10 Manfaat Belajar Ilmu Pemerintahan Untuk Anak Muda

Pendidikan403 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar ilmu pemerintahan untuk anak muda sangatlah banyak sebab ilmu pemerintahan merupakan salah satu jurusan favorit di fakultas ilmu sosial dan politik. Selain membahas persoalan politik, mempelajari ilmu pemerintahan juga mempelajari segala seluk beluk administrasi serta proses pemerintahan secara lebih rinci.

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya apa sebenarnya itu ilmu pemerintahan?, Apa saja yang dibahas dalam kajian ilmu pemerintahan? Apa manfaat belajar ilmu pemerintahan?.

Nah! Artikel mudabicara kali ini akan membahas lebih dalam persoalan pengertian ilmu pemerintahan serta manfaat belajar ilmu pemerintahan untuk anak muda. Selengkapnya simak ulasan kami berikut ini:

BACA JUGA : Pengertian Sistem Pemerintahan, Macam dan Contohnya

Pengertian Ilmu Pemerintahan

Kata pemerintahan berasal dari kata dasar pemerintah. Secara etimologi pemerintah sendiri berasal dari bahasa Latin gobernare yang berarti mengemudikan.

Sedangkan secara terminologi pemerintahan adalah suatu bentuk struktur organisasi yang terdiri dari eksekutif, legislatif dan yudikatif yang tugas utamanya adalah mengatur dan memerintah untuk mencapai tujuan negara.

Ilmu pemerintahan merupakan salah satu cabang ilmu sosial dan ilmu politik. Sebagian ahli politik mengartikan ilmu pemerintahan hanya meliputi kegiatan yang menyangkut eksekutif.

Sebagian yang lain mengartikan ilmu politik adalah segala bentuk kegiatan eksekutif, legislatif dan yudikatif sepanjang memiliki tujuan untuk negara.

Di sisi struktur pemerintahan memiliki tatanan struktur yang melibatkan hubungan rakyat dan negara, hubungan tersebut berdasar pada tingkat pemerintahan desa hingga tingkat pusat

BACA JUGA : Sistem Politik, Pengertian dan Macam-macamnya

Sebagai sebuah kajian ilmu sosial, ilmu pemerintahan mengkaji tentang tata kelola pelaksanaan, ruang kerja danĀ  sistem koordinasi antara eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Tata kelola pemerintahan yang bagus dan sistemis merupakan salah satu indikator kemajuan suatu negara. Dengan pemerintahan yang bersih pembangunan akan berjalan lancar dan selaras baik pada sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

1.Ā  J.J. Rousseau

Seorang pemikir dari Perancis berpendapat pemerintahan adalah suatu organisasi yang didirikan untuk melaksanakan aturan hukum dan memberikan kemerdekaan politik dan sipil antara rakyat dan penguasa.

2. Max Weber

Seorang sosiolog Max Weber berpendapat pemerintahan adalah apapun yang mampu mengklaim secara eksklusif untuk memaksakan aturan dan hukum dalam suatu batas wilayah tertentu.

3. David Apter

Pemerintahan adalah satuan struktur organisasi yang memiliki tanggung jawab tertentu untuk mempertahankan sistem yang mengikatnya dan memonopoli kekuasaan paksaan secara praktis.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Politik Untuk Anak Muda

4. Samuel Edward Finer

Pemerintahan harus memiliki negara untuk melakukan kegiatan politik. Pejabat yang memerintah, sistem, cara dan metode dari pemerintah untuk mengatur rakyat serta beraktivitas secara terus menerus.

5. Woodrow Wilson

Pemerintahan adalah suatu tindakan mengorganisir kekuatan satu, dua atau sekelompok orang dari sekian banyak kelompok orang. Pengaorganisasian tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk mewujudkan cita-cita bersama.

6. W.S. Sayre

Pemerintahan adalah suatu organisasi negara yang tugasnya menjalankan serta memperlihatkan kekuasaannya kepada masyarakat.

7. C.F. Strong

Dalam bukunya Konstitusi-Konstitusi Politik Modern C.F Strong memberikan penjelasan pemerintahan adalah suatu struktur yang berwenang untuk menjaga keamanan dan perdamaian negara.

Oleh sebab itu struktur tersebut harus memiliki, pertama, kekuatan keuangan guna mencukupi biaya operasional pelaksanaan pemerintahan.

Kedua, kekuatan legislatif guna pembuatan undang-undang dan terakhir kekuatan militer guna menjaga ketertiban dan perdamaian serta mengendalikan angkatan perang.

BACA JUGA : Mengenal Karya Auguste Comte: Course of Positive Philosophy

8. Robert Mac Iver

Pemerintahan adalah suatu organisasi yang berasal dari orang-orang yang memiliki kekuasaan serta mengelola aturan agar masyarakat bisa diperintah.

9. Surya Ningrat

Pemerintahan adalah sekelompok orang yang mempunyai wewenang tertentu untuk melaksanakan kekuasaan pemerintah.

10. Miriam Budiardjo

Ilmu pemerintahan adalah segala kegiatan yang terorganisir yang berlandaskan dasar negara, wilayah dan rakyat suatu negara. Kegiatan pemerintahan berawal pada kemerdekaan dan kedaulatan serta memiliki cita-cita untuk mewujudkannya berdasarkan semangat bersama.

11. Soemendar

Pemerintahan adalah struktur penting yang memiliki tugas menjaga ketentraman dan ketertiban umum, menerima pendapat, tuntutan serta harapan rakyat.

Membuat perundang-undangan, menjaga lingkungan serta kepentingan dan kebutuhan rakyat meski dan terkahir menjaga legitimasi pemerintahan.

12.Ramlan Surbakti

Pemerintahan adalahĀ  suatu struktur yang bertugas membuat dan melaksanakan keputusan politik guna mencapai cita-cita masyarakat dalam suatu negara.

Selain itu, pemerintahan bertugas menentukan kebijakan, memprediksi pengelolaan dan mengarahkan masyarakat agar secara kolektif berusaha bersama mencapai tujuan.

BACA JUGA : Sistem Politik Totaliter, Pengertian, Macam dan Ciri-Cirinya

Manfaat Belajar Ilmu Pemerintahan Untuk Anak Muda

1. Mengetahui Teori-Teori PemerintahanĀ 

Mempelajari ilmu pemerintahan akan membuat kalian mengerti tentang teori dan sistem dalam pemerintahan. Selain itu kalian juga dapat memahami perihal beberapa sistem politik sekaligus dapat membandingkan antara sistem satu dengan sistem lainnya.

2. Mengetahui Bentuk Pemerintahan

Bentuk pemerintahan menentukan siapa dan bagaimana penyelenggaraan pemerintahan akan berlangsung. Sebagai contoh bentuk pemerintahan parlementer memiliki karakteristik seperti raja bersifat simbolis, legislatif lebih kuat dari eksekutif, Perdana Menteri bertanggung jawab pada parlemen dan biasanya mengunakan sistem dua partai.

Sedangkan bentuk pemerintahan presidensial memiliki karakteristik seperti negara dipimpin oleh Presiden, eksekutif lebih kuat dari legislatif, menteri atau kabinet bertanggung jawab pada presiden.

3. Mengetahui Proses Pemerintahan

Dalam setiap sistem dan bentuk pemerintahan memiliki proses pemerintahan yang berbeda-beda. Misalnya dalam sistem politik demokrasi seseorang bisa menjadi presiden dengan cara mencalonkan diri melalui partai politik serta dipilih langsung oleh masyarakat.

Sedangkan dalam sistem politik totaliter tidak semua orang bebas mencalonan diri meskipun ada bisa jadi hanya sebagai pelengkap administrasi belaka.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sosiologi Untuk Anak Muda

4. Dapat Mengambil Peran Dalam Proses PemerintahanĀ 

Ilmu pemerintahan akan memberi pengetahuan tentang proses pemerintahan dengan segala tata cara dan peraturannya. Alhasil kalian akan mampu menempatkan diri dalam proses pemerintahan baik sebagai penyelenggara maupun faktor pendukungnya.

5. Dapat Memberi Saran dan Kritik Terhadap Kebijakan PemerintahanĀ 

Mempelajari ilmu pemerintahan akan membuat kalian mengerti dan memahami segala seluk proses pembuatan kebijakan. Dengan begitu artinya kalian akan mampu memberi masukan bahkan kritikan agar kebijakan tersebut berdampak positif terhadap masyarakat.

6. Mempelajari Studi Kebijakan

Mempelajari ilmu pemerintahan secara tidak langsung kalian akan mempelajari juga tentang studi kebijakan. Kalian akan tahu kerangka analisis kebijakan, konsep dan lingkup kebijakan, kerangka kerja kebijakan publik, proses kebijakan publik dan sistem kebijakan publik.

7. Memiliki Kemampuan Membaca Situasi Politik.

Hampir setiap kebijakan memiliki pro dan kontra di tengah masyarakat. Artinya ada efek positif dan negatif yang akan terjadi pasca suatu kebijakan dikeluarkan.

Dengan situasi yang terus menerus dan kebijakan silih berganti kalian akan mampu membaca situasi politik ke depan dan apa seharusnya dipersiapkan untuk kedepannya.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Hubungan Internasional Untuk Anak Muda

8. Peka Terhadap Kondisi SekitarĀ 

Penyelenggaraan pemerintahan tentu membutuhkan pengawasan baik pengawasan oleh lembaga resmi maupun oleh masyarakat sipil karena rentan terhadap penyelewengan.

Negara dunia ketiga yang secara sistem politik dan pemerintahan belum kokoh masih sering terjadi tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. Alhasil, dengan mempelajari ilmu pemerintahan kalian akan mampu mencermati mana yang sesuai prosedur mana yang keluar dari prosedur.

9. Mempelajari Sejarah Peristiwa-Peristiwa Dalam Pemerintahan

Dengan mempelajari ilmu pemerintahan kalian akan memahami sejarah peristiwa-peristiwa penting dalam pemerintahan. Misalnya tentang kapan suatu negara merdeka, berganti sistem bahkan gejolak politik.

Misalnya dalam konteks pemerintahan Indonesia, kalian akan mengerti secara lebih rinci faktor penyebab mundurnya Presiden Soeharto pada masa orde baru.

10. Mengetahui Tugas dan Wewenang Para Penyelenggara PemerintahĀ 

Dengan mempelajari ilmu pemerintahan kalian akan mengerti apa tugas dan wewenang Presiden selaku badan eksekutif negara.

BACA JUGA : Resensi Buku Filsafat Sejarah Hegel

Apa tugas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) selaku badan legislatif serta tugas dan wewenang hakim dan kejaksaan selaku badan yudikatif negara.

Sekian penjelasan artikel manfaat belajar ilmu pemerintahan kali ini, semangat belajar!

Tulisan Terkait: