Mudabicara.com_ Bila kita perhatikan, masyarakat yang ada di Negara maju memiliki kebiasaan membaca buku. ketika mendatangi perpustakaan-perpustakaan yang ada disana pun terdapat banyak buku dengan berbagai konsentrasi ilmu pengetahuan.

Bahkan ada buku yang sudah berumur lebih dari puluhan tahun. Tak hanya sampai disitu, kondisi perpustakaannya pun nyaman dan dilengkapi dengan teknologi canggih sebagai penunjang.

BACA JUGA : SISTEM POLITIK TOTALITER, PENGERTIAN MACAM DAN CIRI-CIRINYA

Hal ini bisa menjadi ciri bahwa negara maju adalah negara yang memiliki tradisi mempelajari ilmu pengetahuan yang ada. Kemudian melakukan pengembangan terhadap ilmu yang telah ada dan menghadirkan inovasi baru yang bermanfaat bagi umat manusia.

Lantas apa yang membuat orang-orang mau membaca buku? Bukankah orang-orang akan melakukan sesuatu yang menurut mereka akan mendatangkan manfaat bagi diri mereka. Betul apa betul? Jelas tidak mungkin orang mau melakukan sesuatu yang tidak mendatangkan bermanfaat bagi mereka.

Sebelum kita menghadirkan kebiasaan membaca buku di dalam kehidupan kita. Marilah kita ketahui terlebih dulu apa manfaat yang didapatkan dari membaca buku.

Manfaat Membaca Buku

1.Menambah Wawasan Dan Ilmu Pengetahuan

Buku adalah tempat berbagi bagi para penulis kepada orang lain. Mereka akan menuangkan segala pikiran, pengalaman, dan wawasan yang dimiliki untuk dimuat di dalam buku tersebut.

BACA JUGA : PEMUDA, KORUPSI DAN PARTISIPASI POLITIK

Jadi ketika kita membaca buku, kita akan mendapatkan wawasan baru yang berasal dari pemikiran dan pengalaman penulis. Baik itu tulisan fiksi maupun nonfiksi.

Ketika membaca buku nonfiksi, kita akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang dialami oleh sang penulis, sementara saat membaca buku fiksi kita akan mendapatkan wawasan, kosakata, atau istilah baru yang sebelumnya tidak kita tahu.

So, apapun bacaannya pasti akan menambah wawasan dan pengetahuan yang kita miliki.

2. Membaca Dapat Menghilangkan Stress

Ketika beban pikiran mulai berat, membaca buku bisa menjadi obat penghilang atau minimal mengurangi stress yang ada dalam diri kita.

Saat membaca buku, kita bisa terhibur dengan cerita-cerita yang dikemas dengan apik atau termotivasi ketika membaca kisah tokoh-tokoh hebat serta inspiratif yang termaktub dalam buku.

Ada kalanya, tulisan yang kita baca menjawab persoalan yang sedang kita alami dengan sebuah solusi. Sehingga kita bisa keluar dari persoalan yang kita hadapi.

Lantas kenapa tidak meluangkan waktu membaca buku untuk menghilangkan stress?

3. Membaca Dapat Menjadi Teman Di Kala Menunggu

Seringkali apa yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Ketika membuat janji untuk bertemu teman atau partner bisnis, ada kalanya kita harus menunggu kedatangan mereka. Bisa jadi karena terjebak oleh padatnya jalanan kota atau urusan urgent yang harus segera diselesaikan ataupun alasan lainnya.

BACA JUGA : BUDAYA MEMBACA BUKU, TERBIASA KARENA DIBIASAKAN

Buku menjadi teman untuk menemani kita selama menunggu. Daripada bosan dan emosi akibat lama menantikan kedatangan mereka, lebih baik membaca buku kan?

4. Membaca Dapat Mengasah Kemampuan Otak

Saat kita membaca, otomatis kita akan memikirkan  kalimat-kalimat yang dibaca. Hal ini untuk melatih otak kita dalam mencerna informasi serta meningkatkan kecerdasan kita.

5. Membaca Dapat Membantu Kita Mengingat Hal Penting Yang Terlupakan.

Keterbatasan memori ingatan manusia, seringkali membuat kita lupa akan hal-hal yang pernah kita sudah pelajari atau bahkan telah kita fahami sebelumnya. Membaca buku akan menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan ini.

Pasti pernah diantara kita ketika membaca buku langsung teringat sesuatu yang sebelumnya pernah dipelajari di masa lampau?

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR POLITIK UNTUK ANAK MUDA 

Maka tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk membaca buku.

6. Membaca Dapat Mendatangkan Inspirasi Dalam Menulis

Bagi para penulis, membaca buku menjadi aktivitas wajib sebagai langkah untuk mengumpulkan bahan dan materi untuk membuat sebuah tulisan.

Ada sebuah kalimat berbunyi, “Bagaimana kita bisa mengisi gelas bila teko tak terisi air?” jadi, membaca buku sebagai sarana untuk mengisi pikiran penulis dengan nutrisi yang bermanfaat.

Sehingga, dapat  berbagi inspirasi kepada pembacanya. Tidak mungkin juga kan kita berbagi bila kita tak memiliki sesuatu untuk dibagi?

7. Membaca Dapat Mengatasi Insomnia

Pernahkah kamu saat membaca buku lama-kelamaan tertidur dengan sendirinya? Kalau iya berarti kita sama. Berdasarkan cerita teman. Beliau mengatasi insomnia dengan membaca buku. bahkan seringkali membaca sampai tertidur dengan buku yang sedang di tangannya.

Mungkin ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang mengalami insomnia.

8. Membaca Adalah Salah Satu Bentuk Ibadah.

Bagi umat Islam membaca adalah ibadah. Hal ini tertulis jelas di dalam Surah Al-Alaq ayat 1 yang artinya, “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,” Maka aktivitas membaca buku bukan hanya sekadar kebiasaan biasa.

Namun bisa menjadi sarana untuk menambah pahala karena telah melaksanakan perintah Allah. Jadi tidak ada lagi alasan kan untuk tidak membaca buku?

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR SOSIOLOGI UNTUK ANAK MUDA 

Pada akhirnya ini hanyalah sebuah tulisan sebagai upaya untuk menumbuhkan kebiasaan membaca buku di kalangan masyarakat.

Tulisan ini tak akan ada artinya bila hanya sekadar menjadi bahan bacaan kemudian berlalu begitu saja. Tanpa upaya untuk merasakan secara langsung manfaat membaca buku dan menyelaminya dalam kehidupan sehari-hari. Semangat membaca!

 

Oleh : M. Pandu Kurniawan (Inisiator Gerakan Membaca Buku Setiap Hari)