Mudabicara.com_Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020.

Acara ini merupakan bentuk apresiasi Kemendikbud kepada peserta didik berprestasi baik siswa maupun mahasiswa yang berhasil meraih juara pertama dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan Puspresnas Kemendikbud selama tahun 2020.

BACA JUGA : YUK ANAK MUDA! BELAJAR PELUANG USAHA PUPUK ORGANIK

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im mengatakan, kompetisi merupakan wadah yang dapat mendorong para peserta didik baik siswa maupun mahasiswa untuk lebih berprestasi meningkatkan kemampuan diri untuk berkontribusi bagi bangsa Indonesia. Menurutnya, kesempatan untuk menjadi juara pada sebuah ajang kompetisi, harus dijadikan awal untuk mengembangkan diri dan tidak cepat puas dengan prestasi yang telah diraih.

“Selamat kepada adik-adik semua atas prestasi yang telah dicapai. Semoga tetap semangat dalam belajar, membangun diri, mengembangkan diri, dan berkontribusi lebih besar untuk pembangunan bangsa dan negara Indonesia,” kata Ainun Na’im saat membuka acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 secara daring, Senin (28/12/2020).

Sesjen Kemendikbud juga mengapresiasi para guru, dosen pembimbing, dan orang tua serta keluarga siswa/mahasiswa yang telah mendampingi dan memotivasi putra dan putrinya mengikuti kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbud secara baik dan jujur.

BACA JUGA : PRODUK EKONOMI SYARI’AH MAKIN BERAGAM, WAMENG: LITERASI FIKIH HARUS DIKEMBANGKAN

Ainun Na’im berharap para peserta yang mengikuti Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 ini dapat berpartipasi aktif dengan para narasumber yang akan membagikan ilmu dan pengalamannya. “Acara ini sangat bermanfaat untuk memberikan inspirasi bagi kita semua khususnya adik-adik. Ada berbagai tokoh nasional yang akan memberikan inspirasi, membagikan pengalamannya kepada adik-adik semua,” pesan Ainun.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (plt.) Kepala Puspresnas, Kemendikbud, Asep Sukmayadi, menyatakan rasa bangganya terhadap para peserta didik berprestasi yang berhasil menjadi juara tahun ini. “Dari total 121.745 peserta dalam berbagai kompetisi, lomba, dan festival yang dilaksanakan Puspresnas Kemendikbud (selama tahun 2020), peserta didik berprestasi yang berkumpul hari ini sebanyak 868 siswa/mahasiswa,” kata Asep.

Tujuan kegiatan Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 adalah mempertemukan peserta didik berprestasi dalam ruang silaturahmi virtual. “Selain itu untuk memperluas wawasan kebangsaan, berbagi inspirasi, idealisme, dan gagasan. Juga untuk membangun jejaring talenta nasional, menyatukan semangat dan tekad sebagai generasi emas pelajar Pancasila,” lanjutnya.

BACA JUGA : MENGENAL TEORI HUKUM TIGA TAHAP AUGUSTE COMTEĀ 

Di tengah pandemi Covid-19 Kemendikbud melalui Puspresnas tetap menyelenggarakan berbagai kompetisi, lomba, dan festival bagi peserta didik tingkat nasional. Total kompetisi yang dilaksanakan berjumlah 52 ajang, yang diikuti sebanyak 121.745 peserta.

Pelaksanaan kompetisi secara daring dengan jumlah peserta yang yang sangat banyak membuahkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kemendikbud mencatatkan empat Rekor nasional MURI, yaitu 1) Kompetisi bidang Sains, Riset, Teknologi, dan Inovasi secara Daring dengan jumlah peserta terbanyak; 2) Kompetisi bidang Seni, Bahasa, dan Literasi secara Daring dengan jumlah peserta terbanyak; 3) Kompetisi bidang Olah raga dan Kesehatan Jasmani secara Daring dengan jumlah peserta terbanyak; dan 4) Kompetisi bidang Vokasi dan Kewirausahaan secara Daring dengan jumlah peserta terbanyak.

Kegiatan ini digelar dari tanggal 28 hingga 30 Desember 2020 yang diisi dengan berbagai diskusi dan ruang inspirasi yang bermanfaat. Narasumber yang direncanakan akan berbagi inspirasi dalam kegiatan ini antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim; Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati; Rektor Institut Pertanian Bogor, Arif Satria; pegiat pendidikan Najeela Shihab; dan lain-lain. Para peserta mengikuti acara tersebut secara virtual.