Sholawat Nabi: Teks Arab, Latin dan Manfaatnya Untuk Seorang Muslim

Budaya837 Dilihat

Mudabicara.com_ Sholawat nabi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan seorang muslim. Banyak kemulian, keistimewaan serta keutamaan apabila seorang membaca sholawat nabi.

Berdasarkan kitab Kifayatul Atqiya’ wa Minhajul Ashfiya’, Sayyid Abu Bakar Syatha mengatakan amalan sholawat nabi dapat menuntun kita mendapatkan jalan yang lurus, menyelamatkan dari api neraka serta menghapus dosa besar.

Adapun tata cara membaca amalan sholawat tidak ada waktu khusus, Amalan membaca sholawat dapat dilakukan kapan saja dan dimana pun berada.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata Religi Nganjuk, Wajib Anda Kunjungi

Bahkan dalam segi lafal, bacaan sholawat nabi memiliki lafal yang pendek hingga yang panjang. Oleh karena itu, amalan bacaan sholawat nabi mudah dilakukan oleh siapapun dan kapanpun.

Allah Swt berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 56 terkait dengan keutamaan sholawat:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman. Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Sebagai seorang hamba amalan sholawat Nabi merupakan kewajiban sekaligus perintah Allah SWT agar kita mendapat syafaat dari Rasullah SAW.

Teks Bacaan Sholawat Nabi

Sholawat Nabi

Berikut amalan bacaan sholawat Nabi Muhammad Saw lengkap tulisan, arab, latin dan artinya yang dapat dijadikan amalan harian:

1. Sholawat Ibrahimiyah

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad kama shallaita ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim wa baarik ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad kama baarakta ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim fil ‘alamiina innaka hamiidun majiid

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

2. Sholawat Nabi Pendek (Jibril)

صَلَّى اللهُ مُحَمَّد

Shallallahu ‘Ala Muhammad

Artinya : “Semoga sholawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad.”

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata Religi Trenggalek, Wajib Anda Kunjungi

3. Sholawat kepada Nabi, keluarga dan para sahabat

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ

Allahumma Sholli Ala Muhammad wa ala alihi washohbihi ajma’in

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat semuanya.”

10 Manfaat Sholawat Nabi Untuk Seorang Muslim

Sholawat Nabi

1.  Mendapat Pertolongan Rasulullah SAW

Amalan sholawat nabi akan menolong kita mendapatkan petolongan atau syafaat dari Rosullah SAW. Sebagai seorang muslim yang beriman dan bertakwa kita selalu mengharap diakui sebagai umat Rasullah SAW.

Oleh karena itu, membaca amalan sholawat nabi akan membantu kita mendapatkan pertolongan dari Rasullah nanti di akhir zaman kelak.

2. Mendapatkan Pahala

Berdasarkan hadist riwayat Ibnu Abi Ashim dari Al-Barra bin Azib RA, orang yang bershalawat akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah.

Oleh karena itu ,manfaat membaca sholawat nabi adalah kita akan mendapat pahala dari Allah SWT. Barang siapa membaca sholawat nabi maka akan menpatkan pahala setara dengan membebaskan 10 budak.

3. Dapat Menghapuskan kefakiran

Barang siapa membaca shalawat nabi, maka Allah akan meniadakan kefakiran baginya dan memberikan limpahan kebaikan yang bermanfaat.

Oleh karena itu, manfaat membaca amalan sholawat nabi dengan istiqomah tidak hanya di dunia namun nanti hingga di kahirat.

Baca Juga : Ini 3 Destinasi Wisata Religi Kota Madiun, Wajib Anda Kunjungi!

4. Dapat Meningkatkan Derajat

Dalam hadist riwayat Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar, Rasulullah bersabda.

Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah swt akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

Maka manfaat membaca sholawat adalah dapat meningkatkan derajat serta mendapatkan kebaikan serta dihapuskandari keburukan.

5. Mendapatkan Balasan Shalawat Dari Allah

Rasulullah bersabda, “Siapa yang bershalawat untukku sekali, maka Allah swt bershalawat untuknya 10 kali.”

Maka manfaat amalan sholawat nabi adalah mendapat balasan dari Allah SWT, oleh karena itu lakukan amalam sholawat nabi setiap hari.

6. Mendapatkan Ampunan Dosa

Manfaat amalan sholawat Nabi berikutnya adalah mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Di riwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil, Rasulullah bersabda:

“Wahai Abu Kahil, siapa yang bershalawat untukku saban hari tiga kali dan saban malam tiga kali karena cinta dan rindu kepadaku, sungguh Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu.”

7. Mendapatkan Shalawat Dari Rasulullah

Keutamaan sholawat nabi selanjutnya adalah mendapatkan sambutan shalawat dari Rasullullah. Setiap umat muslim yang bershalawat kepada Nabi Muhammad, maka beliau sendiri akan menyambut dengan bershalawat untuknya.

Hadist riwayat Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik dikatakan, “Siapa yang bershalawat untukku maka shalawat itu akan sampai padaku dan aku akan bershalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan.”

Baca Juga : 3 Destinasi Wisata Religi Ponorogo yang wajib dikunjungi

8. Mendapatkan Keberkahan

Manfaat membaca amalan sholawat nabi selanjutnya adalah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Barang siapa membaca sholawat nabi maka termasuk golongan manusia yang paling utama di sisi-Nya.

Di sisi lain, Allah juga akan mengalirkan keberkahan dan kebaikan bagi siapa saja yang bershalawat pada Rasul utusan Allah. Bahkan keberkahan tersebut akan terus mengalir hingga anak dan cucunya.

9. Menjadi Penghibur di alam kubur

Manfaat amalan sholawat nabi tidak hanya di dunia namun juga nanti di alam kubur. Bagi siapa saja yang istiqomah mambaca sholawat maka akan menjadi penghibur di alam kubur kelak.

Bagi seorang muslim yang beriman dan bertaqwa hanya amal ibadah yang akan menolong seseorang nanti di kehidupan akhirat. Oleh karena itu, selama masih hidup di dunia perbanyaklah amal ibadah dan salah satunya adalah membaca sholawat nabi.

10. Malaikat turut membaca shalawat

Dalam hadist riwayat Imam Ahmad dari Abdullah bin Umar ra, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang bershalawat untuk Nabi Muhammad saw sekali, maka Allah swt dan malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”

Apabila seorang hamba istiqomah melakukan amalan bacaan sholawat maka bukan hanya Allah dan Rasulullah yang juga akan bersholawat.

Namun alaikat juga turut bershalawat pada orang-orang yang membaca shalawat nabi. Bahkan, para malaikat membalas dengan 70 kali bacaan shalawat nabi bagi siapa saja yang melakukan amalan ini.

Sekian penjelasan mengenai Amalan sholawat nabi kali ini, sampai jumpa pada pembahasan-pembahasan selanjutnya. Selamat membaca.

 

Tulisan Terkait: