Mengenang KH. Ahmad Lutfi Fathullah ; Potret Dakwah & Kemoderenan

Sosok Inspiratif559 Dilihat

Mudabicara.com_ Jakarta kembali berduka setelah Sabtu, 10 Juli 2021, KH. Abdul Rasyid bin KH. Abdullah Syafii, Pimpinan Pondok Pesantren Assyafiyah, Jakarta dan Pondok Pesantren Al-Qur’an Pulo Air Sukabumi wafat pada pukul 17.38 WIB di kediaman Beliau, Jl. Bali Matraman-Tebet, Jakarta Seletan.

Keesokan harinya Ahad, 11 Juli 2021 pukul 18.22 WIB di RSUD. Pasar Minggu, Jakarta Selatan, KH. Ahmad Lutfi Fathullah, Ketua BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga dipanggil Allah. Allahu Yarham.

BACA JUGA : MENGENAL ABAH AOS, ULAMA KHARISMATIK DARI TANAH PASUNDAN DAN AJARANYA

Mengenang Kiai Ahmad Lutfi Fathullah

Nama lengkapnya Dr. KH. Ahmad Lutfi Fathullah, Lc. MA. cucu dari Ulama Kharismatik Betawi K.H Abdul Mughni bin H. Sanusi bin Ayub bin Qoys atau KH. Guru Mughni. Pada daerah Kuningan tepian Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan berdiri megah Masjid Baitul Mughni di Kompleks Perguruan Islam Al-Mughni.

Pada area Kompleks Perguruan Islam Al-Mughni inilah secara turun-temurun keluarga KH. Lutfi, sapaan akrab KH. Ahamad Lutfi Fathullah berhidmad di jalan dakwah Islam.

KH. Lutfi adalah ulama Betawi yang ahli dalam bidang Hadis. Ia mendirikan Pusat Kajian Hadis (PKH) bermarkas di Masjid Baitul Mughni. Pusat Kajian Hadis selain rutin menggelar pengajian juga melakukan digitalisasi hadis. Untuk melakukan digitalisasi kitab-kitab Hadis sebagaimana tercatat di Republika online (18/5/2016).

“Direktur Pusat Kajian Hadis, Jakarta, Dr Ahmad Lutfi Fathullah mengungkapkan, selain menciptakan digita hadis, PKH juga menciptakan sebuah situs lainnya untuk memudahkan umat berinteraksi dan memperdalam ilmu Alquran. Laman situs tersebut dapat dikunjungi melalaui www.alquranalhadi.com”.

Secarik Jasa Yang abadi

Karya yang sangat monumental KH. Lutfi, yakni mendayagunakan kemoderenan dengan melakukan digitalisasi Kitab-kitab Hadis. Lewat Perpustakaan Islam Digital kini website https://perpustakaanislamdigital.com/index.php/fp/ telah rampung dibuat. Menghimpun 8000 jilid atau 3600 judul Kitab Hadis dapat menjadi referensi dan didownload.

Selain itu hadis juga digitalisasi Al Qur’an suci dibuat oleh Perpustakaan Islam Digital kini dapat didaras dan didownload lewat aplikasi Play Store dengan nama Al-Qur’an Al-Hadi.

Sampai dengan sekarang KH. Lutfi masih menjabat Ketua BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta. Selama menjabat KH. Lutfi juga melakukan beberapa terobosan penting di BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta. Dalam obituarinya, Saat Suharto Amjad, Wakil Ketua II BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta mengenang KH. Lutfi mengungkapkan beberapa karya BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta di bawah kepimpinan KH. Lutfi diantaranya, mendirikan Lembaga Sosial Ojek Onthel Jakarta, yakni memfasilitasi mesin pada Sepeda Onthel Tua dikawasan Kota Tua.

BACA JUGA : MENGENAL SOSOK SYEKH HAMZAH FANSURI SUFI BESAR NUSANTARA 

Mendirikan BTB (BAZNAS BAZIS Tanggap Bencana) dan kemudian LAB (Layanan Aktif Baznas) yang membuat BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta selalu sigap saat bencana melanda Jakarta.

Kegiatan “Bedah Kawasan” dilaksanakan oleh BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta misalnya membangun rumah-rumah tahan banjir di Kampung Melayu yang telah rampung dan sekarang sementara on progress Bedah Kawasan, Kampung Kwitang bekas lokasi kebakaran.

Di tengah kesibukan dakwahnya, sebagai Ulama yang ahli dalam bidang Hadis serta menguasai teknologi komunikasi, KH Ahmad Lutfi Fathullah juga menjadi dosen pada beberapa Kampus di Jakarta diantaranya, UIN Jakarta, UMJ, UM Solo, UM Bengkulu, UM Tangerang, Program Interdiciplinary Islamic Studies Ms Gill Canada-UIN Jakarta hingga UIN Bandung.

Beliau, orang yang sangat sederhana dan ramah, walaupun kepada orang baru. Saya hanya bersilahturahmi dengannya dua kali di Kantor BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta dan pertemuan yang cukup panjang serta berkesan yakni saat kegiatan penghijaun penanaman Pohon Tin di RPTRA Amir Hamzah, Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat, 27 Desember 2019.

Setelah itu, saya banyak dibantu lewat pogram yang dilaksanakan BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta, dari bantuan Covid-19, pelatihan keterampilan untuk pemuda, sampai dengan membantuan UMKM bagi mustahik.

Gerakan Perjuangan Dakwah

Ada dua hal penting yang menandai gerakan dakwah KH Ahmad Lutfi Fathullah. Pertama adanya organisasi Pusat Kajian Hadis yang memungkinkan kajian dan belajar hadis semakin baik. Kedua Pusat Kajian Hadis menghadirkan Perpustakaan Islam Digital yang menghimpun 8000 jilid Kitab Hadis atau 3600 Kitab Hadis.

BACA JUGA : MENGENAL SOSOK TOKOH ACEH TEUNGKU ISMAIL YAKUB

Sudah pasti ini bukan hal yang mudah setidaknya tenaga baik secara finansial maupun fisik serta waktu baik memupuk kesabaran dan istikomah yang kuat sampai website Perpustakaan Islam Digital dapat didaras dan didownload bebas.

Mewakili Pengurus Wilayah Majelis Sinergi Kalam – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (MASIKA-ICMI) DKI Jakarta belasungkawa mendalam atas syahidnya mujtahid KH. Abdul Rasyid bin KH. Abdullah Syafii dan KH. Ahmad Lutfi Fathullah.

Selata jalan pejuang dakwah, semoga girah perjuangan tetap menjadi spirit generasi muda muslim, tidak hanya di Jakarta tetapi Indonesia dan dunia Islam.

 

Oleh : Abdul Malik Raharusun (Sekretaris Umum PW. MASIKA-ICMI DKI Jakarta)

Tulisan Terkait: