9 Wisata Religi Blitar Yang Wajib Anak Muda Kunjungi

Budaya361 Dilihat

Mudabicara.com_ Wisata religi Blitar tentu begitu beragam mulai dari tokoh kemerdekaan hingga tokoh ulama penyebar agama Islam.

Kota penghasil coklat dan tempat kelahiran Soekarno ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik sebab memiliki keindahan alam alami maupun buatan.

Di samping itu, banyak sejarah yang dapat kita pelajari di kota Blitar sehingga dapat menjadi salah satu destinasi wisata religi. Apabila kalian berencana untuk berkungjung ke kota Blitar jangan lumpa singgah di tempat-tempat berikut ini:

Baca Juga : 3 Destinasi Wisata Religi Ponorogo yang wajib dikunjungi

9 Wisata Religi Blitar Yang Wajib Anak Muda Kunjungi

Wisata Religi Blitar

1. Makam Syech Subakir

Wisata religi Blitar pertama adalah makam Syech Subakir. Syech Subakir merupakan sosok ulama besar yang berasal dari Persia. Berdasarkan catatan sejarah Syekh Subakir melakukan dakwah sebelum Wali Songo.

Ia merupakan ulama yang ditugaskan oleh Sultan Muhammad I dari Kekaisaran Ottoman Turki untuk menyebarkan Islam ke tanah Nusantara terutama Jawa. Konon Syech Subakir menyebarkan islam sekitar tahun 1404 Masehi.

Kini makan dan petilasan syech Subakir berada di Dusun Sumber Kecek, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Keberadaan makan bersebelahan dengan Masjid Syekh Subakir dan masuk dalam kompleks Wisata Penataran.

Apabila berkunjung ke Blitar jangan lupa berziarah ke Makam Syech Subakir.

2. Makam Presiden Soekarno

Sebenarnya apabila mendengar pertanyaan apa tempat wisata religi Blitar? tentu banyak orang akan menjawab Makam Bung Karno.

Bung Karno sang proklamator negeri merupakan sosok yang lahir dari bumi Blitar sehingga tak heran kota ini juga dijuluki sebagai Bumi Bung Karno.

Makam bung karno terletak di Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Selain makam bung Karno ada juga makam makam ayah dan Ibunda Soekarno yakni R. Soekeni Sosrodihardjo serta Ida Ayu Nyoman Rai.

Apabila berkunjung ke Blitar jangan lupa berziarah ke Makamnya sembari mendoakan Putra Sang Fajar presiden Indonesia pertama kali.

Selain berziarah, para pengunjung juga dapat menikmati spot oleh-oleh khas Blitar mulai dari makanan, merchandise, aksesoris dan barang-barang lainnya.

3. Makam Adipati Aryo

Makam Adipati aryo terletak di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Adipati Aryo sendiri merupakan tokoh pendiri cikal bakal Kota Blitar.

Nama Asli Adipat aryo adalah Gusti Soedomo dengan gelar Adipati Niti Soewarno (K.G.P. Adipati Haryo Balitar I). Ia masih termasuk salah satu tokoh yang masih memiliki hubungan darah dengan Hamengku Buwono I.

Apabila ingin berziarah ke Makam Adipat aryo kalian dapat lakukan di malam jum’at legi atau Bulan Asyura sebab diwaktu-waktu tersebut makam Adipati aryo aramai pengunjung.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata Religi Trenggalek, Wajib Anda Kunjungi

4. Masjid Agung Blitar

Wisata Religi Blitar

Masjid yang berdiri sejak tahun 1820 berlokasi di barat alon-alon kota Blitar sehingga dekat dengan pusat kota. Secara tata ruang masjid Agung di Pulau Jawa hampir semuanya berada di barat Alon-Alon.

Dulu masijid ini diabnguan dengan mengunakan kayu jati namun seiring perkembangan zaman masjid di renovasi mengunakan arsitektur moderen.

Apabila berkunjung ke Blitar jangan lupa singgah untuk melaksanakan sholat lima waktu atau pun sekedar istirahat sejenak dalam perjalanan.

5. Langgar Gantung An Nur

Dalam sejarah perjuangan perang Jawa yang dilakukan oleh Pageran Diponego, Langgar Gantung An Nur menjadi saksi bisu tempat meracik strategi.

Selain itu, Langgar Gantung An Nur juga sebagai tempat singgah pageran Diponegoro saat melawan penjajah.  Apabila ingin berkunjung ke Langgar Gantung An Nur kalian bisa menuju alamat Jl. Kemuning Plosokerep Kota Blitar.

6. Makam Sunan Bungkuk

Tak banyak literatur yang menjelaskan tentang sunan bungkuk, makam ini terletak di di puncak Gunung Gamping perbatasan antara Blitar dan Tulungagung.

Di sandur dari berbagai sumber sunan bungkuk merupakan tokoh penyebar agama Islam di daerah Kec. Kademangan, Kabupaten Blitar.

Apabila diindetivikasi dari makamnya, makam sunan bungkuk identik dengan makam-makam ala majapahit dengan batu-bata merah yang besar-besar seperti zaman akhir-akhir Kerajaan Majapahit.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata Religi Tulungagung, Yuk Kunjungi

7. Masjid Ar Rahman

Masjid Ar Rahman memiliki pesona keindahan tersendiri untuk para wisatawan sebab arsitektur masjid Ar Rahman menyerupai dengan arsitektur masjid Nabawi di Madinah.

Secara geografis masjid ini juga mudah dijangkau oleh para wisatawan sebab berada di tengah kota Blitar. Di sisi lain, masjid Ar Rahman juga sebagai simbol keberagaman yang ada di kota bumi bung Karno.

Apabila datang ke kota Blitar sempatkan untuk wisata religi ke Masjid Ar- Rahman dengan alamat lengkap sebagai berikut Jl. Ciliwung No.2, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66116.

8. Majelis Ta’lim Sabilu Taubah

Bagi kalian anak muda tentu tidak asing dengan Majelis Ta’lim Sabilu Taubah yang akhir-akhir ini viral dengan pengasuh yang kharismatik bernama Gus Iqdam.

Gus Iqdam mampu memberikan ruang spiritual secara sederhana dengan bahasa yang dapat diterima oleh semua kalangan terutama kalangan muda.

Majelis Ta’lim ini menjadi medium merekatkan persaudaraan dan menumbuhkan atmosfer kerukunan dan kedamaian antar sesama Umat Manusia.

9. Masjid Baiturrahim

Wisata religi Blitar terakhir adalah Masjid Baiturrahim. Masjid ini berlokasi di Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Keunikan masjid ini adalah berada dipedesaan namun secara arsitektur bangunan tak kalah dengan bangunan-banguna masjid yang ada di kota besar di Kabupaten Blitar maupaun Kota Blitar.

Nah! demikian ulasan mudabicara mengenai wisata religi Blitar, sampai jumpa pada pembahasan tempat-tempat religi lainnya. Semoga bermanfaat.

Tulisan Terkait: