
Negara yang terkenal dengan film dan K-pop ini menjadi salah satu negara tujuan favorit bagi mereka yang ingin melanjutkan studi keluar negeri.

Meskipun sempat menjadi negara tertinggal pada era 1960-an namun Korea Selatan mampu melakukan transisi industrialisasi dengan baik sehingga tak heran pertumbuhan ekonomi dan pendidikannya ikut berkualitas.

Berdasarkan TOP 100 QS World University Ranking 2022 ada 6 universitas Korea Selatan yang memiliki kualitas baik dan memadai skala internasional.

Di samping itu, apabila kalian kuliah di Korea Selatan kalian akan memahami bagaimana K-pop dan Drama menjadi soft power diplomasi negara tersebut ke negara lain.

9. Hong Kong

Kuliah di Hong Kong
Hongkong menjadi salah satu negara yang memiliki kemampuan kapital yang kuat terutama di daerah Asia. Selian itu Hong Kong mengunakan bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian masyarakat.
Oleh sebab itu, negara ini cocok untuk kalian yang ingin melajutkan studi karena tidak membutuhkan adaptasi berlebih dibandingan negara Asia Timur lainnya.
Di sisi lain, berdasarkan TOP 100 QS World University Ranking 2022 negara Hong Kong memiliki 8 universitas yang berkualitas Internasional.
Nah! makanya tidak salah apabila kalian segera memburu beasiswa agar dapat kuliah di negara Hong Kong yang super kece.

10. Kanada

Kuliah di Kanada

Kanada merupakan negara yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu negara Kanada juga memiliki kualitas pendidikan yang baik.
Beberapa kampus yang mungkin menjadi referensi kalian apabila ingin keuliah di Kanada antara lain UNIVERSITY OF TORONTO, UNIVERSITY OF WATERLOO, UNIVERSITY OF BRITISH COLUMBIA,  MCGILL UNIVERSITY, UNIVERSITY OF ALBERTA, MCMASTER UNIVERSITY, QUEEN’S UNIVERSITY AT KINGSTON dan UNIVERSITY OF MONTREAL.
Nah, berikut 10 rekomendasi kuliah luar negeri, semoga artikel mudabicara kali ini bermanfaat untuk kalian semua.
Tulisan Terkait: