Mudabicara.com-Menjadi dewan perwakilan rakyat (DPR) atau pejabat publik lainnya bisa dikatakan adalah mimpi bagi setiap orang. Namun jabatan publik tersebut tentu harus disertai dengan rasa amanah dan tanggung jawab yang besar untuk membawa masyarakat yang dipimpinnya menuju keadaan sejahtera dan adil makmur.

Begitulah visi Bung Josri, tokoh muda asal Buton Utara (Butur) atau akrab disapa Bang Joss ini. Ia adalah sosok pejabat pilihan rakyat Butur, yang dipilih secara demokratis dalam dua periode masa jabatan. Sosoknya yang bersahaja dan bersahabat dengan masyarakat membuatnya mudah untuk dicintai dan ditokohkan oleh masyarakat.

Meski begitu, karir dan kesuksesannya hari ini sebagai politisi, tidak terlepas dari perjalanan hidupnya yang dilalui penuh dengan liku dan perjuangan. Posisinya saat ini juga tidak didapat dengan instan, namun dengan usaha dan semangat yang tinggi.

Masa Muda

Politisi kelahiran Lipu 14 Mei 1980 ini menamatkan pendidikan sarjana Ilmu Politik di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. Sikap terbuka dan mudah akrab membuat Bung Josri mempunyai kepekaan sosial yang tinggi.

Masa muda ia dihabiskan untuk bergaul dan menambah kawan sebanyak-banyaknya. Setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru, begitulah Bung Josri menghabiskan hari-harinya untuk selalu berinteraksi dengan masyarakat. Bung Joss mempunyai sudut pandang yang berbeda dari teman-temannya tentang kehidupan dan masa depan.

Ia pernah merantau dari ujung barat hingga timur Indonesia. Setelah merantau kesana kemari, akhirnya Bung Joss menetap dan menepi di daerah trans tepatnya Desa Waode Angkalo Kec Bonegunu. Disanalah ia memulai pengabdiannya kepada masyarakat.

Bung Josri
Bung Josri Bersama Masyarakat

Masa mudanya yang kaya pengalaman inilah yang menjadi modal sosial penting bagi dirinya untuk mempunyai sudut pandang yang berbeda tentang arti pemberdayaan dan pembangunan bagi masyarakat.

Atas kepedulian dan kepekaan sosial yang ada pada pribadi Bung Joss, akhirnya Ia mendapat amanah menjadi Kepala Desa Waode Angkalo dan berlanjut hingga ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Buton Utara.

Jejak Karir Politik

Bung Joss adalah peraih suara terbanyak dalam Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur) pada April 2019 kemarin. Sebelum menjadi Anggota DPRD, karir politiknya dimulai dari Kepala Desa di Desa Waode Angkalo, Kecamatan Bonegunu.

Bung Josri
Bung Josri Sedang Rapat

Bung Joss terpilih menjadi Anggota DPRD Butur sejak Periode 2014-2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah pemilihan (Dapil) Bonegunu, Kambowa, dan Kabupaten Butur. Pada pemilu legislatif (pileg) periode 2019-2024 lalu ,bung Josri terpilih kembali menjadi anggota DPRD Butur untuk ke dua kalinya dari PAN di Dapil yang sama. Terlebih, beliau saat ini merupakan ketua fraksi PAN di DPRD Buton Utara.

Pribadi yang dikenal dekat, akrab dan bersahabat dengan masyarakat menjadi alasan kuat ia terpilih kembali dan meraih suara terbanyak di antara semua Caleg Se-Buton Utara. Berkat keluwesannya tersebut, menjadikan beliau tidak hanya dikenal sebagai macan di kandangnya sendiri, tetapi juga dikenal di kecamatan-kecamatan lain seperti di wilayah Kulisusu, Kulisusu Utara, dan Wakurumba Utara di Kabupaten Buton Utara.

Bung Josri
Josri S.IP Ketua Fraksi PAN DPRD Buton Utara, Koleksi Pribadi