Resensi Buku The Psychology of Money: Kaya Tidak Harus Uang

Resensi528 Dilihat

Mudabicara.com_ Berbicara uang memang tak ada habisnya, uang seakan menjadi barang penting dalam kehidupan modern. Bahkan orang rela memberikan segala upaya baik tenaga dan pikiran untuk mendapatkan uang.

Kadang orang merasa uang tidak pernah mereka rasakan manfaatnya mesti sudah bekerja dan berbisnis. Apakah kalian termasuk salah satu orang yang berpikir sama, bisa jadi masalahnya bukan uang tetapi masalahnya ada pada pola pikir.

Nah, Kali ini mudabicara ingin resensi bukuThe Psychology of Money yang membahas terkait dengan relasi pola pikir dan uang yang anda miliki.

Baca Juga : Resensi Buku Fihi Ma Fihi: Belajar Menjadi Manusia Bijak

Resensi Buku The Psychology of Money

Resensi Buku The Psychology of Money

 

Buku yang berjudul  The Psychology of Money merupakan buku karya Morgan Housel yang membahas berbagai hal yang berkaitan dengan relasi psikologi manusia dan keuangan.

Buku The Psychology of Money memberikan gambaran hitam-putih tentang relasi pola pikir kehidupan manusia terhadap uang yang mereka hasilkan.

Di sisi lain  ada berbagai kisah menarik yang mencerikan pengalaman seseorang perihal uang baik dari yang berhasil hingga yang mengalami gagalan.

Di tambah buku ini memberikan gambaran utuh seorang tokoh baik dari kalangan bisnis, karyawan, investor dan lain sebagainya sehingga lengkap dan komprehensif.

Morgan Housel membawa pembacanya untuk merenungkan mengapa  seseorang membuat keputusan keuangan seperti yang kita lakukan.

Baca Juga : Resensi Buku Puisi-Puisi Cinta W.S. Rendra: Jangan Takut Ibu

Dan bagaimana sikap dan emosi seseorang ternyara mempengaruhi cara seseorang memperlakukan uang serta bagaimana pandangan seseorang berkaitan dengan kekayaan itu sendiri.

Bahwa arti kaya adalah seseorang tahu apa yang harus mereka lakukan saat bangun tidur, memiliki pekerjaan sesuai dengan passion, lingkungan yang mendukung dan waktu yang tidak terikat.

Oleh karena itu, kekayaan tidak hanya tentang angka-angka atau tingkat penghasilan. Sebaliknya, Housel menekankan pentingnya perspektif jangka panjang dan pengelolaan risiko yang bijaksana.

Ia menggambarkan bagaimana kekayaan yang berkelanjutan dapat dibangun melalui disiplin, kesabaran, dan kebijaksanaan.

Pendekatan rasional terhadap uang seringkali bertentangan dengan perilaku sebenarnya yang terjadi di kehidupan nyata.

Maka Housel mengajak pembaca untuk memahami bahwa faktor psikologis, seperti ketakutan, keserakahan, dan kepuasan instan, dapat memainkan peran yang signifikan dalam keputusan keuangan kita.

Maka buku ini membantu pembaca untuk merasa terhubung dengan narasi dan menerapkan pelajaran yang tercantum dalam buku ini pada kehidupan mereka sendiri.

“The Psychology of Money” membahas pentingnya memahami risiko dan mengelola ekspektasi kita tentang pasar keuangan.

Housel menjelaskan bahwa ketidakpastian adalah bagian tak terhindarkan dari investasi. Menyesuaikan ekspektasi kita dengan realitas dapat membantu menghindari keputusan yang buruk.

Sebagai buku International Best Seller dan telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa maka buku ini pantas sebagai rujukan bagi mereka yang ingin mengetahui tentang bagaimana uang bekerja.

Selain pembahasan tentang keuangan, buku ini juga memberi penjelasan persoalan sederhana untuk hidup yang lebih tenang dalam menjaga kesehatan mental.

Tentang bagaimana kita belajar dari kalah dan gagal, mengambil hikmah dari masa lalu, tidak berekspektasi berlebihan terhadap masa depan, dan banyak hal lain yang mengandung pelajaran dari mereka yang berpengalaman.

Di sisi lain, buku ini menguraikan pentingnya memahami perbedaan antara kekayaan sejati dan tampilan kekayaan yang palsu.

Housel mengingatkan kita bahwa banyak orang yang mencari status atau kepuasan instan melalui konsumsi berlebihan dan utang. Namun, sebenarnya merusak keuangan mereka sendiri dalam jangka panjang.

Salah satu aspek menarik dari “The Psychology of Money” adalah pendekatan yang realistis dan jujur yang diambil oleh penulisnya.

Baca Juga : Resensi Buku Filosofi Teras: Hidup Harus Bahagia

Housel menekankan bahwa tidak ada rumus ajaib untuk kesuksesan keuangan. Setiap individu memiliki keunikan dan tujuan keuangan mereka sendiri.

Ia mendorong pembaca untuk mengadopsi pola pikir yang adaptif dan fleksibel terhadap perubahan kondisi keuangan mereka.

Indentitas Buku The Psychology of Money

  • Judul : The Psychology of Money
  • Penulis : Morgan Housel
  • ISBN : 978-602-6486-57-8
  • Ukuran : 15 × 23 cm
  • Halaman : 262 hlm
  • Penerbit : BACA
Baca Juga : Resensi Buku Filsafat Sejarah Hegel

Kelebihan Buku The Psychology of Money

Buku The Psychology of Money merupakan buku penting bagi siapa saja yang ingin memahami peran psikologi dalam keputusan keuangan mereka.

Di sisi lain, buku ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana emosi, sikap, dan persepsi kita mempengaruhi hubungan kita dengan uang.

Dengan menggabungkan pengetahuan keuangan dengan pemahaman psikologis, pembaca dapat membangun pendekatan yang lebih seimbang dan bijaksana terhadap manajemen keuangan mereka.

Buku ini mengingatkan kita bahwa kekayaan sejati bukan hanya tentang jumlah uang yang kita miliki, tetapi juga tentang bagaimana kita memahami dan mengelola uang kita dengan bijaksana untuk mencapai kehidupan yang lebih aman dan memuaskan secara finansial.

Maka Beberapa penjelasan akan mengubah kebiasaan burukmu mulai dari hal kecil seperti berpenampilan sederhana tapi saldo berisi banyak pasif-income. 

Kekurangan

Buku yang ditulis oleh Morgan Housel berisi banyak sekali tentang cara-cara untuk mengelola keuangan dengan baik. Namun, setiap cara atau saran yang ada di dalam buku ini tak semuanya bisa diterapkan dengan mudah.

Bahkan, ada juga cara yang sulit untuk diterapkan. Hal ini dikarenakan kondisi keuangan dan perjalanan hidup seseorang selalu berubah-ubah.

Meskipun ada beberapa cara yang sulit untuk diterapkan, bukan berarti cara-cara lainnya juga sulit untuk diterapkan.

Maka dari itu, ketika membaca buku ini, kamu bisa menentukan cara mengelola uang yang benar-benar bisa diterapkan untuk diri sendiri dan cara mengelola uang yang sulit untuk diterapkan.

Baca Juga : Catur, Bobby Fischer dan Film Innocent Moves

Di sisi lain dalam hal terjemahan buku ini memakai kosa kata yang baku dan monoton sehingga membuat pembaca sedikit bingung serta kesulitan dalam memahami poin yang ingin disampaikan penulis.

Meskipun demikian buku The Psychology of Money tidak akan kehilangan pesan dan makna yang diberikan oleh penulis. Jadi, tunggu apalagi segera beli buku ini agar kamu bisa menemukan cara-cara yang tepat dalam mengelola keuangan.

Demikian resensi buku The Psychology of Money  semoga menambah wawasan kita bersama.

 

Tulisan Terkait: