Pengertian Sistem Pemerintahan, Macam dan Contohnya

Ilmu Politik704 Dilihat

Mudabicara.com_ Pengertian sistem pemerintahan kini tak asing lagi bagi kalangan anak muda dan milenial. Hampir setiap media baik elektronik maupun media online memberi informasi tentang pemerintah baik dalam proses politik dan perumusan kebijakan.

Namun tak semua orang memahami apa itu pengertian pemerintah dan pengertian sistem pemerintahan. Nah, mudabicara kali ini ingin mengulas tentang pengertian sistem pemerintahan, macam dan contohnya. Selengkapnya simak ulasan artikel berikut ini:

BACA JUGA :  15 Manfaat Belajar Ilmu Komunikasi Untuk Anak Muda

Pengertian Sistem Pemerintahan

Secara etimologi pemerintah dalam bahasa inggris disebut government. Kata government berasal dari bahasa Latin; gobernare, greek kybernan yang berarti mengemudikan.

Sedangkan secara terminologi pengertian sistem pemerintah adalah tatanan struktur dari suatu negara dengan melibatkan hubungan antara rakyat dan negara. Dengan kata lain  struktur pemerintahan yang berdasar pada hubungan di tingkat daerah sebuah negara sampai di tingkat pusat.

Kebutuhan akan pemerintahan berangkat dari fakta bahwa manusia butuh hidup dalam komunitas serta otonomi pribadi tetap berjalan dengan semestinya. Sebuah negara yang memiliki luas dan kompleksitas yang sangat besar biasanya akan memiliki tingkatan pemerintahan, lokal, regional dan nasional.

BACA JUGA : Keindahan Masjid Agung Tuban, Ikonik Islam Pesisir Pantai Utara

Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli

David Apter

David Apter menilai sistem pemerintahan cenderung memiliki kekuatan monopoli praktis tentang kekuasaaan dengan sifat memaksa. Ia berpendapat sistem pemerintahan adalah sebuah tanggung jawab dan peran seluruh anggota untuk mempertahankan semua yang berhubungan dengan negara dan pemerintahan.

Ismail Sunny

Ismail Sunny berpendapat sistem pemerintahan adalah suatu sistem yang menggambarkan hubungan antar alat kelengkapan negara tertinggi di sebuah negara.

Hamid S Attamimi

Sistem pemerintahan adalah suatu sistem kerja pemerintah yang dilakukan presiden dengan seluruh lembaga-lembaga tinggi negara.

I Gedhe Pantja Astawa

sistem pemerintahan adalah hubungan wewenang, kekuasaan dan fungsi antara dua atau lebih organ negara maupun pemerintahan secara timbal balik.

Lebih khusus hubungan antara legislatif dengan eksekutif, eksekutif dengan yudikatif dan legislatif dengan yudikatif.

BACA JUGA : Mengenal Teori Perubahan Sosial Ibnu Khaldun

Ernst Utrecht

Sistem pemerintahan adalah suatu sistem yang mengatur hubungan lembaga kenegaraan antara lain eksekutif, legislatif dan yudikatif.

WS Sayre

Sistem pemerintahan adalah sebuah yang akan menciptakan pola saling mengawasi dan terkait antar lembaga negara. Lembaga negara tentu memiliki peran dan fungsinya masing-masing sehingga mereka saling terikat satu dengan yang lainnya.

Haryanto

Sistem pemerintahan adalah suatu sistem yang membagi tugas lembaga negara secara fungsional agar memiliki fungsi dan wewenang yang berbeda-beda.

Austin Ranney

Sistem pemerintahan adalah sistem yang mengatur proses kegiatan pemerintah dalam membuat dan menegakkan hukum dalam sebuah negara.

BACA JUGA : Sistem Politik Totaliter, Pengertian, Macam dan Ciri-Cirinya

Macam-Macam Sistem Pemerintahan

1. Sistem Pemerintahan Depotisme

Sistem Pemerintahan depotisme adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh satu pemimpin saja dan semua rakyatnya dianggap sebagai hamba.

Pada sistem depotisme ini memiliki kekuasaan yang tidak terbatas sehingga sewenang-wenang dan menindas. Kekuatan politik penguasa cenderung absolut, tiran dan diktatorisme. Beberapa negara yang pernah memakai sistem depotisme Jerman, China dan Uni Soviet sebelum menjadi Rusia.

2. Sistem Pemerintahan Monarki 

Sistem Monarki adalah pemerintahan yang dipimpin oleh orang yang telah diwariskan secara turun-temurun. Monarhi berasal dari bahasa Yunani Monos yang berarti satu dan archein yang berarti pemerintah

Monarki merupakan jenis sistem pemerintahan yang mana raja menjadi kepala negara. Monarki atau sistem pemerintahan kerajaan adalah sistem tertua di dunia.

BACA JUGA : Mengenal Teori Graham Allison Tentang Proses Kebijakan Luar Negeri dan Contohnya

Pada awal kurun ke-19 terdapat lebih 900 buah tahta kerajaan di dunia tetapi menurun menjadi 240 buah dalam abad ke-20. Sedangkan pada dekade kedelapan abad ke-20 hanya 40 tahta saja yang masih ada.

beberapa negara yang pernah mengadopsi sistem monarki antara lain Kerajaan Inggris, Kerajaan Arab Saudi, Kerajaan Kuwait, Kerajaan Liechtenstein, Kerajaan Qatar, Kerajaan Uni Emirat Arab (UEA), Kerajaan Belanda dan Kerajaan Swaziland.

3. Sistem Pemerintahan Diktator

Sistem pemerintah diktator adalah sistem pemerintah yang pimpinannya memiliki kekuasaan yang penuh atas negaranya. Salah satu sifat pemimpin diktator adalah bersifat memaksakan kehendak dan menindas. Dalam sistem ini proses meraih kepemimpinan diktator biasanya berasal dari pemberontakan atau kudeta.

Beberapa negara yang memakai sistem pemerintahan diktator antara lain Jerman, Uni Soviet, Kamboja, Uganda, Spanyol, Irak dan Inggris.

BACA JUGA : Sistem Politik, Pengertian dan Macam-macamnya

4. Sistem Pemerintahan Oligarki 

Secara etimologi Oligarki berasal dari bahasa Yunani Oligarkhía. Oligon yang berarti sedikit dan arkho yang berarti memerintah.

Sedangkan secara terminologi pengertian sistem pemerintahan oligarki adalah suatu sistem pemerintahan yang pimpinan pemerintahanya berasal dari kelompok kecil masyarakat.

Oligarki dapat terbentuk baik karena militer, kekayaan ekonomi, keluarga, pendidikan dan agama.

Biasanya sistem oligarki ini tumbuh karena kelompok-kelompok tersebut memiliki kepentingan yang sama. Sejarah mencatat sistem pemerintahan oligarki cenderung diktator dan tirani.

Di samping mereka berkuasa, para oligarki memiliki kekuatan untuk menjalankan pemerintahan dengan sewenang-wenang dan sesuka hati. Tak Jarang mereka menindas masyarakat demi perkembangan dan kemajuan.

Beberapa negara yang pernah menggunakan sistem pemerintahan oligarki antara lain Liberia di bawah Americo-Liberians, Afrika Selatan di bawah apartheid, Kesultanan Zanzibar, dan Rhodesia.

5. Sistem Pemerintahan Plutokrasi

Plutokrasi berasal dari bahasa Yunani ploutos yang berarti kekayaan dan kratos yang berarti kekuasaan. Sistem plutokrasi dapat berarti sebuah sistem pemerintahan yang berdasarkan kelas dan kekayaan.

Dalam Merriam-Webster menjelaskan pengertian sistem plutokrasi adalah sistem pemerintahan yang dikontrol oleh orang kaya. Jika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) plutokrasi adalah sistem pemerintahan yang dikuasai sekelompok kaum kapitalis atau pemodal.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Politik Untuk Anak Muda

Kekuasaan dalam sistem plutokrasi dapat ditentukan berdasarkan jumlah kekayaan yang mereka miliki. Artinya sistem plutokrasi sangat dekat hubungannya dengan uang.

Beberapa negara kuno yang memakai sistem plutokrasi adalah Florence, Genoa dan Yunani Kuno

6. Sistem Pemerintahan Demokrasi 

Kata Demokrasi berasal dari bahasa Yunani “Demos” yang berati rakyat dan “Kratos” yang berarti pemerintahaan. Pengertian sistem pemerintahan demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang rakyatnya memegang kekuasaan.

Demokrasi memiliki cita-cita bahwa bentuk dan mekanisme sistem pemerintahan harus melibatkan masyarakat.

Artinya demokrasi sebagai sistem pemerintahan mengijinkan dan memberikan hak, kebebasan kepada warga negaranya untuk berpendapat serta turut serta dalam pengambilan keputusan di pemerintahan.

Ada tiga prinsip pembagian kekuasaan dalam demokrasi atau lebih dikenal dengan trias politica yakni Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Pembagian fungsi dan tugas tersebut bertujuan untuk menjaga indepensi sesama lembaga negara.

Demokrasi dapat bersifat langsung (direct Democracy) atau melalui perwakilan (representative democracy). Beberapa negara yang menganut demokrasi antara lain Amerika Serikat, Indonesia, Norwegia,Islandia, Denmark, Swedia, Selandia Baru, Australia, Swiss dan Kanada.

7. Sistem Pemerintahan Teokrasi 

Pengertian sistem pemerintahan teokrasi adalah sistem pemerintahan yang pimpinannya adalah para elit keagamaan. Kata teokrasi berasal dari bahasa Yunani θεοκρατία. θεος berarti “tuhan” dan κρατειν berarti “memerintah”.

Sistem teokrasi adalah sistem pemerintahan oleh wakil tuhan. beberapa daerah yang masih memegang sistem pemerintahan teokrasi adalah Vatikan, Tibet, Iran dan negara-negara Islam lainnya.

Meskipun dalam negara-negara islam tidak sepenuhnya teokrasi namun memilih pemimpin berdasarkan latar belakang agama masih kuat.

BACA JUGA : Pengertian Sosiologi, Ciri dan Fungsinya

8. Sistem Pemerintahan Anarki

Pengertian sistem pemerintahan Anarki adalah sebuah sistem pemerintahan yang lemah. Dalam sistem pemerintahan anarki sebuah lembaga negara tidak dapat mengontrol masyarakatnya.

Sistem ini dapat berjalan karena absennya hukum dan aparat hukum dalam pemerintahan sehingga terjadi chaos. Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan anarkisme adalah tidak adanya pemerintahan, undang-undang, peraturan, dan ketertiban.

Sekian ulasan kali ini tentang pengertian sistem pemerintahan, macam dan contohnya semoga dapat membantu sahabat mudabicara dalam belajar ilmu politik. Selamat Membaca!

 

Tulisan Terkait: