10 Manfaat Belajar Ilmu Kesejahteraan Sosial Untuk Anak Muda

Pendidikan91 Dilihat

Mudabicara.com_ Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Sosial dan Politik. Jurusan ini tergolong baru di Indonesia dibandingkan dengan jurusan-jurusan lain.

Mempelajari ilmu kesejahteraan sosial akan membuat kalian belajar banyak hal mulai dari dasar pengetahuan pekerja sosial, etika, prinsip dan nilainya. Selain itu ilmu kesejahteraan sosial juga akan mempelajari tentang kebijakan publik serta pelayanan sosial baik di tingkat nasional hingga internasional.

Para mahasiswa kesejahteraan sosial akan memiliki kemampuan soft skill seperti kemampuan komunikasi, analisis, meneliti, problem solving, peka, empati dan lain sebagianya.

BACA JUGA : Mengenal Karya Auguste Comte System of Positive Politics

Kali ini mudabicara ingin mengulas lebih dalam tentang manfaat belajar ilmu kesejahteraan untuk anak muda. Selengkapnya simak ulasan berikut ini:

Pengertian Ilmu Kesejahteraan Sosial

Secara terminologi kesejahteraan sosial adalah sebuah kondisi terpenuhinya seluruh kebutuhan hidup baik material maupun spiritual. Kebutuhan hidup yang tercukupi akan menciptakan kehidupan yang baik sehingga dapat menjalankan fungsi sosial dengan maksimal.

Ilmu kesejahteraan sosial ini cocok bagi kalian yang memiliki ketertarikan pada isu-isu pemberdayaan dan pembangunan sosial masyarakat. Mempelajari Ilmu Kesejahteraan sosial ini akan membuat kalian bersentuhan langsung dengan permasalahan masyarakat di lapangan.

Di samping itu, berinteraksi langsung dengan masyarakat akan membangun jiwa-jiwa solidaritas serta kepedulian yang tinggi pada pribadi kalian.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Ilmu Pemerintahan Untuk Anak Muda

Sehingga pengertian ilmu kesejahteraan sosial adalah sebuah ilmu yang mempelajari persoalan-persoalan sosial ditengah masyarakat serta mencari solusi dari persoalan sosial tersebut. Solusi bisa berawal pada pemetaan masalah serta pengembangan program yang sesuai dengan fakta kondisi sosial.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi ketidakadilan dan kesenjangan sosial sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara signifikan.

Dalam hal pemetaan sosial, ilmu kesejahteraan sosial memiliki beberapa kajian yang meski dimengerti terlebih dahulu agar dapat memahami pokok-pokok kerja dalam kesejahteraan sosial.

Macam-Macam Istilah Kesejahteraan Sosial

Perlindungan SosialĀ 

Perlindungan sosial merupakan suatu aktivitas untuk menangani risiko dari guncangan serta kerentanan sosial. Biasanya kerentanan sosial ini dialami oleh masyarakat yang hidup dalam jerat kemiskinan.

Namun kerentanan sosial tidak hanya berupa fisik namun bisa juga berbentuk sosial dan ekonomi. Sehingga perlindungan sosial merupakan bentuk kebijakan publik yang bertujuan agar kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi.

BACA JUGA : Apa Itu Positivisme? Aliran Filsafat Auguste Comte

Pemberdayaan Sosial

Pemberdayaan sosial adalah suatu aktivitas yang memberdayakan masyarakat yang mengalami masalah sosial agar keluar dan masalah sehingga memenuhi kebutuhan dasar.

Jaminan SosialĀ 

Jaminan Sosial adalah suatu kebijakan yang melembaga dengan tujuan menjamin kebutuhan dasar masyarakat dengan layak.

Beberapa contoh jaminan sosial adalah menjamin hajat hidup orang-orang yang kurang beruntung seperti penyandang difabel, anak yatim piatu, lanjut usia dan orang-orang yang mengalami cacat fisik dan mental.

Rehabilitasi Sosial

Rehabilitasi Sosial adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan sekaligus memulihkan keadaan orang yang mengalami disfungsi sosial.

Kegiatan rehabilitasi sosial ada beberapa bentuk seperti bimbingan mental spiritual, diagnosis psikososial, pelayanan aksesibilitas, bantuan dan asistensi sosial.

BACA JUGA : 6 Cara Mempengaruhi Orang Lain Dengan Mudah

10 Manfaat Belajar Ilmu Kesejahteraan Untuk Anak Muda

Memiliki Kemampuan Melakukan Observasi

Mempelajari Ilmu Kesejahteraan sosial akan membuat kalian memiliki kemampuan untuk melakukan observasi. Interaksi sosial dengan masyarakat untuk mencari fakta dan akar permasalahan akan membuat kalian mampu melakukan pemetaan-pemetaan sosial.

Dengan begitu kemampuan kalian dalam melakukan observasi akan terasah setiap saat karena permasalah sosial berjalan dinamis. Hampir setiap hari ada serta berubah-ubah.

Memiliki Kemampuan Komunikasi BaikĀ 

Melakukan sosialisasi program kesejahteraan sosial kepada masyarakat membutuhkan komunikasi yang baik agar program berjalan dengan lancar.

Membimbing serta memberdayakan masyarakat menjalankan program akan melatih kalian memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan benar.

BACA JUGA : Mengenal Karya Auguste Comte: Course of Positive Philosophy

Memiliki Kemampuan advokasi

Dalam rangka mewujudkan masyarakat berdaya dibutuhkan tindakan berupa dukungan, pembelaan serta rekomendasi aktif dari para pekerja sosial.

Kemampuan untuk mengurai benang yang kusut ini dibutuhkan oleh para pekerja sosial di lapangan agar segala bentuk hambatan dan permasalahan dapat terselesaikan dengan baik.

Memiliki Kemampuan Melakukan Analisis

Setiap masalah yang dihadapi masyarakat sangat beragam. Selain masalah ekonomi ada banyak permasalahan lain misalnya pemberdayaan ekonomi serta masyarakat yang mengalami cacat fisik bahkan mental.

Permasalahan di atas tentu membutuhkan analisis yang mendalam tentang bagaimana membangun problem solving yang tepat. Penanganan serta praktek kerja setiap masalah akan berbeda-beda bentuknya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Melatih Kepekaan SosialĀ 

Berhadapan langsung dengan realitas masyarakat akan melatih mental dan kepekaan sosial kalian secara langsung. Kepekaan sosial setiap orang tentu berbeda-beda. Sebab kepekaan sosial tergantung seberapa dekat seseorang dengan permasalahan dan realitas sosial.

Semakin dekat kalian dengan sebuah permasalahan sosial di tengah masyarakat tentu akan membuat kepekaan sosial kalian semakin tinggi.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Psikologi Untuk Anak Muda

Cakap Dalam Membuat Problem Solving

Pekerja sosial yang baik adalah mereka yang mampu memberikan problem solving yang tepat. Nah, manfaat belajar ilmu kesejahteraan sosial salah satunya adalah kalian akan mampu memberikan solusi dan jalan keluar dari masalah secara jitu.

Melatih Rasa Empati

Barangkali tidak semua orang pernah mengalami kemiskinan, lahir dengan keadaan cacat atau gangguan mental bahkan hidup dalam keluarga yang mengalami perceraian.

Salah satu manfaat belajar ilmu kesejahteraan sosial adalah kelain akan memiliki kemampuan rasa empati. Empati sendiri merupakan sebuah keadaan mental dimana seseorang merasakan perasaan, fikiran dan keadaan sama dengan orang lain. Meskipun faktanya bisa saja berbeda.

Melatih Belajar Menyusun KebijakanĀ 

Setiap pemerintahan memiliki program tentang peningkatan kesejahteraan. Misalnya pemerintah Indonesia membuat program bernama Program Keluarga Harapan (PKH).

PKH merupakan salah satu program Kementerian Sosial berupa pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin. Program ini sebagai upaya untuk penanggulangan kemiskinan dengan mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan.

Nah, manfaat belajar ilmu kesejahteraan akan membuat kalian memahami maksud, tujuan serta keberhasilan sebuah program. Artinya dengan begitu kalian mampu menganalisis apa kekurangannya sehingga dapat menjadi masukan perbaikan dalam penyusunan kebijakan ke depan.

BACA JUGA : Mengenang Perlawanan Wiji Thukul Lewat ā€œPuisi Untuk Adikā€

Memiliki Kemampuan Berpikir Logis

Pekerja sosial harus memiliki independensi dalam melihat setiap permasalahan. Ia harus dituntut untuk berpikir logis dan rasional agar permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan secara objektif.

Berpikir logis selain membantu kalian mendapatkan solusi yang baik dalam setiap permasalahan juga akan memberikan kemudahan dalam menilai persoalan.

Meningkatkan Rasa Kepedulian Dan Tanggung Jawab Sosial

Manfaat belajar ilmu kesejahteraan sosial salah satunya adalah meningkatkan rasa kepedulian dan tanggung jawab sosial. Kebiasaan kita berkumpul dengan masyarakat melakukan sosialisasi, pemberdayaan dan pelatihan akan membangun rasa sosial kita semakin tinggi.

Nah, demikian ulasan manfaat belajar ilmu kesejahteraan sosial kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Selamat membaca!

Tulisan Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *