3 Rekomendasi Wisata Religi Tulungagung, Yuk Kunjungi!

Budaya1718 Dilihat

Mudabicara.com_ Wisata religi Tulungagung sangat beragam, Kota ini tidak jauh berbeda dengan kota-kota lain di Jawa Timur, yang memiliki cerita sejarah yang menakjubkan dan berbagai keindahan alam.

Konon salah satu kabupaten di Indonesia ini memiliki jumlah makam Wali Allah terbanyak di Jawa Timur. Peziarah dari berbagai daerah sering mengunjungi beberapa tempat ziarah ini setiap hari.

Selain itu, banyak tenpat wisata lain yang juga dapat kalian nikmati mulai dari wisata alam dan pantai hingga wisata sejarah dan situs budaya.

Baca Juga : Ini 3 Destinasi Wisata Religi Kota Madiun, Wajib Anda Kunjungi!

Nah! pada artikel kali ini mudabicara akan mengulas lebh dalam tentang tempat wisata religi yang ada di Kabupaten Tulungagung. Yuk! simak selengkapnya ulasan berikut ini:

3 Rekomendasi Wisata Religi Tulungagung

1. Makam Sunan Kuning

Makam Sunan Kuning adalah objek wisata religi di Tulungagung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah bahkan dari luar pulau Jawa. Makam ini terletak di Desa Macabang, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.

Selain itu, di area makam terdapat masjid tiban, masjid yang konon mitosnya muncul begitu saja tanpa proses pembangunan apa pun.

Masjid ini dulunya hanya surau dengan lantai tanah beratapkan daun alang-alang. Masjid ini telah direnovasi, tetapi sekarang lebih luas.

Area masjid ini terdiri dari tiga bagian: bangunan utama yang digunakan sebagai tempat beribadah, serambi yang sering digunakan sebagai tempat pengajian, dan makam Sunan Kuning yang terletak di sisi barat masjid Tiban.

Masjid ini telah ada sejak awal penemuan makam Sunan Kuning ini. Zainal Abidin adalah nama asli Sunan Kuning. Dia adalah menantu Sunan Ampel dari Surabaya.

Renovasi masjid pernah dilakukan untuk memperbaiki kerusakan di beberapa area. Di tahun 2007, renovasi besar-besaran dilakukan untuk memperkuat tubuh bangunan.

Ketika Anda pergi ke tempat wisata ini, Anda akan melihat beberapa sisa-sisa kota kuno yang masih hidup. Sebuah bedug dan meja mengaji yang terbuat dari pohon jati adalah bagian dari peninggalan tersebut.

Menariknya, seorang ahli purbakala pernah menyelidiki meja mengaji tersebut pada masa lalu dan mengira itu berumur ratusan tahun.

Masjid Tiban memiliki banyak makam penemu, tetapi makam Sunan Kuning adalah yang paling terkenal dan paling banyak diziarahi oleh pengunjung. Orang-orang dari berbagai wilayah sering mengunjungi makam ini pada malam Jumat, terutama selama bulan Ramadhan.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata Religi Nganjuk, Wajib Anda Kunjungi

Mungkin Anda ingin merencanakan untuk mengunjungi objek wisata religius makam Sunan Kuning ini selama liburan Ramadhan. Wisatawan biasanya datang dalam jumlah besar, bukan hanya rombongan kecil atau individu, tetapi juga sekelompok orang dari daerah lain yang tiba dengan bus.

2. Masjid Agung Al-Munawwar

tempat wisata di Tulungagung

 

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Masjid Agung Al-Munawwar. Masjid ini merupakan masjid raya masyarakat Tulungagung. Karena desainnya yang menarik, selain sebagai tempat ibadah, Masjid Al-Munawwar ini juga kerap kali dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Jadi bagi kamu yang akan melancong ke Tulungagung, Jangan sampai melewatkan objek wisata religi yang satu ini.

Nah sebagai informasi, meskipun literatur yang membahasnya sangat sedikit, Masjid Agung Al-Munawwar ini kira-kira berdiri pada tahun 1262 H/1841 M dengan penggagasnya yaitu Kyai Mangun dan tanah wakafnya berasal dari  Mbah Ichsan. Kemudian pada tahun 2004 masjid ini menjadi Masjid Agung setelah sebelumnya berstatus masjid Jami’.

Masjid Agung Al-Munawwar berlokasi di area Alun-Alun Kusuma Wicitra Tulungagung. Jadi ketika mengunjungi masjid ini, kamu juga bisa sekalian mampir untuk menikmati suasana alun-alun kota Trenggalek. Di sana kamu bisa bersantai sekalian menikmati jajanan kuliner kota Tulungagung.

Dalam perkembangannya Masjid Agung Al-Munawwar pernah merenovasi total bangunannya sebanyak dua kali. Pertama kali terjadi pada tahun 1991 untuk memperluas bangunan dan memadukan gaya arsitektur modern dengan gaya klasik. Sebab semakin lama semakin banyak jama’ah masjid yang datang. Kini masjid ini mampu menampung sekitar seribu lebih jamaah. Kemudian renovasi yang kedua pada tahun 2004 menambah dengan gaya arsitektur timur tengah.

Setelah renovasi, masjid ini menjadi semakin indah berkat arsitekturnya yang megah. Meskipun berusia sangat tua, berkat renovasi masjid Agung Al-Munawwar ini terlihat modern. Dengan perpaduan arsitektur klasik dan gaya modern. Sehingga secara sekilas kamu akan melihat masjid ini seperti masjid yang baru di bangun baru-baru ini, tidak seperti bangunan lama. Dari situlah keunikan masjid Agung Al-Munawwar ini, sehingga menjadi tujuan para wisatawan selain sebagai tempat ibadah.

3. Situs Masjid Al-Mimbar

tempat wisata di tulungagung

Rekomendasi tempat wisata di Tulungagung bernuansa religi yang terakhir adalah Situs Masjid Al-Mimbar. Masjid yang bangunannya berbentuk seperti limas ini pada awalnya adalah bangunan masjid tanpa dinding. Arsitekturnya bergaya khas kesultanan Mataram, terutama pada bagian gerbangnya.

Tahukah kamu, bahwa yang membuat masjid Al-Mimbar ini memiliki daya tarik bagi para wisatawan dan pecinta sejarah, khususnya sejarah perkembangan Islam di Nusantara, adalah masjid ini merupakan saksi penyebaran agama Islam di Tulungagung. Jadi masjid ini adalah masjid peninggalan Raden KH Khasan Mimbar, yang namanya diabadikan menjadi nama masjid ini. Beliau merupakan pendakwah Islam yang pertama di Tulungagung.

Pada masa itu sebenarnya masyarakat di daerah ini sudah ada yang memeluk ajaran Islam, hanya saja sebagian besar ritual ibadahnya masih bercampur aduk dengan tradisi Hindu dan tradisi adat istiadat dalam kesehariannya. Atas dasar itulah Raden KH Khasan Mimbar memutuskan untuk mendakwahkan ajaran Islam yang benar.

Sehingga masyarakat di sana bisa melaksanankan ritual agama Islam dengan benar tanpa pengaruh kebudayaan maupun agama lain. Namun bukan berarti Raden KH Khasan Mimbar melarang melakukan praktik kebudayaan ya. Hanya saja untuk mengedukasi agar masyarakat bisa membedakan antara ritual agama dan budaya.

Demikianlah 3 rekomendasi objek wisata religi yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Tulungagung. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata religi di atas? Jika iya, maka pastikan untuk memasukkannya ke dalam daftar tempat wisata di Tulungagung yang ingin kamu kunjungi.

Selain itu kamu juga bisa mencoba mencari alternatif lain seperti tempat nongkrong di Tulungagung yang sedang populer, atau mungkin mencoba lezatnya makanan dengan berwisata kuliner di Tulungagung.

Tulisan Terkait: